Top Social

Resep Opor Ayam

Sunday, May 20, 2018

https://notepam.com
Mayoritas masyarakat menyukai makanan yang berbahan dasar Ayam. Ditambah lagi dengan kemajuan teknologi yang semakin cepat, membuat informasi segala hal cepat diterima. Mulai dari Informasi positif sampai dengan Informasi Negatif. Semoga semua pembaca disini bisa mengkonsumsi dan berbagi dengan informasi yang positif.

Dengan perkembangan teknologi yang cepat itu, banyak juga bermunculan inovasi-inovasi aplikasi yang menyediakan situs berbagai tips, resep, cara ataupun tutorial. Kita sebagai pemakai tinggal memilih mau mencari referensi melalui media yang mana. Ada Facebook, Youtube, Blog, Web dan masih banyak lainnya. 

Jika kita berbiacara mengenai resep Ayam, coba browsing di Google, ribuan bahkan jutaan resep yang tersedia dari berbagai media informasi. Hal ini menunjukkan bahwa banyaknya kreasi-kreaasi anak negeri terhadap suatu bahan. Misal, kita cari aja “Resep Opor Ayam”, maka ribuan juga resep opor ayam yang bermunculan, begitu juga dengan resep Ayam yang lain. 

Berikut cara mendeteksi ayam yang kita beli mash segar.


  1. Lihatlah tekstur ayam yang akan kita beli, apakah asih segar atau sudah agak kelam. Jika masih terlihat segar dan dagingnya kenyal berarti ayam tersebut masih bagus.
  2. Daging ayam segar tidak lembek dan tidak lengket jika kita pegang
  3. Bisa juga kita perhatikan aroma ayam tersebut, Aroma ayam segar akan berbeda dengan Aroma ayam yang sudah lama
  4. Pastikan ayam yang kita beli tidak memiliki memar atau tanda lainnya yang membuat kita ragu
  5. Perhatikan juga ada serbuk-sebuk putih atau lainnya, dikawatirkan jika terdapat serbuk itu pertanda ada pengawetnya.

Nah, Ayam sudah kita pilih. Kali ini saya akan berbagi mengenai resep Opor Ayam yang pernah saya buat. Mungkin Ayah-Bunda disini juga sudah pernah membuat resep opor ayam atau minimal sudah pernah menikmati opor ayam. Yuk, kita sama-sama berbagi resep masakan dari Ayam. 

Resep Opor Ayam

Siapkan: 

1 ekor ayam, bagi setiap bagian sendi
Kunyit bubuk ½ sdt
Jeruk nipis
Ketumbar ½ sdt
Garam ½ sdt
(semuanya diaduk biarkan sebentar)

Haluskan:

Kelapa sangrai 
Bawang Merah 12 bh
Bawang Putih 7 bh
Kemiri 3 bh
Kunyit
Ketumbar 1 sdm
Murah Merah 1 sdm
Jinten ½ sdt
2 Batang serai
Daun jeruk 5 lembar

Cara Memasak:
  1. Tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan
  2. Masukkan Ayam yang sudah dilumuri oleh bumbu tadi
  3. Masukkan santan
  4. Asam jawa
  5. Kelapa sangrai, aduk
  6. Masukkan cengkeh dan tambahkan merica bubuk
  7. Tambahkan bumbu sop ayam/royco rasa ayam
  8. Cicip sampai rasa terasa enak dilidah
  9. Bisa juga kita taburi bawang goreng 




Lakukan 9 Cara Ini Agar Shalat Kita Khusyu’

Thursday, May 17, 2018

http://www.voa-islam.com

Agar shalat kita khusyu’ maka harus ada usaha untuk menghindari dari perbagai penghalang yang dapat menodainya, yaitu:

1. Menyingkirkan hal yang dapat mengganggu orang shalat

Dari anas ra berkata: “Dulu ada kain bergambar milik Aisyah yang digunakannya untuk menutupi samping rumahnya, maka nabi SAW berkata: 

“Singkirkan dariku, karena gambar-gambarnya terus terbayang dalam shalatku.”

Makna seperti ini juga ditunjukkan oleh riwayat yang mengatakan bahwa ketika memasuki ka’bah untuk shalat didalamnya, Nabi Saw melihat dua tanduk kambing domba. Setelah shalat beliau mengatakan kepada utsman Al-Jumahi.

“Aku tadi lupa menyuruhmu menutupi dua tanduk itu, karena tidak pantas dirumah ini ada sesuatu yang menyibukkan orang yang shalat.”

Termasuk dalam hal ini adalah menghindari shalat ditempat-tempat  berlalu lalang orang, tempat-tempat gaduh, suara-suara bising, disamping orang yang sedang bercakap-cakap, ditempat-tempat permainan, dan berbagai hal  yang mengganggu konsentrasi pandangan.

2. Jangan Shalat menggunakan pakaian yang bergambar atau lukisan yang mengganggu konsentrasi orang yang shalat

Dari Aisyah ra berkata: “Nabi saw berdiri shalat mengenakan baju bergambar dan beliau sempat memandang gambar itu, setelah shalat beliau berkata: “Bawahlah baju ini ke Abu Jahm bin Hudzaifah, dan berikan aku anbijaniyah (polos). Karena tadi menggangguku dalam shalat.

3. Tidak Shalat ketika makanan yang mengundang selerah sudah tersaji

Rasuullah bersabda, “Tidak boleh shalat saat makanan sudah siap.”

Apabila makanan telah diletakkan dan disajikan dihadapannya atau dihidangkan kepadanya, hendaklah ia mulai makan karena ia tidak akan khusyu’ apabila meninggalkannya. Ia akan bangun shalat sementara hatinya masih terkait dengannya. Bahkan juga tidak perlu tergesa-gesa hingga selesai makannya.

4. Tidak Shalat Saat menahan Sesuatu

Tidak diragukan bahwa diantara hal-hal yang bertentangan dengan ke khusyu’ an adalah, bila seseorang shalat sedangkan ia ingin kencing buang air besar. karena itu rasulullah melarang orang shalat ketika ia menahan hajat.

“Apabila salah seorang kalian hendak pergi ke WC sedang iqamat shalat berkumandang, hendaklah ia mulai dengan pergi ke WC itu.”

5. Tidak Shalat Ketika ia terserang Kantuk

Dari Aisyah ra, “Bahwa Rasulullah SAW bersabda, Apabila salah seorang dari kalian mengantuk ketika sedang shalat maka hendaklah ia tidur, hingga kantuknya hilang darinya, karena seseorang di antara kalian apabila shalat sedang ia mengantuk, ia tidak tahu barangkali maksudnaya istighfar tapi malah mencaci dirinya.”

6. Tidak shalat di belakang orang yang berbicara/tidur

Karena Nabi Saw melarang hal itu. Beliau mengatakan, “Janganlah kalian shalat di belakang orang tidur maupun orang yang berbicara.”

Karena dengan pembicaraannya, orang yang berbicara itu akan melalaikan, orang yang tidur kadang menampakkan hal-hal yang melalaikan.


7. Tidak mengganggu orang lain dengan bacaan

Rasulullah bersabda,

“Ketahuilah  bahwa setiap kalian sedang bermunajat kepada Tuhannya, karena itu jangan sebagian kalian mengganggu sebagian yang lain, janganlah sebagian kalian meninggikan suaranya saat membaca.” Atau mengatakan, “dalam shalat” dalam riwayat lain, “Janganlah sebagian kalian menjaharkan suaranya kepada sebagian yang lain.” 


8. Tidak menengok saat shalat

Berdasarkan hadist Abu Dzar ra berkata, “Rasulullah saw bersabda, 

“Allah akan tetap menghadapkan ke arah Hamba-Nya dalam shalatnya selama ia tidak menoleh, apabila ia menoleh Ia-pun akan meninggalkannya.”

Menoleh dalam shalat ada dua macam:

a. Menolehnya hati kepada selain Allah swt
b. Menoleh matanya

9. Mengendalikan menguap dalam shalat

Rasulullah Saw, bersabda: 

“Bila salah seorang kalian menguap dalam shalatnya maka hendaklah sedapat mungkin ia menahan, karena setan akan masuk.”

Jika masuk, maka setan akan lebih leluasa lagi dalam mengganggu kekhusyu’an orang yang shalat, lebih dari itu ia bahkan menertawakan orang yang menguap dalam shalatnya itu.


Sumber :
Buku Agenda Muslimah, Meraih kemuliaan Diri. Media Insani 2004

Resep Soto Ayam Kuah Santan dijamin Lezat

Wednesday, May 16, 2018

http://www.resepayam.net


Selamat pagi moms, Alhamdulillah kita masih dipertemukan dengan Ramadhan di tahun 2018 ini. Hari ini pas banget kita sedang menjalani puasa pertama. Mudah-mudahan kita masih di perkenankan oleh Allah untuk mengikuti Ramadhan di tahun ini dengan full dan kemudian masih dipertemukan juga dengan Ramadhan-ramadhan selanjutnya. 

Ngobrolin puasa, pasti para mommi-mommi yang kreatif pada mencari-cari menu untuk disajikan di keluarganya. Baik itu untuk buka puasa ataupun untuk sahur. Nah, pagi ini saya akan berbagai mengenai cara memasak Soto Ayam Kuah Santan yang enak banget. karena saya sudah pernah mencobanya.

Resep ini saya dapatkan dari tetangga saya, karena waktu itu beliau memberikan saya satu mangkok soto ayam kuah santan. Setelah saya cicip, eh ternyata rasanya lebih enak dari pada soto ayam biasa. hihi.. (itu menurut saya loh). 

Nah, 3 Cara agar masakan sotonya terasa enak dan kita menambah pahala di bulan Ramadhan.

1. Masaklah dengan niat Ikhlas

Dengan niat yang ikhlas tentu akan sangat memperngaruhi semua energi kita, apalagi di bulan puasa ini kita biasanya merasakan haus, lapar dan juga letih. Namun, jika niat kita ikhlas untuk memberikan menu terbaik pada keluarga kita, maka niat ikhlas cukup untuk menambah semangat kita melakukan aktivitas di dapur.

2. Barengi dengan bershalawat dan berzikir

Dari pada kita banyak mengeluh karena letih yang kita rasakan, karena mengeluh atau tidak mengeluh kita juga tetap melakukan pekerjaan rumah tangga. Yang membedakan adalah ketika kita tidak mengeluh, kita akan mendapatkan keberkahan pahala dari Allah Swt. Nah, alangkah  baiknya setiap ucapan, hati, pikiran dan lisan kita selama mengerjakan sesuatu/masak, kita barengi dengan membaca shalawat atau sekedar mengulang hafalan. Misalnya, ketika menggiling bumbu, tangan bergerak, mulut/hati sambil berzikir. Insya Allah selain mendapat pahala, makanan juga akan terasa lebih enak. 

3. Raciklah dengan Naluri Hati 

Meskiti terkadang kita tidak mengetahui takaran resep yang akan kita gunakan, dengan naluri hati yang tulus akan membimbing kita untuk menghasilkan rasa yang nikmat.  Jika kita mau membuat sesuatu yang baik, pastikan terlebih dahulu kondisi hati kita sedang dalam keadaan baik.

4. Buat Sugesti Positif Bahwa Masakan Kita Akan Terasa Enak dan Banyak Yang Suka

Banyak sekali dari kita merasa takut masakan kita tidak enak, padahal dengan sugesti negative, apa yang kita kerjakan akan menghasilkan hal yang negative pula. Mulai dari sekarang, mari kita membuat pikiran-pikiran positif kita lebih berperan.


Oke moms, tadi cara singkat dari saya dalam melakukan sesuatu. sekarang saatnya kita membuat Soto Ayam Kuah Santan. Kita siapkan bahan-bahannya dulu yuk!


Resep Soto Ayam Kuah Santan

Bahan:
  1. Bawang Putih
  2. Bawang Merah
  3. laos
  4. Jahe
  5. Kunyit
  6. Serai 
  7. Merica
  8. Ketumbar
  9. Kembang Peka
  10. Kapulaga
  11. Kulit Manis
  12. Cengkeh
  13. Pala
  14. Kemiri
  15. Santan 
  16. Kaldu Ayam
  17. Penyedap (kalo saya biasanya pakai Royco Rasa Ayam)


Bahan taburan soto: 
  1. Daun bawang dan Seledri (batang seledrinya dipisahkan)
  2. Bawang Goreng
  3. Emping/Kerupuk/Keripik

Cara Membuat:
  1. Haluskan semua bahan
  2. Tumis bumbu sampai harum
  3. Kemudian masukkan air
  4. Bisa juga pakai tulang ayam atau kaldu ayam
  5. Ketika direbus, masukkan daun salam dan juga batang seledri. Daun dalam dan serai diikat kemudian masukkan ke dalam rebusan kuah
  6. Masukkan santan, namun jangan ditutup
  7. Tambahkan Gula dan penyedap rasa ayam
  8. Aduk-aduk jangan sampai pecah kuah
  9. Dicicip sampai terasa pas


Resep Juada Bay Tat Makanan Khas Bengkulu

Tuesday, May 15, 2018

https://twitter.com/quinnfarah

Selamat Sore Moms, Gimana kabarnya hari ini? semoga harinya menyenangkan ya. Udah lama banget rasanya kita nggak nulis seputar resep masakan. Baik moms, sore ini saya akan berbagai resep kue bay tat yang sudah saya praktekkan beberapa bulan lalu.

Sudah pada tahu kue Bay Tat itu seperti apa?

Kue bay tat sendiri adalah salah satu makanan khas Bengkulu, sebutan bay tat sendiri sering disebut oleh masyarakat Bengkulu dengan sebutan Juada Bay Tat. Berdasarkan referensi yang pernah saya baca, bahwa kue Bay Tat itu pada zaman dahulu merupakan makanan para khas para raja Bengkulu. Pada saat itu kue ini berbentuk bulat ataupun oval dengan isi selai nanas di dalamnya. Namun saat ini sudah banyak terjadi perkembangan, sehingga sudah berbagai macam bentuk, ada yang berbentuk segi empat, oval, bunga, ataupun bunga raflesia. 

http://rozanabila.blogspot.co.id

https://dananwahyu.com

https://febrianugrah5.wordpress.com

Seiring dengan perkembangan seni yang hadir, ragam kreasi kue bay tat sudah sangat menarik dan Familiar. Jika kita berkunjung ke Bengkulu, Bay Tat sudah tersedia hampir diseluruh central oleh-oleh yang ada di Bengkulu. Kue ini juga termasuk kue yang sangat diminati oleh semua kalangan masyarakat. Rasanya yang manis dan empuk berkombinasi selai nanas yang enak, membuat sensasi sendiri dalam merasakan cita rasa dari Juada Bay Tat ini. 

Sebenarnya kata dari Bay tat itu sendiri berasal dai Bahasa Bengkulu, Bay itu berarti Induk, sementara Tat itu sendiri berasal dari kata Tart. Jika di gabung berarti Induknya kue orang Bengkulu. 

Resep Bay Tat

Bahan 

  1. 1 kg santan 
  2. Daun Jeruk
  3. 1 sdt Vanili
  4. 2 bks SKM

(semua bahan dimasak dan didiamkan semalam)

Cara Memasak:
  1. Panaskan santan, gula dan adas manis, 
  2. setelah medidih beri mentega 8 sendok, setelah matang disaring dan tambahkan baking pawder
  3. Ayak terigu, masukkan sedikit demi sedikit hingga kalis (jaangan terlalu keras)
  4. Bentuk adonan sesuai selera kemudian masukkan/beri selai
  5. Setelah itu di cetak dan dipanggang di oven hingga matang


Demikian Moms, resep Bay tat dari saya. Jika ada resep yang berbeda bolehlah kita saling berbagi.

Ini Resepku, mana resepmu?

DIY Eyeliner Murah dan Mudah Dibuat

Tuesday, May 8, 2018


Selamat pagi sobat amiraja, kali ini saya akan berbagi mengenai cara membuat Eyeliner yang mudah dan murah. Tentunya sangat aman untuk kita gunakan jikalau kita kehabisan eyeliner dirumah.  Sebagai wanita tentunya kita semua pengen cantic dong, salah satu kosmetik pendukung untuk kita tampil cantic adalah eyeliner, nah apakah kamu termasuk pengguna eyeliner? Jika ya, pernah tidak kamu mengalami situasi dimana kamu kehabisan eyeliner sementara aktivitas harianmu membuatmu tidak punya waktu untuk membeli eyeliner baru. Sementara, kamu sangat membutuhkan peran eyeliner untuk membuat tampilanmu menjadi lebih hidup. Jika mengalami hal tersebut, jangan khawatir! Berikut ini cara membuat eyeliner sendiri alias tutorial do it yourself (DIY) eyeliner.

YANG HARUS KITA PERSIAPAKAN

Pertama-tama, kamu harus menyiapkan terlebih dahulu bahan serta alat yang dibutuhkan. Alat yang dibutuhkan berupa:
  • Wadah bening kecil atau jar untuk tempat eyeliner yang sudah jadi nanti. 
  • Kemudian, kamu membutuhkan wadah lain untuk meracik serta pengaduk. 
  • Sementara bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 1/2 sendok teh gel lidah buaya yang berfungsi sebagai basenya. 
  • Bahan berikutnya adalah 3 kapsul arang aktif. Kamu bisa mendapatkan arang aktif di apotek terdekat. Fungsi arang aktif ini adalah sebagai zat pewarna hitam pekat. Kamu bisa bereksperimen dengan mengganti arang aktif ini dengan bahan pewarna lain seperti bubuk kakao hingga buah bit.
  • Dan yang terakhir adalah vitamin E untuk menutrisi kulit di sekitar area mata. 

CARA MEMBUAT EYELINER SECARA ALAMI

Cara membuatnya cukup mudah, kamu tinggal mencampurkan semua bahan dan mengaduknya hingga rata. Simpan dalam jar, kemudian aplikasikan ke bagian mata layaknya eyeliner kemasan. 

DIY eyeliner ini memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut :

1. Hemat

Untuk satu jar eyeliner yang dapat digunakan hingga satu bulan, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya yang lebih sedikit tentunya dibanding membeli eyeliner dalam kemasan. Akan lebih baik jika kamu memanfaatkan bahan-bahan yang ada. Gel lidah buaya bisa diganti oleh petroleum jelly atau beeswax untuk tekstur yang lebih padat. Manfaatkan bahan-bahan pewarna alami yang mudah didapatkan agar kamu bisa lebih hemat. 

2. Higienis

Higienitas DIY eyeliner ini jelas terjamin sebab dibuat sendiri. Pastikan alat yang kamu gunakan dan tangan kamu steril ya. Tutup rapat-rapat jar eyeliner apabila tidak digunakan untuk mencegah terkontaminasi oleh unsur asing seperti bakteri atau kuman. Kontaminasi bakteri atau kuman ini bisa menimbulkan iritasi pada kulit wajah. 

3. Kandungannya terjamin

Maraknya kosmetik palsu dengan kandungan berbahaya yang beredar luas di pasaran tentu membuat kita was-was saat membeli produk kosmetik termasuk eyeliner. Dengan membuat DIY eyeliner, kita bisa terbebas dari rasa was-was sebab mengetahui persis kandungan yang ada di dalam eyeliner tersebut. 

Sementara untuk kekurangan dari DIY eyeliner ini adalah :

1. Ribet

Cara membuatnya yang harus mencampur-campurkan berbagai bahan tentu sedikit ribet dan menyita waktu dibanding membeli eyeliner dalam kemasan. DIY eyeliner ini tidak cocok bagi mereka yang akitivtasnya padat sehingga tidak ada waktu untuk membuat eyeliner sendiri. 

2. Tidak tahan lama dan waterproof

Karena terbuat dari bahan-bahan alami, tentu saja DIY eyeliner ini tidak tahan lama layaknya eyeliner kemasan. Jika eyeliner biasa mampu bertahan hingga 8 jam, maka jangan harap DIY eyeliner ini mampu bertahan selama itu. Selain tidak tahan lama, eyeliner buatan sendiri ini juga tidak waterproof. Solusinya, kamu harus me-reapply eyeliner ini agar tampak seperti bar

Auto Post Signature