Top Social

Mengenal Obat Semprot untuk Hidung

Monday, December 16, 2019
Tersumbatnya hidung Anda disebabkan oleh lendir yang menumpuk pada rongga hidung. Hidung yang tersumbat bisa disertai dengan keluarnya ingus/lendir atau bisa juga tidak. Produksi lendir yang berlebihan pada rongga hidung disebabkan oleh adanya peradangan atau iritasi pada jaringam dalam hidung sehingga terjadi pembengkakan.

Fungsi Obat Semprot Hidung

Hidung tersumbat yang dapat disebabkan oleh alergi, pilek, sinusitis, serta infeksi. Semua itu dapat diredakan oleh obat semprot hidung. Efek terapi yang diberikan oleh obat semprot hidung lebih cepat daripada obat yang diminum. Selain itu, obat semprot hidung tidak memiliki efek samping yang menimbulkan rasa kantuk. 

Namun, seperti obat-obatan lainnya, obat semprot hidung juga memiliki efek samping, yaitu dapat membuat hidung Anda terasa perih dan menyengat. Efek lebih parahnya adalah Anda akan merasakan sakit kepala yang luar biasa. Jika efek-efek tersebut telah Anda rasakan, sebaiknya Anda mengurangi atau bahkan menghentikan penggunaan obat semprot hidung ini.

Pemakaian Obat Semprot Hidung

Panduan Cara pakai obat semprot hidung ternyata mudah sekali. Pertama-tama Anda harus memastikan bahwa tangan Anda sudah dicuci bersih. Selain itu, bersihkan juga hidung Anda. Setelah itu, tegakkan kepala Anda lalu semprotkan obat semprot pada kedua lubang hidung Anda. Ketika Anda menyemprotkan ke salah satu lubang hidung, tutuplah lubang hidung yang lain.

Kemudian, semprotkan obat semprot pada hidung Anda, lalu hirup dengan cepat. Semprotkan sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter. Beberapa menit setelah menyemprot hidung, hindari diri Anda untuk bersin. Jangan berbagi obat semprot hidung dengan orang lain untuk menghindari penyebaran penyakit. 

Obat semprot memang tidak seumum obat tablet atau obat sirup. Beberapa orang mungkin jarang mendengar obat semprot. Padahal manfaatnya jauh lebih besar dibandingkan Penyakit hidung tersumbat dapat menyerang berbagai usia. Sehingga obat semprot yang Anda gunakan harus sesuai dosis dan peruntukkan untuk usia pasien. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari efek samping yang buruk bagi pasien. Jika anak Anda kembung dan mual jangan sembarang memberi obat, berikan vometa drop untuk bayi. 

1 comment on "Mengenal Obat Semprot untuk Hidung"

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Auto Post Signature