Top Social

Jenis Kolam pada Budidaya Ternak Ikan Nila di Kolam

Wednesday, November 20, 2019


Budidaya Ternak Ikan Nila di kolam dapat dikatakan usaha dalam skala yang cukup besar. Kamu tidak hanya memelihara benih ikan dan memanen hasilnya setelah beberapa bulan. Umumnya, di kolam kamu sekaligus membuat pembibitan ikan.

Terbayang deh, hasilnya berlipat ganda! Tidak saja panen dari ikan yang sudah besar yang akan didapatkan. Bibit ikan yang bagus juga dapat kamu jual pada peternak kecil skala rumahan. Kerenkan?

Jenis Kolam Budidaya Ternak Ikan Nila di Kolam

Telah disebutkan bahwa budidaya yang dimaksud skalanya cukup besar.  Kamu membutuhkan laham cukup luas untuk beberapa jenis kolam yang akan dibuat. Jenis kolam di sini bukan dibedakan berdasarkan bahannya tetapi dari pertumbuhan ikan nila.

Jenis kolam yang dimaksud, yaitu:

1. Kolam Pemijahan

Kolam pemijahan disebut juga kolam pengindukan. Di kolam ini biasanya terdapat 2 induk ikan nila untuk menghasilkan benih atau bibit ikan baru.

Kolam pemijahan dibuat dengan ukuran 50 sampai 100 m2 dengan suhu stabil agar induk dapat bertelur dan menghasilkan benih unggul. Kedalam kolam air dibuat sekitar 40 sampai 60 cm dengan dasar berpasir. Umumnya kolam ini terbuat dari semen.

Ikan yang dipilih sebagai induk berusia antara 4 sampai 5 bulan dengan berat 120 sampai 180 gram Pilihlah ikan yang sehat dan tidak memiliki cacat.

Bagaimana membedakan ikan jantan dan betina? Kamu dapat melihat lubang di bagian urogenitalnya. Ikan betina memiliki 3 lubang dan jantan hanya 2 lubang. Sementara itu, bagian perut ikan betina putih dengan sirip kemerahan. Ikan jantan mempunyai warna perut hitam.

Ikan nila akan cepat sekali melakukan pembuahan dan menghasilkan benih baru. Namun, pemijahan antara ikan betina dan jantan membutuhkan energi yang cukup besar. Ikan yang berada di pemijahan pertumbuhannya lebih kecil dibandingkan di kolam pembesaran.

2. Kolam Pendederan

Kolam pendederan merupakan kolam yang digunakan untuk memelihara benih yang dihasilkan indukan budidaya ternak ikan nila di kolam.  Luas kolam hanya 50 sampai 100 m2 dengan kedalaman sekitar 30 cm. 

Kolam pendederan tidak dapat diisi banyak benih. Jumlah yang dapat ditampung hanya sekitar 5 sampai 50 benih saja. Ini dilakukan agar benih tumbuh sempurna.

3. Kolam Pembesaran Tahap 1

Kolam pembesaran tahap 1 biasanya cukup banyak. Kolam ini mempunyai luas antara 250 sampai 500 m2 untuk beberapa ekor ikan saja.

Namun, kolam ini tidak dianjurkan terbuat dari semen. Kamu dapat membuatnya dari terpal atau jaring. Kolam ini lebih hemat dalam pembuatan selain baik juga untuk ikan nila.

4. Kolam Pembesaran 2

Kolam pembesaran 2 digunakan untuk benih dengan gelondongan besar. Kolam ini tidak perlu dalam dan besar dan disarankan terbuat dari kolam tanah maupun kolam sawah. Benih  yang besar memerlukan pakan yang lebih pula. Dengan kolam tanah atau sawah ikan dapat mmperoleh pakan tambahan langsung dari alam.

5. Kolam Pembesaran 3

Kolam pembesaran 3 merupakan kolam yang paling banyak dibuat pebisnis atau pelaku usaha, khususnya untuk budidaya ikan rumahan atau dengan lahan sempit. 

Kolam dibuat cukup dalam hingga 100 cm. Luas kolam dapat dibuat bervariasi antara 500 sampai 2000 m2. Semua tergantung dari kepemilikan.

Kolam pembesaran dapat berupa kolam tanah, kolam terpal, atau kolam semen. Nilai ekonomisnya kamu sendiri yang menimbang.

Ikan yang disebarkan pada kolam pembesaran 3 jumlahnya tergantung pada luas lahan Umumnya, benih disebar berjumlah 15 sampai 20 untuk setiap meter persegi dengan berat 10 sampai 20 gram.

Kamu yang pemula dalam budidaya ikan nila dapat membeli benih ikan nila yang disebarkan di pengusaha ikan nila lebih besar. Banyak toko ikan yang menjualnya secara online dan offline. Biasanya mereka menawarkan dalam jumlah benih per kantong antara 50 sampai 100 ekor. Ikan terdiri dari 1 jenis kelamin.

Ikan di kolam pembesaran 3 ketika panen dapat kamu temui pula yang ukurannya kecil. Ini mungkin saja terjadi karena ikan nila termasuk hewan monosex. Mereka tidak memerlukan pasangan untuk berkembang biak. Itulah beberapa jenis kolam pada budidaya ternak ikan nila di kolam, jika anda tertarik dengan panduan lengkap ternak ikan bisa baca referensi bagus ini di artikel berikut https://www.cekaja.com/info/panduan-lengkap-budidaya-ternak-ikan-nila-termudah-yuk-dicek/. Semoga bermanfaat ya! Jangan biarlah lahanmu tidak produktif!



Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Auto Post Signature