Top Social

Begini Cara Deteksi Gejala Kanker Payudara Menyebar Ke Tulang Sedini Mungkin!

Wednesday, November 20, 2019

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling menyeramkan dan mematikan, bukan hanya bagi wanita, tapi juga pria. Sebagaimana jenis kanker lainnya, kanker payudara yang tidak ditangani secara tepat bahkan berpotensi untuk bermetastasis. Artinya, gejala kanker payudara menyebar ke tulang bisa terjadi kapan saja, dengan atau tanpa Anda sadari. 

Dalam kondisi ini, penderita kanker payudara sudah bisa dipastikan telah memasuki stadium 4. Sel kanker tak lagi hanya berkeliaran di area payudara, tapi juga sudah menyerang tulang dan anggota tubuh lain sehingga tindak pengobatannya semakin merepotkan. 

Situasi seperti ini tentu saja jangan sampai dianggap sepele, tapi Anda juga jangan sampai putus harapan dan dilanda sedih berkepanjangan. Sebab, setiap penyakit, separah apapun, pasti ada obatnya. Namun sebelum kita beranjak pada langkah solusi untuk menangani gejala kanker payudara menyebar ke tulang, mari terlebih dahulu menelaah ragam fakta seputar kanker payudara metastasis berikut ini. 

Fakta Tentang Kanker Payudara Metastasis

a. Potensi Penyebaran Sel Kanker Tinggi

Hampir lima persen wanita yang mengidap kanker payudara berpotensi akan mengalami penyebaran sel kanker hingga ke tulang, bahkan ketika baru didiagnosis. Potensi ini akan mulai terasa sekitar setahun atau sebulan pasca didiagnosis mengidap kanker.

b. Merusak Tulang

Ketika sel kanker payudara menyebar ke tulang, tubuh Anda sudah tidak akan mampu lagi meregenerasi sel tulang. Artinya, tulang yang terkena sel kanker akan mengalami kerusakan, bahkan rentan patah tulang dari dalam. Sebab, ia tidak mampu membentuk tulang baru. 

Sebaliknya, sel kanker juga bisa menyulut pembentukan tulang baru, sementara tulang yang lama belum butuh untuk diganti. Akibatnya, tulang yang terkena sel kanker akan menjadi tidak normal, lebih keras dan berisiko patah. 

c. Banyak Alternatif Pengobatan

Di antara pengobatan yang sering dipakai yakni dengan terapi hormonal atau kemoterapi. Cara ampuh selanjutnya yakni dengan menjalani terapi radiasi, di mana medis menggunakan alat khusus yang fokus membunuh sel kanker tertarget. Terapi semacam ini sudah dikenal mampu mengecilkan tumor dan proses pengobatannya tidak terlalu nyeri. Dengan teknik tertentu, terapi radiasi juga bisa menguatkan tulang.

Ketika Anda terdeteksi gejala kanker payudara menyebar ke tulang, dokter juga mungkin akan mendukung pengobatan Anda dengan memberikan sejumlah obat penguat tulang. Obat tersebut diberikan dengan cara dikonsumsi, atau dengan metode intravena. 

Jika tulang sudah telanjur terjangkit sel kanker dan mengalami kerusakan, tindakan operasi bisa saja dilakukan. Caranya adalah dengan menanam batangan logam untuk mendukung tulang yang lemah. Cara lainnya ialah menstabilkan tulang yang rusak dengan pelat logam, sekrup, atau semen khusus tulang.

Lantas, Bagaimana Cara Mendeteksi Gejala Kanker Payudara Menyebar ke Tulang?

Caranya ialah dengan menganalisis gejala awal yang tampak dari fisik maupun dari darah Anda. Di antara gejala yang kemungkinan akan timbul ketika Anda mengidap kanker payudara stadium 4, di antaranya:

a. Nyeri Tulang

Ini merupakan gejala awal yang paling umum dirasakan oleh pengidap kanker payudara yang menyebar ke tulang. Nyeri bisa jadi sinyal bahwa tulang Anda mengalami kerusakan atau patah dari dalam. 

b. Gangguan Fungsi Organ

Jika sel kanker menyerang tulang belakang, ia kemungkinan akan menyebabkan gangguan pada fungsi organ terkait seperti usus dan kandung kemih. Jika situasi ini terus dibiarkan dan makin parah, bisa saja penderita akan mengalami kelumpuhan.

c. Mengalami Kelainan Darah

Hal ini disebabkan tulang yang terserang melepaskan kalsium berlebihan ke aliran darah atau disebut dengan Hiperkalsemia. Dampaknya, Anda akan merasa mual, hilang nafsu makan, sembelit, haus terus-menerus, hingga bisa menyebabkan koma bila tidak segera ditangani. 

Demikianlah artikel tentang gejala kanker payudara menyebar ke tulang. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda di dunia medis, bahkan bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang menghadapi masalah kanker payudara. 

Untuk informasi lainnya seputar kanker payudara dan cara mengatasinya, silakan membaca artikel lainnya di https://www.cekaja.com/info/yuk-kepoin-penyebab-gejala-dan-cara-mendeteksi-kanker-payudara/. Sebagai informasi, cekaja.com merupakan platform toko finansial online yang memuat informasi terbaru dan terpercaya, sebab didukung oleh sejumlah ahli di bidang kesehatan. Ragam informasi yang disajikan dalam website ini diharapkan dapat menambah wawasan, serta menjadi solusi dari setiap permasalahan yang berkaitan dengan kesehatan Anda.

Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Auto Post Signature