Top Social

Mirip, Ini Beda Demam pada Tipes dan Demam Berdarah

Friday, July 5, 2019


Tipes dan demam berdarah sama-sama diawali dengan demam. Mirip, ini beda demam pada tipes dan demam berdarah.


Demam tinggi adalah salah satu gejala yang muncul, baik pada demam berdarah maupun demam tifoid (awam menyebutnya tipes). Karena hampir mirip, tak sedikit orang yang sering tertukar. Jangan lagi keliru, ini beda demam pada tipes dan demam berdarah.

Meski keduanya adalah penyakit infeksi, tetapi penyebabnya berbeda. “Demam berdarah disebabkan oleh infeksi virus dengue, sedangkan tipes biang keroknya adalah bakteri Salmonella typhii,”  kata dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter.

Tahu cara membedakan kedua penyakit tersebut penting agar tidak salah langkah dalam penanganannya.

Demam pada tipes

Pola demam tipes sangatlah khas. “Demam bisa terjadi lebih dari 7 hari, dan setiap hari semakin tinggi seperti pola anak tangga,” ungkap dr. Devia. “Selain berlangsung lama dan meningkat setiap waktunya, demam juga disertai masalah pencernaan seperti mual dan muntah, konstipasi atau diare, serta nyeri perut,” ia melanjutkan.

Jika tidak ditangani dengan tepat, komplikasi bisa terkadi. Mulai dari perforasi usus (lubang pada dinding usus), kejang, hingga penurunan kesadaran.

Demam pada demam berdarah

Demam pada demam berdarah juga tak kalah khas, yaitu demam tinggi secara mendadak.

“Ketika diukur, suhu tubuh penderita akan mencapai 39-40 Celsius. Demam tinggi ini akan berlangsung pada 2-3 hari pertama, kemudian akan menurun pada hari ke-4 hingga ke-5,” kata dr. Devia menjelaskan.

Satu lagi yang khas, fase penurunan suhu tubuh ini disebut sebagai fase kritis, yang mana penderita rentan alami syok. “Jika fase ini berhasil dilewati, suhu tubuh akan kembali meningkat pada hari ke-6 hingga ke-7,” ucap dr. Devia.

Pola demam yang terjadi pada demam berdarah membentuk pola tapal kuda; ada kenaikan suhu, diikuti dengan penurunan, lalu naik kembali.

Gejala lain yang menyertai demam meliputi badan lemas, nyeri otot dan tulang, muncul bintik-bintik atau ruam merah di seluruh tubuh, nyeri ulu hati yang disertai dengan mual dan muntah, hingga mimisan atau gusi berdarah.

Lindungi diri dari tipes dan demam berdarah

Untuk demam berdarah, cegah dengan menyetop perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti. Bersihkan dan tutup rapat bak-bak penyimpanan air di rumah agar tidak menjadi sarang nyamuk dan siap sedia losion anti nyamuk.

Jika lingkungan rumah rawan banjir, bersihkan saluran air setiap hari agar tak ada sampah yang menumpuk,  Karena, sampah tersebut mungkin terinfeksi Salmonella typhii, lalu dihinggapi lalat, yang kemudian menghampiri makanan di dalam rumah.

Karena mirip, banyak orang yang bingung membedakan demam pada tipes dan demam berdarah. Setelah membaca artikel ini, jangan lagi keliru, ya! Pasalnya, tahu membedakan kedua penyakit tersebut memengaruhi penanganannya. Amannya, jika demam tak membaik setelah diberi obat penurun demam, banyak minum air, dan dikompres hangat, baiknya segera periksakan diri ke dokter.


1 comment on "Mirip, Ini Beda Demam pada Tipes dan Demam Berdarah"

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Auto Post Signature