Top Social

Nyaman Jadi Tujuan, Syariah Jadi Pilihan #AyoHijrah Bersama Bank Muamalat Indonesia

Wednesday, May 1, 2019

Ngobrolin soal Hijrah, Saya teringat jaman saya SMA dulu yang suka banget dengan aktivitas-aktivitas duniawi. Pulang sekolah singgah kepasar, beli accesoris, lirik sana-sini cari orang penjual yang mukanya cling. ihiw... jadi malu kalo diingat-ingat.

Bersyukur ketika kelas 3 SMA saya sudah dikenalkan dengan Rohis oleh salah satu teman sekelas saya, setelah saya rutin datang rohis, saya sudah mulai belajar untuk merubah penampilan saya sehingga terlihat lebih syar'i. Sejak awal saya masuk rohis, saya merubah arah hidup saya hingga saat ini. 


Banyak diantara kita merasa dan beranggapan apa yang kita dapatkan adalah berdasarkan atas apa yang kita kerjakan. Padahal rumusnya tidaklah demikian, melainkan atas segala kehendak-Nya. Kita hanya diwajibkan untuk berusaha, namun apa yang akan kita dapatkan mutlak keputusan Alllah. 

Sayangnya, kita tidak yakin dengan janji yang belum nampak terjadi yaitu janjinya Allah. Hanya orang-orang yang beriman yang akan yakin dan percaya atas segala sesuatu yang terjadi di dunia ini. Seperti Surat Muhammad ayat 7 "Allah akan menolong orang yang menolong Agama Allah". Sudah jelas sekali tertera dalam Al-Qur'an bahwa Allah akan menolong setiap orang yang menolong Agama Allah. Secara sederhananya, Allah akan menolong orang yang berhijrah. 

Jika kita percaya dan yakin akan janji Allah, setiap segala sesuatu yang terjadi kepada kita ada Allah yang selalu menolong kita. So, jangan takut untuk menjadi orang yang jujur, jangan takut untuk kehabisan harta, berbagi dengan anak yatim, bersedekah. Karena "Ketika kita sibuk menolong orang lain, maka Allah akan sibuk menolong kita. Namun, ketika kita sibuk menolong diri kita sendiri, maka Allah akan sibuk menolong orang lain". Oleh karena itu, yakinlah Bahwa Allah akan secepat kilat mendekat, mencintai dan menolong umat-Nya yang berlari  mencari ridho-Nya. 
Lilah, Billah, Illallah



Tidak sedikit diantara kita merasa apa yang telah dia dapatkan di dunia merupakan hasil kerja kerasnya semata, sehingga lupa akan ketentuan-Nya yang sudah ditetapkan Allah. Kita merasa berat meninggalkan riba karena kita merasa tidak akan sanggup menjalani hidup jika tidak harus melunasi hutang konvensional. 

Banyak juga yang beralasan kalau hijrah maka dia tidak akan dapat melakukan aktivitasnya secara bebas, merasa kehidupannya terlalu dikekang dengan aturan. Sehingga kita ingin merasakan hidup yang bebas, oleh karena itu tak sedikit orang yang terjerat korupsi, mencuri, menyakiti, membunuh dan lain sebagainya. Penyebab utama hal demikian adalah lemahnya Iman. Hijrah saat ini juga adalah harga mati untuk orang-orang yng ingin menjadi lebih baik. 


Ada juga yang beranggapan hijrah itu mahal, padahal hijrah itu bisa dimulai dari yang sederhana. Misalnya Hijrah dalam bacaan, hijrah dalam perkataan, hijrah dalam memilih teman yang baik. Orang yang beranggapan hijrah itu mahal adalah orang yang belum memiliki niat yang ikhlas untuk berhijrah, 

Sebelumnya jika kita malas untuk melakukan sholat, sekarang mulailah segera melaksanakan shalat 5 waktu. Sebelumnya jika kita sulit untuk datang ke masjid melakukan shalat jumat, mulai saat ini jadikan shalat jumat salah satu shalat yang istimewa. Begitu juga dalam berpuasa, dan ibadah lainnya.




Biasanya kita suka memakai baju ketat, celana ketat dan tidak berjiilbab untuk perempuan. Maka mulailah untuk mengenakan Jilbab, baju yang longgar dan juga memakai rok. Jika kita benar-benar niatkan untuk hijrah, merubah penampilan yang lebih syar'i akan terasa lebih mudah.





Yang sebelumnya kita hobbi membaca buku-buku yang tidak menambah keimanan kita terhadap Allah, membaca artikel yang suka-suka, mulailah untuk membaca bacaan yang bernuansa positif, yang bisa membuat kita bertambah cinta terhadap Islam secara penuh dan totalitas. Bacaan yang paling bisa merubah kehidupan kita adalah Al-Qur'an. So, kaitkan semua yang terjadi dimuka bumi ini dengan kandungan-kandungan ayat didalam Al-Qur'an, karena Al-qur'an adalah bacaan yang paling bisa menyelesaikan segala persoalan di muka bumi ini. 




Biasanya kita sering berpikiran negatif, berprasangka, maka mulailah berfikir untuk kemajuan hidup yang lebih baik. Minimal bisa berpikir yang positif untuk diri sendiri terlebih dahulu. Alhamdulillah jika kita mampu memangemen pikiran kita tentang suatu hal dan bisa memanfaatkannya untuk membantu saudara kita yang lain. 

Jikalau kita berpikir Islam itu menakutkan dengan segala aturannya, mulailah untuk mencari referensi di Al Qur'an bagaimana Islam itu adalah agama indah lagi kaffah.






Point yang tak kalah penting dalam kita menjalani kehidupan adalah perihal keuangan dan bagaimana mengatur keuangan. Banyak sekali orang yang menyepelekan perihal aturan keuangan dalam Islam, bahkan ada juga yang menyatakan mengatur uang dalam Islam ataupun tidak, sama saja. Padahal, aturan mengenai keuangan ini sudah sangat jelas diatur secara rinci oleh Islam agar kehidupan kita lebih berkah dan lebih baik. 

Sebelum saya mengenal syariah, saya beranggapan dan berpikir alangkah menyenangkannya jika saya bisa bekerja di bank konvensional, berbaju rapi, bersih dan wangi, tanpa saya memikirkan bagaimana nilai keberkahannya. Sehingga saya hampir punya semua buku tabungan bank konvensional di Bengkulu.

Lama-kelamaan, saya merasa saya sudah menggunakan jilbab yang lebar, sering datang kajian, sedikit banyak tahu tentang ketentuan dalam Islam, sehingga saya merasa malu dengan diri saya sendiri. Sejak 2008 saya sudah memutuskan untuk berhijrah, mulai dari ibadah, penampilan, bacaan dan pemikiran. Namun satu-satunya yang belum hijrah adalah perihal keuangan. 


Sementara setiap langkah tertuju tidak luput dari uang dan biaya. Mau pergi menggunakan baju, perlu biaya, mau makan apapun harus beli menggunakan biaya, mau kuliah juga butuh biaya. Dan itu jika tidak ditansaksikan dengan syariah, maka akan menjadi dosa. Hal seperti ini membuat gemuruh dalam hati dan pikiran saya. Sehingga tahun 2018 lalu, saya memutuskan untuk punya satu buku tabungan saja. Saat ini, saya hanya punya satu buku tabungan saja, yaitu di Bank Muamalat Indonesia yang merupakan Bank pertama yang berbasis syariah. 

Sumber: Sharianews.com
Uang yang ada di Bank itu tidak riba, dikatakan riba adalah ketika uang tersebut di transaksikan. Ketika uang kita yang ada di konvensional sudah mulai kita transaksikan dengan cara yang tidak sesuai dengan ketentuan Islam, maka jatuhlah riba statusnya. Begitu juga ketika kita menabung di konvensional, kemudian kita mendapatkan bunga, selanjutnya uang kita digunakan oleh pihak bank untuk transaksi riba, maka uang kita sudah termasuk dalam transaksi riba. 

Contoh lainnya misalnya ketika uang  yang kita tabung di bank syariah kita tarik, kemudian kita pinjamkan dengan orang lain, namun kita meminta pengembalian dilebihkan. Maka transaksi ini juga termasuk riba.  So, uang itu riba atau tidaknya tergantung bagaimana kita mentransaksikannya. Oleh karena itu, segera ubah semua transaksi secara syariah. 
Ketika kita memiliki banyak uang banyak yang tergiur dengan bunga tinggi yang ditawarkan, padahal bunga yang ditawarkan itu tidaklah seharum bunga mawar. Ada dosa yang terkandung di dalamnya. Ada juga yang memanfaatkan untuk memutar uang tersebut dengan cara meminjamkan kepada orang lain dengan pengembalian yang tinggi, orang seperti ini kita kenal dengan rentenir. 

Mulai saat ini, mari kita ubah cara kita berinvestasi. Kita mulai menyadarkan diri kita akan hidup yang lebih berkah. Kita kelolah keuangan kita secara syariah, kemudian kita transaksikan juga secara syariah. Minimal kita bisa ikut andil dalam memajukan dan mengembangkan lembaga perbankan syariah yang ada di Indonesia. Begitulah salah satu cara kita menyelamatkan Islam dalam hal persaingan ekonomi secara digital saat ini. 

Di perbankan syariah pun banyak juga tawaran untuk jenis investasi. Tidak usah khawatir akan kecil keuntungan yang ditawarkan, asalkan adanya berlipatganda keberkahan yang akan dirasakan. 
Sumber: liputan6.com
Saya secara pribadi, saat ini keuangan saya sudah saya percayakan pada lembaga Perbankan Syariah. Menurut saya lembaga syariah itu adalah solusi keuangan secara syar'i. Apa yang ditawarkan oleh Bank konvensional, juga ada pada bank syariah. Yang berbeda adalah akad transaksi dan bunga, selain itu lembaga syariah lebih bisa memanusiakan manusia.  Dalam hal ini, saya sangat percaya dengan Bank Muamalat Indonesia yang menjadi satu-satunya rekening di perbankan yang saya punya saat ini. 
Bank Muamalat Indonesia adalah bank pertama murni syariah yang ada di Indonesia. Dahulunya Bank Muamalat sebagai bank penyedia layanan perbankan syariah, namun saat ini juga menjadi Penggerak semangat umat untuk terus-menerus mensyiarkan Islam secara menyeluruh, 

Bank Muamalat adalah bank pertama murni syariah di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1992. Setelah 2 tahun beroperasi Bank Muamalat di tahun 1994 berhasil menyandang predikat sebagai Bank Devisa. Hal demikian semakin memperkuat posisinya sebagai bank syariah pertama di Indonesia dengan beragam jasa dan produk yang terus di kembangkan. 

Pada tahun 2009, PT Bank Syariah Muamalat Indonesia Tbk berubah nama menjadi PT Bank Muamalat Indonesia Tbk, Pada tahun yang sama juga Bank Muamalat pertama kalinya membuka cabang Internasional di Kuala Lumpur Malaysia. 
Dengan perjalanan dan usia yang sudah puluhan tahun, menjadikan Bank Muamalat semakin matang dan istiqomah dalam menjalan aktivitas perbankan secara syariah yang profesional. Ditambah lagi saat ini selalu ada inovasi dari produk-produk unggulan yang murni berbasis syariah.


Bank Muamalat memilki produk dan layanan keuangan lengkap yang ditunjang dengan berbagai fasilitas seperti Mobile Banking, Internet Banking Muamalat dan jaringan ATM dan Kantor Cabang hingga ke luar negeri. 

Bank Muamalat tidak menginduk dari bank lain, sehingga terjaga kemurnian syariah nya. Pengelolaan dana di Bank Muamalat didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi syariah yang dikawal dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.

Penasaran dengan #AyoHijrah Bersama Bank Muamalat? Lanjut baca ya......

#AyoHijrah adalah sebuah gerakan yang diluncurkan oleh Bank Muamalat Indonesia sebagai media untuk menggerakan dan mengajak umat islam agar menjadi lebih baik. Lebih baik dalam ibadah, ataupun pengelolaan keuangan. Karena Islam adalah agama yang sempurna, mampu mengatur semua lini kehidupan dengan sangat terperinci. 

Bank Muamalat hadir dengan konsep #AyoHijrah dengan harapan mampu meningkatkan kualitas ibadah dan transaksi secara syariah. Sejalan dengan cita-cita yang hendak diwujudkan oleh Bank Muamalat adalah menyetarakan pertumbuhan nasabah bank syariah agar setara dengan kondisi rakyat Indonesia yang mayoritas muslim.

Bentuk Gerakan #AyoHijrah

Secara umum, kegiatan #AyoHijrah dikemas dalam bentuk kegiatan-kegiatan mengajak masyarakat untuk terus menjadi lebiih baik, terkhusus dalam hal pengelolaan keuangan syariah. Karena jika mayoritas umat Muslim di Indonesia bertransaksi menggunakan perbankan syariah, maka dapat membuat perputaran ekonomi islam lebih sejahterah. 

Adapun bentuk kegiatan #AyoHijrah adalah;
1. Seminar atau Edukasi Tentang Perbankan Syariah
2. Open Boot di pusat kegiatan masyarakat
3. Kajian Islam dengan Narasumber Ulama
4. Pemberdayaan Masjid sebagai salah satu agen perbankan syariah

Produk Hijrah Bank Muamalat


Dengan hadirnya gerakan #AyoHijrah, Bank muamalat menghadirkan  produk unggulan dengan penambahan kata hijrah pada setiap produk. 

Tabungan iB Hijrah

Tabungan iB Hijrah adalah tabungan nyaman untuk digunakan kebutuhan transaksi dan berbelanja dengan kartu Shar-E Debit yang berlogo Visa plus dengan manfaat berbagai macam program subsidi belanja di merchant lokal dan luar negeri.

Nikmati berbagai ragam layanan seperti realtime transfer/SKN/RTGS,  isi ulang prabayar, bayar tagihan listrik, tagihan kartu pasca bayar, pembelian tiket dan pembayaran ZIS (zakat, infaq, sedekah) dengan Tabungan iB Muamalat melalui mobile banking dan internet banking.

Tabungan iB Hijrah Haji dan Umrah

Tabungan Hijrah Haji dan Umrah di Bank Muamalat menawarkan solusi lengkap untuk perjalan ibadah haji kita. Selain itu Bank muamalat berkomitmen memfasilitasi nasabah untuk berhijrah dan selalu menjadi lebih baik karena Bank Muamalat adalah Bank umum syariah pertama di Indonesia yang dikelola secara profesional dan murni syariah. 

Bank muamalat juga sebagai Salah satu Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH), yang terdaftar di SISKOHAT Kementerian Agama Republik Indonesia. Oleh sebab itu, kita tidak perlu khawatir untuk membuka tabungan Haji di Bank Muamalat.

Tabungan iB Hijrah Rencana

Untuk mendapatkan hasil yang baik, maka diperlukan perencanaan yang matang. Bank Muamalat melalui Tabungan iB Hijrah rencana menawarkan kemudahan dalam merencanakan keuangan dalam pendidikan, pernikahan, perjalanan ibadah/wisata, uang muka rumah/kendaraan, berkurban saat Idul Adha, perpanjangan STNK/pajak kendaraan, persiapan pensiun/hari tua, serta rencana atau impian lainnya.

Melalui Tabungan iB Hijrah Rencana kita dapat dengan mudah menggapai impian dengan cara yang berkah, hasil yang baik serta sepenuhnya menjalankan prinsip syariah. 

Tabungan iB Hijrah Prima

Melalui tabungan Tabungan iB Hijrah Prima kita bisa memulai untuk bertransaksi bisnis dan berinvestasi secara syariah. Karena Tabungan iB Muamalat Prima dilengkapi dengan fasilitas Shar-E Debit Gold yang dapat digunakan di seluruh Jaringan Visa.

Selain itu, hal yang menakjubkan lagi dari Tabungan iB Muamalat Prima adalah dengan dilengkapi nisbah bagi hasil yang kompetitif dan fasilitas bebas biaya realtime transfer, bebas biaya SKN dan RTGS. Nikmati fasilitas khusus berupa bebas biaya airport lounge untuk memenuhi kebutuhan perjalanan.

Tabungan iB Hijrah Prima Berhadiah

Produk Tabungan iB Hijrah Prima Berhadiah sama dengan Tabungan iB Hijrah Prima, hanya saja dengan membuka tabungan jenis ini, tidak menutup kemungkinan kita berkesempatan besar untuk memperoleh hadiah dari Bank Muamalat. Karena Jenis tabungan ini adlaah tabungan yang bisa kita jadikan sebagai media investasi secara syariah. 

Deposito iB Hijrah

Kelengkapan produk dari Bank Muamalat Indonesia membuat kita lebih mudah untuk memutuskan Hijrah lebih cepat. Ditambah lagi adanya produk Deposito syariah dalam mata uang Rupiah dan US Dollar yang fleksibel dan memberikan hasil investasi yang optimal bagi Anda.

Giro iB Hijrah

Produk giro berbasis akad wadiah yang memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Merupakan sarana untuk memenuhi kebutuhan transaksi bisnis Nasabah Non-perorangan yang didukung oleh fasilitas Cash Management.

Pembiayaan Rumah iB Hijrah 

Saat ini Bank Muamalat juga sedang mengajukan produk Pembiayaan Rumah iB Hijrah kepada Regulator atau Otoritas jasa Keuangan (OJK) dengan Angsuran Super Ringan dan Fix and Fix. Sehingga kedepannya melalui gerakan #AyoHijrah bisa membuat kita bertransaksi syariah secara kaffah. Dan semoga juga program pembiayaan Rumah ini segera di setujui oleh OJK. Aamiin. 

  1. Akad, Ikatan atau kesepakatan antara nasabah dengan bank yakni pertalian Ijab (pernyataan melakukan ikatan) dan Kabul (pernyataan penerimaan ikatan) sesuai dengan kehendak syariat yang berpengaruh pada obyek perikatan, misalnya akad pembukaan rekening simpanan.
  2. Margin, Besarnya keuntungan yang disepakati antara bank dan nasabah atas transaksi pembiayaan dengan akad jual beli (murabahah). Margin pembiayaan bersifat tetap (fixed) tidak berubah sepanjang jangka waktu pembiayaan.
  3. Nisbah, Porsi bagi hasil antara nasabah dan bank atas transaksi pendanaan dan pembiayaan dengan akad bagi hasil (Mudharabah dan Musyarakah).
  4. Murabahah, Akad jual beli dimana harga dan keuntungan disepakati antara penjual dan pembeli. Jenis dan Jumlah barang dijelaskan dengan rinci. Barang diserahkan setelah akad jual beli dan pembayaran bisa dilakukan secara mengangsur/cicilan atau sekaligus. Dalam perbankan syariah akad ini biasa digunakan untuk pembiayaan KPR.
  5. Mudharabah Muqayyadah, Akad yang dilakukan antara pemilik modal untuk usaha yang ditentukan oleh pemilik modal (Shahibul Mal) dengan pengelola (Mudharib), dimana nisbah bagi hasil disepakati di awal untuk dibagi bersama, sedangkan kerugian ditanggung oleh pemilik modal. Dalam terminologi perbankan syariah ini lazim disebut Special Investment. Contoh dari akad ini yaitu antara nasabah penabung dengan bank.
Mobile Banking

Mobile Banking Muamalat adalah salah satu fitur aplikasi Muamalat Mobile, fitur lainnya adalah Internet Banking Muamalat, info lokasi ATM/cabang, info produk, SalaMuamalat 1500016 (call center), arah kiblat, jadwal salat, registrasi Mobile Banking dan pengaturan bahasa. Muamalat Mobile dirancang untuk melayani transaksi finansial dan nonfinansial secara real time yang dapat beroperasi selama 24 jam.



Registrasi Melalui Aplikasi Muamalat Mobile


Tata cara registrasi Mobile Banking via Muamalat Mobile
Kemudian Kita Aktivasi


Tata cara Aktivasi Mobile Banking via Muamalat Mobile
Registrasi Mobile Banking dan TIN melalui ATM Bank Muamalat


Tara Cara Registrasi Mobile Banking di ATM Muamalat
Tata Cara Registrasi TIN Mobile Banking di ATM Muamalat
Contoh transaksi Transfer Antar Bank



Internet Banking

Internet Banking Muamalat merupakan layanan perbankan elektronik 24 jam sehari dan 7 hari sepekan melalui akses internet yang mudah dan aman. Layanan ini memungkinkan Nasabah bertransaksi di seluruh rekening Bank Muamalat miliknya.

Registrasi Internet Banking 


Registrasi Internet Banking

Aktivasi Internet Banking


Aktivasi Internet Banking

Setelah registrasi di ATM/pinpad berhasil, Anda sudah dapat melakukan transaksi non-finansial seperti cek saldo dan mutasi rekening. Untuk dapat menikmati transaksi finansial, silahkan mengunjungi customer service Bank Muamalat terdekat dengan mengisi formulir aktivasi transaksi finansial.

Debet Online Melalui Internet Banking


Debit online adalah salah satu fitur unggulan lain dari Internet Banking Muamalat yang menawarkan kemudahan pembayaran belanja online. Nasabah tidak perlu menghafal nomor rekening penjual atau nominal yang harus dibayar. Layanan ini hanya berlaku di merchant yang telah bekerja sama. 


Alur belanja menggunakan internet banking lebih mempermudah proses transaksi secara debet online
ATM Muamalat

Bank Muamalat memiliki ±710 ATM Muamalat yang tersebar luas di seluruh indonesia, yang terkoneksi dengan 120.000 jaringan Prima dan 77.000 jaringan ATM Bersama dan MEPS.


Untuk memenuhi tuntutan transaksi perbankan nasabah yang semakin beragam, ATM Muamalat dilengkapi dengan fitur-fitur seperti Info Saldo, Cetak 5 Transaksi Terakhir, Pembayaran Tagihan, Pembelian Pulsa Isi Ulang, Pembelian Tiket, Pembayaran Premi Asuransi, Transfer Antar Bank, Pembayaran Uang Sekolah, ZIS (Zakat, Infak & Sedekah), Registrasi Mobile Banking, TIN, Internet Banking dan Phone Banking.

Gerai Muamalat



Gerai Muamalat atau lebih dikenal dengan sebutan PPOB (Payment Point Online Bank) adalah layanan atau fasilitas sistem pembayaran yang dilakukan secara tunai oleh masyarakat kepada loket atau Payment Point (PP) yang bekerjasama dengan Bank Muamalat. 

Kemudahan yang ditawarkan oleh Bank Muamalat Indonesia membuat aktivitas transaksi kita lebih cepat, jelas dan terarah. Pengelolaan keuangan secara syariah juga menjadi nilai tambah yang tidak dimiliki oleh perbankan lainnya. 

Lalu, Apa Lagi Alasan Kita Untuk Tidak Hijrah Sekarang Juga?

"HIJRAH itu Mudah, yang sulit adalah ISTIQAMAH. Dibalik Istiqamah, Ada Perjuangan yang Kuat, Pengorbanan Yang Banyak dan Doa Yang Tiada Pernah Terhenti"

"Dosa Itu Berat, Kau Tidak Akan Kuat. #AyoHijrah aja ke Bank Muamalat"


Facebook : BankMuamalatIndonesia
Instagram : Bank.Muamalat
Twitter : BankMuamalat
Youtube : Bank Muamalat
Websites : www.bankmuamalat.co.id


143 comments on "Nyaman Jadi Tujuan, Syariah Jadi Pilihan #AyoHijrah Bersama Bank Muamalat Indonesia "
  1. Aku juga mulai hijrah pas SMA mb kelas 1 ikutan Rohis yang pada akhirnya pake jilbab dan istiqomah sampe sekarang padahal dulu sempet dibilangin kalau aku berjilbab ikut2an aja duh sebel :p

    Sudah sejak lama aku tahu muamalat tapi belum juga nih buka tabungan hahaha

    ReplyDelete
  2. Bagus sekali campaign hijrah keuangannya dan tentang yang riba transaksinya itu. Ya meski aku masih ada rekening konven karena payroll gaji di sana alhamdulillah skrg difasilitasi boleh pindah ke bank syariah jg. Lebih enteng ya Mba kalau bebas riba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah banget mbk klo penggajian sudah ke Bank Mualamat

      Delete
  3. Suka dengan tulisannya, Hijrah itu tidak mahal tapi sulit sekali buat melakukannya, berniat hijrah pun dan mencoba melakukan banyak hal lebih baik, tapi susah buat konsisten dan menahan godaan. Mudah-mudahan di bulan Ramadhan yang penuh barokah ini, niat Hijrah semakin dikuatkan...Insha Allah.

    ReplyDelete
  4. Tenang dan meneduhkan banget kalau kita sudah mengaplikasikan nilai2 syariah dalam kehidupan.
    Artikelnya sangat mencerahkan mba. Thanks much
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  5. Bismillah mari hijrah bersama mbak. Hijrah itu ga mahal emang tapi ya gitu, sulit melakukannya.

    ReplyDelete
  6. Semoga saya bisa hijrah ke yang lebih baik. Kadang saya suka berpikir yang macem-macem akan sesuatu. :(

    Setuju banget. Uang memang tidak riba, melainkan transaksinya yang menjadikan uang itu riba.


    Dengan hadirnya Bank Muamalat membantu kita yang ingin berhijrah dan menghindari riba semakin mudah.

    ReplyDelete
  7. Aku pun pernah kerja di bank konvensional mbaa, terus mutusin resign. Tapi pak suami masi kerja di bank konven, mdh2an bisa pindah nanti :).
    Klo hijrah hrs dicari ya mbaa, hidayahnya. Jelas banget ulasannya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bertahap aja mbk, nanti Insya Allah klo azzam udah kuat semua terasa lebih mudah

      Delete
  8. Bank muamalat ini bank pertama syariah dan sahabat kita umat muslim ya

    ReplyDelete
  9. Muamalat ada tabungan anak juga nggak mbak? Saya kebetulan lagi cari nih

    ReplyDelete
  10. Hijrah emg gak mudah.. aku dgn gaya hidupku yg ngasal, biasa dulu sering jalan kemana2 sama tmn2.. skrg mulai dikurangin..tapi.. kdg2 kambuh jg..hehe
    Aku masih pake bank konvensional,, nanti inshaAllah aku coba deh hijrah ke bank Muamalat..��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat ya mbk Nia, Insya Allah lebih berkah

      Delete
  11. Wah keren ya programnya bank muamalat.. semoga sukses selalu..

    ReplyDelete
  12. Salam ukhwh. 1st time datang sini, done Follow ur blog. Jemput singgah ke blog Sis Hawa Dot Com milik saya juga. Terima kasih

    ReplyDelete
  13. Semoga anak-anak bunda mendapat hidayahNYA dan juga berhijrah menjadi lebih baik lagi kedepannya , kedepan Bank seperti Muamalat ini semoga makin banyak dan benar-benar syariah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga hidup kita jadi lebih berkah

      Delete
  14. banyak programnya bank muamalat,, baru tau infonya...
    makasih

    ReplyDelete
  15. Bagus sekali info nya mba, jujur perlu banget info2 seputar bank syariah ini di masyarakat. Perlu giat edukasi dan sosialisasi ke masyarakat agar Campaign hijrah di bank syariah makin diikuti oleh masyarakat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk, edukasinya dari bank muamalat keren banget

      Delete
  16. Saya juga ingin bisa hijrah secara kaffah mba. Meskipun ada saja godaannya. Semoga bisa terus istiqomah menjadi lebih baik. Termasuk hijrah ke bank syariah.

    ReplyDelete
  17. Penting banget mbak hijrah ke yg lebih baik ya. Semoga kita semua tetap istiqomah dalam hijrah menuju lebih baik ke depannya

    ReplyDelete
  18. Wah hijrah dalam bentuk ekonomi ini, semoga kita selalu diberi keteguhan dalam hijrah disemua lini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga kita selalu jadi lebih baik

      Delete
  19. Saya suka banget dengan Konsep #AyoHijrah dari bank Muamalat mbk, kata-katanya persuasif banget.

    ReplyDelete
  20. Kita memang harus lebih perhatian dengan managemen keuangan, apalagi yang digunakan untuk keperluan rumah tangga. Kalo di kelolah secara syariah, Insya Allah jadi lebih berkah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, kalo bukan kita yang pinter-pinter mengelolah keuangan secara syariah, siapa lgi

      Delete
  21. Dulu saya pernah jadi nasabah Bank Muamalat mbak, tapi akhirnya saya tutup rekeningnya karena waktu itu kami pindah-pindah kota terus dan Bank Muamalat cabangnya cuma sedikit. Jadi agak susah kalau mau transaksi karena harus datang ke kantor cabang. Jaman itu belum ada internet banking. Sekarang layanannya makin lengkap ya. Jadi kepikiran, apa itu rekening dibuka lagi aja ya. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbk arry buka lagi tabungannya di Bank Muamalat

      Delete
  22. wah bagus sekali konsep bank syariah dari bank muamalat. trima kasih infony

    ReplyDelete
  23. Hijrah secarah kaafah (srmpurna) itu memang tidak mahal, tapi sangat besar godaan nya ....bagi yang suah kaafah, lyar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk, saya salut yang sudah berani hijrah

      Delete
  24. Bank Muamalat sangat berkesan dihati saya. Karena bank ini adalah bank syariah pertama yang saya tahu, dan saya sangat tertarik dengan konsepnya. Mungkin ini karena dorongan hijrah dr teman2 saya juga. Selain penampilan, soal keuangan pun saya jd cari yg sesuai syariah. #ayohijrah

    ReplyDelete
  25. pengen nabung di bank syariah muamalat. semoga bisa segera mbak.. aamiin

    ReplyDelete
  26. pengen banget punya tabungan bank syariah muamalat. Yg pastinya kita terhindar dari riba..

    ReplyDelete
  27. Jlebbb jlebbb banget closingnya. Betul, istiqomah susah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting tetap semangat untuk jadi lebih baik mbk

      Delete
  28. MashaAllah~
    Tulisannya sungguh lengkap dan dilengkapi visual yang bagus.
    Aku jadi gak bosan bacanya...Sukaa banget.

    Hijrah memang berat, tapi hijrahlah selagi nyawa di kandung badan.
    Kalau terlambat, akan menyesal tiada tara.

    Tabarakallahu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk, terima kasih sudah bersedia membaca tulisan saya. hee

      Delete
  29. Bank Muamalat adalah bank syariah pertama di Indonesia. Sudah teruji dan terbukti keberadaannya. Semoga gerakan ayohijrah membawa kebaikan untuk rakyat Indonesia.

    ReplyDelete
  30. Iy mbk, semoga muamalat bisa membawa perekonomian islam secara syariah

    ReplyDelete
  31. Keren iy Bank Muamalat...InsyaAllah berkah jika menggunakan Bank Muamalat...

    ReplyDelete
  32. Nyaman dan damai rasanya jika menggunakan produk dari Bank Muamalat

    ReplyDelete
  33. Bank muamalat keren ya, slogannya tepat banget untuk mengajak masyarakat menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  34. Saya sekarang juga lagi proses berhijrah mbak, memang istiqamah itu yang paling berat ujiannya. hee

    ReplyDelete
  35. Bank muamalat memang bank pertama syariah di Indonesia, semoga terus berkambang ya mbk

    ReplyDelete
  36. Selama ini berarti saya belum hijrah sepenuhnya. Saya masih transaksi iewat bank konvensional. InsyaAllah, pengen bener-bener hijrah sepenuhnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga mash proses untuk menjadi lebih baik mbk. Kota saling mendoakan aja

      Delete
  37. Konsisten dalam berhijrah itu yang sulit, seperti hijrah dalam penampilan. Bank muamalat ternyata banyak programnya yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy mbk, harus selalu semangat dalam kebaikan

      Delete
  38. Lengkap banget mba ulasannya, aku jadi tahu banyak program dari bank Muamalat ini. Semoga dimudahkan hijrahnya, doakan aku menyusul pindah ke Muamalat yaa hehe

    ReplyDelete
  39. Detail banget mbak informasinya.
    Membantu banget buat tahu tentang Bank Muamalat ini
    aku belum gunain, cuman ada aplikasinya di ponsel aku buat bank-nya mamas hehee
    Good Luck yah mbak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy mbk, maskh sudah mau baca tulisan saya. Hee

      Delete
  40. Di kota saya Bank Muamalatnya belum banyak, jauh juga dari tempat tinggal padahal pengen buka rekening di sana.

    ReplyDelete
  41. Dulu aku pernah nemenin temen untuk tesus tentang bnk muamalat jd td tahu sedikit nih ttg bank muamalat good luck y mba lngkap bngt

    ReplyDelete
  42. Huhuhu, aku jadi kepengen hijrah total juga. Terutama soal tabungan. Biar tenang ya.

    ReplyDelete
  43. Banyak juga fasilitas yang ditawarkan.. ada pelayanan fasilitas prioritas juga mba? Perbankan syariah makin banyak ya

    ReplyDelete
  44. hijrah itu proses panjang, terus-menerus, menuju kebaikan sesuai syariat Islam. Aku pun masih belajar dan terus berproses.

    ReplyDelete
  45. Kantor tempat saya bekerja juga bekerja sama dengan Bank Muamalat Indonesia mbk, keuangannya dikelolah oleh Bank Muamalat. Karena lebih terpercaya.

    ReplyDelete
  46. Itu tuh, hijrah itu keseluruhan, setuju
    kadang lupa da beberapa hal yang belum ikutan hijrah
    seperti misalnya dalam hal menabung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menabung itu memang agak sulit ya mk zefy. hee

      Delete
  47. Benar, istiqomah dlm berhijrah ini yg sulit. Banyak kali godaan. Apalagi mau hijrah dari makan tengah malam, pqyah x pon. Btw, semoga menang ya mir..

    ReplyDelete
  48. Aku udah lama nabung di Muamalat, buka tabungan haji juga di Muamalat. Cuma udah lama ga diisi krn selalu habis buat kebutuhan >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga rezekinya tambah lancar mbk biar bisa isi tabungannya lagi

      Delete
  49. Hijrah secara kaffah sampai kepada pengelolaan keuangan, beruntung ada Bank Muamalat di Indonesia ya mb. Kumplit artikelnya euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk, pengelolaan keuangan yang baik harus mulai di terapkan

      Delete
  50. alhamdulillah aku dah lama jadi nasabah mualamat dan puas dg pelayanannya.
    artikelnya lengkap banget, suka bacanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo sudah jadi nasabah. Mkasih mbk Inna

      Delete
  51. Aku lupa kapan mulai hijrah tapi memang kalau hijrah harus mrnyeluruh ya sampai ke perihal keuangan juga. Karena perkara bunga ini gak main-main

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk, dosa dari bungan bank itu tak seindah bunga mawar, hhiih

      Delete
  52. Alhamdulillah soal hijrah dibidanv keuangan juga harus jadi gaya hidup, saya juga mulai menggunakan bank syariah, termasuk memilih produk2 syariah keuangan untuk investasi dan tabungan agar lebih berkah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beralih ke syariah memang lebih menennagkan mbk

      Delete
  53. Tersentil nih, tabunganku masih konvensional. Harus segera berhijrah ke bank syariah nih.. Kebetulan bank muamalat tidak jauh dari rumah... Tfs mb..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk, yuk kita nabung di bank muamalat aja. hee

      Delete
  54. hijrah itu sebenernya sederhana tapi diiringi niat yg kuat dari hati.
    suka sama tulisannya. good luck ya mba :)

    ReplyDelete
  55. Dah tahu hijrah lebih berkah, tetapi masih banyak tapi-tapi nya, duh dasar imanku saja yang masih kurang. btw makasih artikelnya jadi menguatkan kembali keinginan untuk hijarah dari konvensional ke syariah Muammalat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat pak sunardi, semoga kita bisa hijrah lebih cepat ya pak

      Delete
  56. Semoga kita bisa istiqomah dalam berhijrah. Bismillah.. Semoga dimudahkan juga saya untuk berhijrah.

    ReplyDelete
  57. Sekarang banyak juga bank konvensional yang punya cabang bank syariah. Saya masih ragu karena sama aja kan modal awal bank syariah itu dari bank konvensional?

    Beda ya dengan Muamalat yang udah jadi bank syariah pertama di negeri ini. Tapi saya juga masih menggunakan bank konvensional, karena kerjaan suami banyak yang minta bank tertentu. Harusnya berani menolak ya dan memilih bank syariah. Bener sih harus yakin dulu kalo mau hijrah, karena prosesnya butuh biaya mahal

    ReplyDelete
  58. Hijrah itu gampang ya mbak, yang susah istiqomahnya. Aku pun merasakan banyak banget godaannya setelah berhijab. Kalau Bank Muamalat aku udah tau lama, jadi ingin buka tabungan juga hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, saya juga masih sulit istiqamah mbk. tp tetap berusaha aja

      Delete
  59. Muamalat yang bank syariah pertama di Indonesia, jadi beda dengan bank syariah lainnya yang kemunculannya sebagai bentukan dari bank konvensional. Inovasi dan layanan serta produk perbankan Bank Muamalat juga tak kalah maju dan kerennya dengan bank-bank konvesional, gebrakan yang luar biasa, semoga semakin banyak yg hijrah nabung ke Muamalat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk,. yng saya suka dari mualamat adalah bank pertama murni syariah

      Delete
  60. Wow panjangnya postingan dan komen2 ini XD
    Semoga sukses lombanya mba.

    ReplyDelete
  61. Kalau udah nabung di bank syariah jadi ngerasa lebih tenang ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalo ibadahnya benar pasti pikirannya juga ikutan benar. hee

      Delete
  62. I really appreciate the fact that the bank has a lot of facilities to offer for us to customers. And it’s halal, so it gives you certain comfort and certainty. I also noticed that everything is purple here

    ReplyDelete
  63. Saya setuju bahwa untuk hidup tentram itu bukan cuma hijrah secara penampilan saja, tapi semuanya luar dalam termasuk soal keuangan. Semoga Bank Muamalat sukses selalu dan gerakan #AyoHijrah bisa diikuti masyarakat.

    ReplyDelete
  64. Aku pake bank Muamalat juga mbak. Udah lama pakenya. Sekarang aku juga udah ga pake bank konvensional lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sudah muali banyak yang hijrah ke Bank Syariah

      Delete
  65. Sebagai seoranh muslim, hijrah untuk keuangan itu penting sekali kalau menurutku. Apalagi Bank Muamalat memang bagus sekali.

    ReplyDelete
  66. Aku sudah hijrah juga ke Muamalat nih. Buat tabungan umrah dan haji. Jadi bikin hati tenang.

    ReplyDelete
  67. Dg hijrah, insyallah Allah akan menuntun kita ke jln yg lbih baik y mbak ..

    ReplyDelete
  68. Istiqamah memang berat banyak sekali godaan untuk tetap teguh,mau juga hijrah ke muamalah biar totalitas dalam berhijrah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk, beruntunglah buat orang-orang yang sudha istiqamah

      Delete
  69. Jadi introspeksi diri banget nih, ternyata selama ini belum sepenuhnya mengaplikasikan hijrah yang sesuangguhnya. Dosa itu berat dan kita nggak akan kuat menanggungnya, huhu bener banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hee, iya mbk. dosa paling ringan aja kita nggak akan kuat. Apalgi dosanya riba.

      Delete
  70. Wah lengkap banget pembahasannya say, terima kasih ya, bermanfaat banget. Jadi pengen aktifkan lagi tabunganku di Muamalat..

    ReplyDelete
  71. Infonya sangat lengkap, tapi Bank Muamalat di kota kami harus gulung tikar.

    Soal Rohis sama mbak SMA ikut rohis, Alhamdulillah.

    ReplyDelete
  72. Kadang orang-orang bilang gini kalau ditanya kapan hijrah, "nanti aja nunggu hidayah" duh padahal hidayah turun itu justru karena perbuatan orang tersebut yang mungkin ada satu dua sebab kebaikannya yang membuat Allah SWT menurunkan hidayah. Maka jangan berhenti berbuat baik karena dengannya proses hijrah akan lebih mudah.

    ReplyDelete
  73. Dulu pernah jadi nasabah Bank Muamalat. Tapi seiringnya waktu sekarang tidak lagi. Sekarang Banknya tidak ada ditempat saya

    ReplyDelete
  74. Hmm, Muamalat memang alternatif yg menenangkan di dunia perbankan. Daripada was2 dg tab bank konvensional, lebih baik hijrah langsung ke Muamalat ya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Auto Post Signature