Top Social

Tips Mencegah Kerugian Saat Berbisnis

Sunday, April 21, 2019

Setiap pebisnis atau investor tentu ingin mendulang keuntungan dari kegiatan investasi yang dijalankannya. Namun investasi tidak melulu seputar keuntungan karena ada pula risiko yang dapat mengganggu jalannya investasi. Risiko tersebut bahkan bisa membuat uang yang telah Anda investasikan berkurang dan menghasilkan kerugian.

Meskipun investasi tidak selalu menghasilkan keuntungan, namun bukan berarti Anda tidak bisa mencegah kerugian saat berinvestasi atau berbisnis. Anda tetap bisa menjalani investasi dengan tenang tanpa perlu khawatir dengan potensi risiko yang mungkin hadir. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda perhatikan untuk mencegah kerugian saat menjalani investasi atau berbisnis.

Tidak mudah tergiur dengan tawaran investasi baru

Setiap investor tentu ingin mendapatkan keuntungan yang besar saat berinvestasi. Motif tersebut seringkali membuat banyak orang tergoda atau tergiur dengan tawaran investasi yang baru diterimanya. Sebab, seringkali tawaran investasi baru ditawarkan dengan menonjolkan potensi imbal hasil yang bisa diberikan. Bahkan, banyak skema investasi yang menawarkan return dengan persentase yang diluar akal sehat. Agar Anda tidak merugi, maka janganlah mudah tergiur dengan tawaran investasi baru yang datang kepada Anda karena semakin besar potensi imbal hasil yang ditawarkan semakin besar pula risiko yang mungkin hadir.

Memperhatikan waktu investasi

Selain memperhatikan peluang investasi yang ditawarkan kepada Anda, Anda juga perlu memperhatikan waktu dalam berinvestasi. Ketika kondisi perekonomian sedang kurang baik, maka sebaiknya tahan terlebih dahulu hasrat untuk melakukan investasi. Karena, pada masa tersebut kondisi bisnis dan investasi sedang tidak baik pula dan berpotensi mendatangkan kerugian. Oleh karena itu, bijaklah dalam menentukan waktu investasi agar bisa menghasilkan keuntungan dari investasi yang Anda jalani serta terbebas dari risiko yang mungkin hadir.

Melakukan diversifikasi aset

Agar dapat meminimalisir risiko saat berinvestasi, Anda perlu melakukan diversifikasi aset. Diversifikasi aset sangat penting agar Anda bisa membagi investasi berdasarkan profil risikonya masing-masing. Hal ini sangat berguna untuk mengoptimalkan keuntungan sekaligus meminimalisir kerugian secara lebih besar. Oleh karena itu, bagi investasi Anda kedalam beberapa aset agar dapat meminimalisir kerugian dan menghasilkan keuntungan.

Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Auto Post Signature