Top Social

Tips Mempersiapkan Pernikahan

Thursday, November 1, 2018

Setiap orang membutuhkan pernikahan termasuk anda, dengan kata lain merencanakan untuk menikah dan hidup bersama adalah sangat penting, menikah merupakan langkah besar untuk setiap orang. Makanya, anda perlu mempersiapkan dengan cukup matang untuk kebutuhan hidup anda dan pasangan anda. Salah satu yang perlu dipersiapkan adalah keuangan.

Yang tadinya anda hanya mengurus keuangan anda senditi, setelah menikah anda harus mengatur dan membaginya untuk 2 orang. Hal ini tentu perlu cara mengatur yang berbeda dari sebelumnya. Tapi hal tersebut tidak masalah, itu karena di artikel kali ini akan mengulas mengenai tips jitu merencanakan pernikahan. Simak baik-baik.

Anda bisa memisahkan alokasi dan hasil tabungan gaji bulanan anda

Penghasilan bulanan anda bisa anda alokasikan sebagianya untuk membayar DP rumah atau gedung apartemen untuk masa depan anda dan pasangan anda, dan gaji pasangan anda bisa anda gunakan untuk souvenir serta beradam undangan pernikahan. Ataupun bisa sebalikna, yang terpenting gaji yang digunakan adalah gaji kalian berdua di gunakan untuk kedua hal ini. Ini berarti bukan bermaksud untuk membedakan mana untung dan rugi atau siapa saja yang lebih sukses, hal ini disarankan agar bisa mengetahui rincian pemasukan serta pengeluaran yang kalian alami sendiri.

Sebagai Illustrasi

Misalnya anda menghitung berapa yang bisa dihasilkan jika anda menyisihkan pendapatan anda seitar Rp.500.000,- setiap bulannya

Misalnya saja untuk setahun Rp 500.000 x 12 = Rp 6.000.000 (untuk DP rumah)

Milik pasangan anda Rp 400.000 x 12 = Rp 4.800.000 (bisa digunakan untuk membayar undangan ataupun souvenir)

Komitmen untuk menyisihkan uang perbulan

Selain pengeluaran setiap kegiatan yang anda lakukan saja yang perlu dibatasi, tapi ada hal lain juga, anda bisa menabung juga untuk mempersiapkan sekecil mungkin biaya yang dikeluarkan saat pernikahan, misalnya saja anda bisa menabung setidaknya Rp 50ribu setiap minggunya kedalam sebuah celengan kalian berdua, Nominal tidak harus terlalu besar yang terpenting adalah konstan dan secara terus menerus.

Simulasinya seperti dibawah ini :

Didalam sebualn, Rp 50.000 x 4 = Rp 200.000

Rp 200.000 x 2 orang = Rp 400.000 

Nah jika didalam setahun Rp 400.000 x 12 = Rp 4.800.000

Coba anda perhatikan dengan uang seperti itu anda bisa mempersiapkan baju pernikahan, jumlah tersebut lebih dari cukup kan  ?

Mencicil dalam jangka waktu perbulan

Untuk mempersiapkan hari besar anda dan juga pasangan anda, tentu saja menghemat dan menabung tidak cukup, tapi anda bisa juga mulai mencicil setiap keperluan atau misalnya barang yang akan digunakan ketika pernikahan nanti. Dengan begitu akan tidak terasa berat, anda bisa mencicil nya satu persatu, bukannya membeli secara sekalius.
Misalnya saja anda bisa mencicilnya satu bulan membeli baju pernikahan dan bulan berikutnya membeli sepatu dan perhiasan dan seterusnya.

Mulai mempersiapkan perabotan rumah

Untuk perabotan rumah anda dan juga pasangan anda di kemudian harinya, anda dan pasangan pasti akan sedikit dibuat pusing memikirkan furniture serta dekorasi untuk melengkapinya, saran saya tahun pertama anda dan pasangan anda menjadi suami dan istri untuk lebih rajin dateng ke pusat barang bekas atau vintage.

Perabotan bekas bukan berarti kualitasnya selalu jelek, Jika anda melihatnya secara jeli atau teliti anda bisa menemukan beragam barang bagus dengan harga yang tentunya jauh dibawah harga pasaran. Anda harus teliti dalam memilih barang.


1 comment on "Tips Mempersiapkan Pernikahan"

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Auto Post Signature