Top Social

6 Skill Ini Wajib Dimiliki Oleh Para HRM Indonesia

Sunday, September 2, 2018

Menjadi seorang HRM Indonesia tentu bukanlah hal yang mudah. HRM bisa dibilang merupakan bagian penting dalam suatu perusahaan. Meski sering disebut-sebut tugasnya kurang berguna karena adanya HRD, namun HRM tetaplah bagian yang tak bisa dihilangkan dari perusahaan. HRM merupakan Human Resource Management yang dimana ia merupakan divisi yang ada di HRD atau Human Resouce Development. HRD dan HRM memiliki tugas yang serupa tapi tak sama. HRD lebih focus pada penyaringan sumber daya manusia yang hendak masuk ke suatu perusahaan dan pengambilan keputusan, sedangkan HRM lebih terfokus pada pengembangan hardskill dan softskill dari para sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan. HRM Indonesia memiliki peranan yang tak kalah penting dengan bagian lain di perusahaan. Nah, lalu apa saja skill khusus yang harus dimiliki oleh seorang HRM agar menjadi HRM yang baik dan maksimal? Berikut ini adalah ulasan mengenai skill apa yang harus dimiliki oleh HRM masa kini.

1. Kemampuan Untuk Mengatur

Tentunya bukan asal atur tanpa adanya tujuan yang jelas dan merugikan. Seorang HRM harus mampu mengatur orang lain. Skill tersebut biasa dikenal dengan People management. Selain mengatur orang lain, kekreatifan dari para HRM juga akan diuji dengan membantu mengatur CV untuk lebih kreatif lagi. HRM Indonesia juga diharapkan memiliki sisi leadership yang baik dan mampu mengarahkan orang lain dengan tepat sasaran. 

2. Negosiasi

Seorang HRM harus mampu menegosiasi masalah yang dihadapi. Kamampuan untuk menawar dan menegosiasi akan sangat bermanfaat bagi HRM karena ketika mereka terjun langsung dilapangan, HRM akan menemui banyak sekali macam-macam karakter orang yang berbeda-beda. Dengan adanya kemampuan negosiasi, masalah yang dating tentu tidak akan sulit untuk diselesaikan. 


3. Manajemen perubahan
Seorang HRM yang baik harus peka terhadap perubahan. Dan sikap adaptif harus tetap ada dalam diri seorang HRM. Menjadi divisi Human Resource Managament akan terus menemukan perubahan-perubahan dalam pekerjaan yang terkadang tak terduga seperti karyawan baru, latar belakang orang-orang baru, tempat kerja baru, hingga system perusahaan yang baru. Semua pembaharuan harus bisa diolah oleh HRM sebaik mungkin agar sumber daya manusia dalam perusahaan bisa bekerja maksimal. 

4. Etika yang baik

HRM tentunya harus memiliki etika yang baik. Seorang HRM merupakan sosok pemimpin bagi karyawan lainya karena mereka yang harus mengatur dan memaksimalkan potensi dari tiap individu pada suatu perusahaan. HRM dengan etika yang baik tentu dibutuhkan sebagai pemimpin bagi para karyawan dan sumber daya manusia pada perusahaan. 

Nah, itulah beberapa skill yang harus dimiliki oleh HRM Indonesia. Untuk masalah administrasi, Software HRIS LinovHR berbasis cloud mampu menyelesaikanya. Software HRIS yang satu ini sangat membantu pekerjaan HRD terutama dalam urusan administrasi. Semoga bermanfaat!

22 comments on "6 Skill Ini Wajib Dimiliki Oleh Para HRM Indonesia"
  1. Oh begitu yaa harusnya HRM itu.... profesional juga yaa

    ReplyDelete
  2. Waaahhh, makasih mbak Mira infobya, jadi tau lebih banyak, ini penting ni harus dimiliki sebelum terjun ke dunia kerja hehehe

    ReplyDelete
  3. Waa selama ini kukira yang ngatur pegawai cuma bos. Ternyata ada juga yang namanya HRD sama HRM ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, klo di Instansi yang suah profesional itu ada HRD nya

      Delete
  4. Wah kalau saya ga cocok jadi HRM kayaknya, ga bisa negosiasi XD di pasar aja kalau harganya kemahalan paling juga di-iyain aja

    ReplyDelete
  5. nomer 4 tuh kayaknya yang paling penting, etika yang baik :)

    ReplyDelete
  6. Baru ngeh ada yg nama nya HrM. Soal etika memang harus ada ni di semua org

    ReplyDelete
  7. Baru tau ada yang namanya HRM dam HRD mbak..

    ReplyDelete
  8. Aku taunya HRD mba. Eh taunya ada juga HRM ya. Makasih infonya mbaa :)

    ReplyDelete
  9. Posisi penting nih HRM. Banyak tugas dan tantangan ya. Thanks infonya.

    ReplyDelete
  10. wah...emg byk ya skrg itu skill2 itu harus kita penuhi dan miliki kalo mau masuk lingkungan kerja apalagi jadi HRM, informatif Mir! :)

    ReplyDelete
  11. Wah ini biasanya di perusahaan gitu ya adanya

    ReplyDelete
  12. perlu bnaget ilmu nego terutama buat ngedeal kan kerjasama, kalo ga bisa ga lolos itu project

    ReplyDelete
  13. semua ilmu itu bisa dipelajari yah, apalagi sekarang ada sofware pendukungnya, jadi belanjarnya juga bisa lebih cepat

    ReplyDelete
  14. Emak cantik juga mau belajar ah pake sofware ini supaya bisa jadi HRM andalan dan profesional, hihihi

    ReplyDelete
  15. Akuu aku.. baru denger ada istilah HRM doh, kyknya pekerjaannya lbh susah dr HRD ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Auto Post Signature