Top Social

Adab Seorang Murid Kepada Guru

Friday, August 24, 2018
http://fajar-kurnianto.blogspot.com
Menurut DR. Umar As-Sufyani mengatakan, "Jika seorang murid berakhlak buruk kepada gurunya maka akan menimbulkan dampak yang buruk pula, hilanglah berkah dari ilmu yang didapat, tidak dapat mengamalkan ilmunya, atau tidak dapat menyebarkan ilmunya. itu semua contoh dari dampak buruk". Maka seperti apa adab baik kepada seorang guru?

Menghormati Guru

Suri telan untuk manusia setelahnya telah memberikan contoh dalam penghormatan terhadap seorang guru. Sahaba Abu Sa'id Al-Khudri berkata: "saat kami sedang duduk-duduk di masjid maka keluarlah rasulullah SAW kemudian duduk dihadapan kami. Maka seakan-akan diatas kepala kami terdapat burung. Tak sapupun diantara kami yang berbicara" (HR Bukhari)

Berkata Abdurrahman bin Harmalah Al-Aslaim, "Tidaklah seornag berani bertanya kepada Said bin Musayyib, sampai dia meminta izin, layaknya meminta izin kepada seorang raja".

Sungguh mulia akhlak mereka para suri tauladan kaum muslimin, tidaklah heran mengapa mereka menjadi ulama besar di umat ini. sungguh keberkahan lmu mereka buah dari akhlak mulia terhadap para guru.

ADAB-ADAB TERHADAP GURU

Adab Duduk

Syaikh Bak Abu Zaid di dalam kitabnya mengatakan, "Pakailah adab yang terbaik pada saat kau duduk dengan syaikhmu, pakailah cara yang terbaik dalam bertanya dan menjdengarkannya".

Syaikh Ibnu Al Ustaimin mengomentari perkatan ini, "Duduklah dengan duduk yang bradab, tidak membentang kaki,juga tidak bersandar, apalagi saat beradala dalam majelis."

Adab Bicara

Berbicara dengan seorang yang telah mengajarkan kebaikanharuslah lebih baik dibandingkan jika berbiacara dengan orang lain. Imam Abu Hanifah pun jika berada depan Imam Malik ia layaknya seorang anak di hadapan Ayahnya.

Adab Bertanya

Di dalam Al-quran terdapat kisah adab yang baik seorang murid terhadapa gurunya, Kisah Nabi Musa dan Khidir. Pada saat Nabi Musa as meminta khidir untuk mengajarkannya ilmu, "Khidir menjawab, Sungguh, engkau (Musa) tidak akan sanggup sabar bersamaku" (QS. Al Kahfi:70).

Nabi Musa dengan segenap ketinggian maqomnya di hadapan Allah, tidak diizinkan untuk menghambil ilmu dari Khidir, sampai akhirnya percakapan berlangsung dan membuahkan hasil dengan sebuah syarat dari Khaidir. :Khidir berkata, jika engkau mengikuti maka janganlah engkau menayakanku tentang suatu apapun, sampai aku menerangkannya" (QS. Al-Kahfi:70)

Jangan bertanya sampai diizinkan, itulah syarat Khidir kepada Musa. Maka jika seorang guru tidak mengizinkannya untuk  bertanya maka jangalah  bertanya, tunggulah sampai ia mengizinkan bertanya. Kemudian, doakan gurusetelah bertanya seperti ucapan Barakallah fiik, atau Jazakallahu khoiron dan lainnya.

Adab dalam mendengarkan pelajaran

Bagaimana rasanya jika kita berbicara dengan seseorang tapi tidak di dengarkan? sungguh jengkel dibuatnya hati ini. Maka bagaimana perasaan seorang guru melihat murid sekaligus lawan bicaranya itu tidak mendengarkan? sungguh merugilah para murid yang membuat hati gurunya jengkel. 

Agama yang mulia ini tak pernah mengajarkan demikian. Sudah kita ketahui kisah Nabi Musa yang berjanji tak mengatakan apa-apa selama belum di izinkan. Juga para sahabat Rasulullah yang diam pada saat Rasulullah berada di tengah mereka. 


Sumber: Penulis: Muhammad Halid Syar'i (Mahasiswa Univ islam Madinah,KSA)

10 comments on "Adab Seorang Murid Kepada Guru"
  1. Masya Allah...islam mengatur kehidupan manusia agar menjadi lebih baik. Semoga bisa kita terapkan

    ReplyDelete
  2. Aduh, ingat anak2 yg kadang lupa adab ini. Semoga semuanya segera menerapkan adab ini ya Mir

    ReplyDelete
  3. Dengan adab yang benar keguru maka murid, insyallah akan mendapat ilmu yang berkah dari gurunya...

    ReplyDelete
  4. Semoga adek-adek pelajar paham betul sekaligus mempraktikkan adab seorang murid kepada guru ini yes mba :)

    ReplyDelete
  5. Begitu mulia para guru. Semoga kita bisa lebih beradab dengab guru kita

    ReplyDelete
  6. Kita mesti haga adab ya mbak . Biar ilmu yg di dapat jga berkah .

    ReplyDelete
  7. Engkau patriot pahlawan bangsa, tanpa tanda jasa... Jadi kangen guru-guru waktu masa sekolah mmmm

    ReplyDelete
  8. Semoga kita bisa menerapkan adab-adab kepada guru dalam kehidupan sehari-hari....

    ReplyDelete
  9. Sekarang saya lagi berpikir-pikir.. apakah karena pas dosen ngajar saya sering ngantuk makanya sekarang saya susah nemuin dosen.. hehe

    ReplyDelete
  10. Peraturan seperti ini memang baikknya selalu diingatkan kepada anaka-anak. Sekarang dengan alasan praktis, adab kepada guru sudah banyak yang diabaiakan.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Auto Post Signature