Top Social

Kerennya Festival Bumi Rafflesia Bengkulu

Tuesday, July 31, 2018

Hallo, Assalamu’alaikum. Wr. Wb

Gimana kabarnya? semoga hari ini lebih baik dari hari kemari ya?
Kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Unik dan Indahnya tanah kelahiranku, Kota Bengkulu.

Dah pada tahu dimana letak kota Bengkulu? Ituloh, Kota yang ada Bunga paling besar di Dunia yaitu bunga Rafflesia yang saat ini menjadi salah satu icon kota Bengkulu. So, pada kesempatan ini saya akan menceritakan mengenai meriahnya “FESTIVAL BUMI RAFLLESIA 2018” ini.


Eksis dikit bareng salah satu Anggota Dewan Provinsi Bengkulu, Ibu Sefty Yuslinah
Festifal bumi Rafflesia merupakan salah satu agenda tahunan Pemerintah Provinsi Bengkulu bekerja sama dengan Dinas Pariwisata bengkulu yang telah masuk dalam kalender nasional. FBR ini digelar untuk mendukung lima program prioritas yang telah di canang gubernur yakni Visit  Wonderful Bengkulu 2020. 

Kegiatan FBR ini berlangsung selama lima hari, dari tanggal 19 -23 Juli 2018 di Sport Center Pantai Panjang Bengkulu
sebagai ajang promosi produk unggulan, terutama potensi pariwisata daerah.
 

5 POINT INI MEMBUAT FESTIVAL BUMI RAFFLESIA MENARIK WISATAWAN UNTUK BERKUNJUNG

1. Festival Kopi


https://www.instagram.com/kopigadingcempaka
Kopi merupakan salah satu minuman sederhana yang sudah mendunia, mulai dari cara pengolahan sederhana dengan harga terjangkau sampai dengan pengolahan professional dengan harga tinggi. Semua jenis dan tingkatan kopi ini memiliki peminat tersendiri. 


Bengkulu merupakan salah satu Provinsi penghasil kopi. Kualitas kopi Bengkulu mampu bersaing dengan kopi-kopi nasional lainnya. Ditambah lagi mulai banyak pecinta kopi yang mulai melek teknologi dan marketing. Sehingga pada kesempatan FBR kali ini sudah mulai banyak bermunculan petani kopi dan pecinta kopi sudah mulai percaya diri untuk memasarkan produk kopi yang sudah dikemas secara bagus. Oleh sebab itu produk kopi sudah menjadi sajian unggulan dalam Event Festival Bumi Rafflesia 2018. 

2. Festival Kuliner


Ajang Festival Bumi Rafflesia ini bukan hanya  sebatas pergelaran bergengsi, namun juga berusaha untuk menonjolkan produk lokal Bengkulu berupa kuliner, seperti;

Pendap
https://ksmtour.com
Pendap, semacam Ikan pais namun berbumbu kelapa yang sudah di berikan rempah-rempah dan dilapisai daun talas atau pucuk ubi. Proses memasak pendap pun memakan waktu yang agak lama, baru kemudian menghasilkan  rasa yang khas. Masakan pendap juga sudah banyak diminati oleh orang-orang diluar Bengkulu.

Sirup Kalamansi




Sirup Kalamansi, Sirup ini berasal dari jeruk kecil-kecil yang terasa asam. Kemudian diolah dan dimasak sedemikian rupa, baru kemudian menghasilkan sirup jeruk yang segar. Sebagian orang juga menggunakan jeruk ini untuk program diet.


Lokan


http://rendangasese.com
Lokan, Biasanya dimasak oleh masyarakat dalam bentuk rendang Lokan, namun ada juga yang disambal atau kreasi masak lainnya.



https://www.pinterest.es
Aroma lokan yang khas akan menimbulkan sensasi rasa yang pas pula jika di kombinasi dengan bumbu rendang atau sambal. Rendang Lokan dimakan dengan nasi panas, yummi banget. Cobain aja, rasa bersaing dengan daging. hehe

3. Kompetisi Seni Lukis


https://www.radarbengkuluonline.com
https://deskgram.org
Pecinta dan penikmat seni  wajib datang ke Festival Bumi Rafflesia, selain kopi dan kuliner disini juga memfasilitasi para pelukis untuk menyalurkan bakatnya. Sehingga dibuatkan kompetisi melukis dengan tema  “Pesona Bumi Rafflesia".  Ada dua macam lomba, yaitu Lomba Lukis tingkat SD dan Lomba Lukis tingkat professional. Dari hasil lomba ini terdapat puluhan lukisan nan indah bertemakan Bengkulu. Hasil karya anak negeri ini membuat pengunjung terkagum-kagum,  karena lomba lukis professional sudah mengadopsi kompetisinya seperti nasional.  Semua penilaian lukisanpun sudah standar nasional dengan juri-juri nasional.

www.inokari.com

Semantara untuk Lomba lukis anak sekolah dasar juga memiliki banyak sekali peminat, kita bisa melihat langsung bibit unggul yang  bisa kita kembangkan dan latih untuk lebih baik lagi hingga menjadi pelukis profesional.

4. Kampung Besurek


https://livingindadream.com
Difasilitasinya area kampung besurek tak lain adalah untuk memperkenalkan kepada masyarakat lokal ataupun luar bagaimana cara membuat Batik Besurek secara benar. Pengunjung di beri kesempatan utuk mempraktekkan langsung  proses pembuatan batik. Dengan demikian, masyarakat  diharapkan semakin cinta dengan produk lokal yang  sudah go Internasional ini.

5. Pergelaran Seni Budaya dan Bengkulu Etnik Musik



https://www.bengkulutoday.com
Festival Bumi Rafflesia juga ikut mempromosikan seni buaya Bengkulu, mulai dari kerajinan, Penabuhan Doll, Tarian Bengkulu, Baju adat Bengkulu, Miniatur bunga Rafflesia. Semua ini dikemas secara tepat agar pengunjung merasa nyaman dan terhibur setelah berwisata di Bengkulu.

https://deskgram.org
Oke, itu dia 5 agenda yang ada di Festival Bumi Rafflesia. Sekarang kita intip manfaat lainnya di balik event ini yuk.

5 MANFAAT BERLANGSUNGNYA FESTIVAL BUMI RAFFLESIA

1. Meningkatkan Perekonomian

Dengan dibuatnya event FBFR ini mampu menimbulkan ide kreatif mayarakat untuk memberikan yang terbaik bagi wisatawan, mulai  kuliner di sepanjang pantai, transportasi wisata, pakaian dan lainnya. Sehingga perputaran uang dalam beberapa hari berlangsungnya FBR di prediksi lebih meningkat.

2. Mengenalkan Potensi Wisata di Bengkulu

Tak berhenti disitu, FBR juga menjadi ajang mengenalkan potensi wisata kepada berbagai pihak, baik itu pihak eksternal ataupun pihak asing.  Dengan demikian, diharapkan destinasi wisata di Bengkulu mampu membuat wisatawan betah dan kembali lagi ke Bengkulu untuk berwisata.

3. Mempersiapkan Diri Menuju Visit Wonderful Bengkulu 2020


Ajang FBR juga melatih kita untuk mempersiaplan agenda besar Visit Wonderful Bengkulu 2020 mendatang. Dengan dibuatnya agenda FBR ini, mampu malatih kita untuk lebih siap lagi dan bisa  mengevaluasi apa yang harus dipersiapkan untuk agenda pesar di Tahun 2020 nanti.  Minimal kita sudah terbiasa dengan event-event yang semacam ini.

4. Membiasakan Masyarakat Bengkulu Menjadi Pelaku Usaha Yang  Baik Dan Ramah

Event FBR juga membiasakan masyarakat untuk terbiasa berhadapan dengan orang ramai diluar Bengkulu, sehingga kita lebih mampu untuk bersikap baik dan ramah terhadap wisatawan.  Keramahan tuan rumah merupakan salah satu alasan untuk wisatawan  datang berwisata di daerah kita.

5. Mendongkrak Daya Saing Produk Wisata Bengkulu di Kancah Nasional

FBR juga berusaha untuk membuat masyarakat Bengkulu terus aktif dalam memperbaiki kualits produk yang dihasilkan sehingga layak dan pantas untuk dijual atau di pamerkan terhadap wisatawan. Dengan mulai digali potensi sumber daya manusia, akan menghasilkan sumber daya alam dan produksi olahan lokal yang lebih siap untuk dipasarkan.

HARAPAN ITU TERUS ADA


Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Nopian Andusti yang mewakili Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah meminta kepada semua pihak untuk saling bersinergi dalam mensukseskan acara festival ini, karena festival ini merupakan barometer Provinsi Bengkulu dalam menyongsong Wonderfull Bengkulu 2020 mendatang.

“Suatu anugerah bagi kita semua, banyak hal yang menjadi daya tarik wisatawan di Provinsi Bengkulu ini, mulai dari budaya yang unik yang ada di Kabupaten/Kota. Seperti yang kita ketahui, kita ada Benteng Mallbrough peninggalan Inggris, Makam Sentot Ali Basyah, serta wisata alam seperti pantai, danau, air terjun, serta bukit yang indah. Jadi mari kita bersama-sama baik instansi atau siapapun untuk bersinergi mensukseskan festival ini, karena ini juga barometer bagi kita untuk wonderfull 2020 nantinya,” ungkap Sekdaprov Bengkulu Novian Andusti, Kamis (19/7/2018).

Menurut Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Januar Jumalinsyah, di tahun 2018 ini Festival Bumi Rafflesia, berlangsung 19 hingga 23 Juli 2018, pengemasannya jauh berbeda pada tahun sebelumya, sehingga diharapkan bisa lebih mengenalkan produk Bumi Rafflesia dengan berbagai potensi yang dimiliki.

“Di tahun 2018 ini Festival Bumi Rafflesia lebih menitik beratkan kepada potensi budaya dan industri kreatif yang diharapkan menjadi kekuatan berbeda dan bisa meningkatkan daya saing destinasi wisata Bengkulu menuju Visit Wonderful Bengkulu 2020,” jelas Januar Jumalinsyah yang juga merupakan Ketua Panitia Pelaksana Festival Bumi Rafflesia 2018".

PARTISIPASI BLOGGER BENGKULU DALAM MENSUKSESKAN FESTIVAL BUMI RAFFLESIA

Foto teman-teman di Blogger Bengkulu pada saat Milad Blogger Bengkulu di area Festival Bumi Rafflesia 2018
Penghargaan untuk Papah Mamah Blogger pada acara Milad Bobe di area Festival Bumi Rafflesia
Setelah menjelajahi FBR, Selfi dulu sama ayang Beib


Saat ini blogger Bengkulu belum bisa memberikan dukungan dalam bentuk pendanaan, namun Blogger Bengkulu selalu siap untuk ikut andil dalam memberikan ide tanpa batas dan mempromosikan semua lini positif dari Provinsi Bengkulu. Jika kamu ingin berwisata ke Bengkulu, kami dari Blogger Bengkulu juga  selalu siap untuk mendampingi dan memberikan informasi yang wisatawan butuhkan. So, jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi Blogger Bengkulu ya. hihi


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Festival Bumi Rafflesia bersama Blogger Bengkulu dan Cari Bengkulu
48 comments on "Kerennya Festival Bumi Rafflesia Bengkulu"
  1. Seru banget ada lomba lukisnya juga😊 pengen deh liat Rafflesia Arnoldi di tanah aslinya😻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk seru banget, ditunggu kehadirannya di Bengkulu ya mbk

      Delete
  2. Seruuu acaranya, terutama kulinernya hahaha.
    Btw lokan itu kerang bakau bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mbk, biasanya hidup dimuara mbk.

      Delete
  3. Keren banget, semoga pankapan bisa ikut meriahin juga. Ihiyyy

    acipah.com

    ReplyDelete
  4. Seru ya kali ini menonjolkan kuliner bengkulu

    ReplyDelete
  5. Waaah, acaranya udah kelewat ya ...

    ReplyDelete
  6. wiiiiiwww... rangkaian acaranya keren-keren.. pasti seneng banget bisa kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk, event daerah kayak ini kalo aku suka banget

      Delete
  7. acara yang sangat mengedukasi sekali.. seandainya bisa datang ke sana.. pasti hepi banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayo, ditunggu di Festival di Bengkulu tahun depan ya

      Delete
  8. Semoga makin banyak festival-festival keren yg ada di Bengkulu ya mba. Biar Bengkulu juga makin dikenal sama pihak luar 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sebentar lagi akana ada festival Tabot. keren juga

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. senang jadi salah satu bagian dari keluarga besar Blogger Bengkulu :)

    ReplyDelete
  11. Wah, itu pete pengen dimakan mira

    ReplyDelete
  12. Asiknyaaa... kalau bisa datang tiap hari hehe supaya bisa liat semua acaranya

    ReplyDelete
  13. Datang ke event festival gini, efektif memperkenalkan daerah ya mb, 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk, agenda ini sebenrnya persiapn untk event visit wonderful Bengkulu 2020 mbk

      Delete
  14. Aku lgs tertarik ama kulinernya mbaa :p. Eh lokan itu sejenis sayur ato daging ya? Kalo yg rendang bentuknya mirip sedikit ama jengkol yaa.. Kalo yg balado rada mirip potongan ikan :) . Jd aku penasaran ama rasanya...

    Blm prnh ke bengkulu, pdhl ga jauh2 amat dari jakarta. Suami hra dibujukin supaya mau kesana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lokan itu sejenis kerang mbk. Daging jatuhny. Klo ke Bengkulu, mbk wajib coba y. Hee

      Delete
  15. Lokansambal Pete.. gilaaa. Jadi nyces bacanya. Laper bawaannya

    ReplyDelete
  16. Foto makanany koq. Bikin ngiler sich mbakk . Aduhh

    ReplyDelete
  17. REndang lokan bikin ngiler...
    Festival BUmi Rafflesia memperkenalkan pesona Bengkulu di dunia nasional dan internasional

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bntr lgi di BENGKULU juga akN ad festival tabot. Gk kalah keren

      Delete
  18. Pendap dan Lokan dari waktu ke waktu masih tetap bikin nafsu makan meningkat ya mbak,,
    hahahaaa

    ReplyDelete
  19. Terakhir saya lihat raflesia di kebun raya Bogor. Cakep acaranya mba

    ReplyDelete
  20. Aih keren acaranya, jadi pengen kesana kapan2 hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayo mbk, ditungguin. Bantar lagi di Bengkulu bakal ada festival Tabot mbk. Lebih keren lagi

      Delete
  21. Keren Bengkulu bisa semeriah ini festival tahunannya. Apalagi didukung oleh komunitas blogger, tentu pariwisata dan potensi lokal dapat disebarluaskan dengan maksimal. Semoga suatu hari nanti saya bisa berkunjung ke Bengkulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk, Alhamdulillah pemerintah Bengkulu sangat open sekali dengan Blogger

      Delete
  22. Keren banget acaranya, semoga ada kesempatan main ke Bengkulu, penasaran lokan dan jeruknya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditungguin mbk kunjungannya, natr klo sudah di Bengkulu bisa hubngi Blogger bengkulu buat jadi turget. hee

      Delete
  23. Lengkap dan komplit ya acaranya... serba ada gitu

    ReplyDelete
  24. ya ampuun jadi mupeng pengen ke Bengkulu niih, pengen incip2 kulinernya. mantaaap Mbak! smoga bisa berrtandnag ke sana yaa... btw bunga raflessianya sebauk apasih? hahaha penasaran eike.

    ReplyDelete
  25. Wih aku ngiler sama festival kuliner nih. Unik-unik kayaknya

    ReplyDelete
  26. Waduh,,,ada foto kita. Selamat ya mbak

    ReplyDelete
  27. wah kalau ingat Bengkulu, saya jadi ingat temen saya yg suka bawain pempek khas Bengkulu :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Auto Post Signature