Top Social

Resep Juada Bay Tat Makanan Khas Bengkulu

Tuesday, May 15, 2018

https://twitter.com/quinnfarah

Selamat Sore Moms, Gimana kabarnya hari ini? semoga harinya menyenangkan ya. Udah lama banget rasanya kita nggak nulis seputar resep masakan. Baik moms, sore ini saya akan berbagai resep kue bay tat yang sudah saya praktekkan beberapa bulan lalu.

Sudah pada tahu kue Bay Tat itu seperti apa?

Kue bay tat sendiri adalah salah satu makanan khas Bengkulu, sebutan bay tat sendiri sering disebut oleh masyarakat Bengkulu dengan sebutan Juada Bay Tat. Berdasarkan referensi yang pernah saya baca, bahwa kue Bay Tat itu pada zaman dahulu merupakan makanan para khas para raja Bengkulu. Pada saat itu kue ini berbentuk bulat ataupun oval dengan isi selai nanas di dalamnya. Namun saat ini sudah banyak terjadi perkembangan, sehingga sudah berbagai macam bentuk, ada yang berbentuk segi empat, oval, bunga, ataupun bunga raflesia. 

http://rozanabila.blogspot.co.id

https://dananwahyu.com

https://febrianugrah5.wordpress.com

Seiring dengan perkembangan seni yang hadir, ragam kreasi kue bay tat sudah sangat menarik dan Familiar. Jika kita berkunjung ke Bengkulu, Bay Tat sudah tersedia hampir diseluruh central oleh-oleh yang ada di Bengkulu. Kue ini juga termasuk kue yang sangat diminati oleh semua kalangan masyarakat. Rasanya yang manis dan empuk berkombinasi selai nanas yang enak, membuat sensasi sendiri dalam merasakan cita rasa dari Juada Bay Tat ini. 

Sebenarnya kata dari Bay tat itu sendiri berasal dai Bahasa Bengkulu, Bay itu berarti Induk, sementara Tat itu sendiri berasal dari kata Tart. Jika di gabung berarti Induknya kue orang Bengkulu. 

Resep Bay Tat

Bahan 

  1. 1 kg santan 
  2. Daun Jeruk
  3. 1 sdt Vanili
  4. 2 bks SKM

(semua bahan dimasak dan didiamkan semalam)

Cara Memasak:
  1. Panaskan santan, gula dan adas manis, 
  2. setelah medidih beri mentega 8 sendok, setelah matang disaring dan tambahkan baking pawder
  3. Ayak terigu, masukkan sedikit demi sedikit hingga kalis (jaangan terlalu keras)
  4. Bentuk adonan sesuai selera kemudian masukkan/beri selai
  5. Setelah itu di cetak dan dipanggang di oven hingga matang


Demikian Moms, resep Bay tat dari saya. Jika ada resep yang berbeda bolehlah kita saling berbagi.

Ini Resepku, mana resepmu?

15 comments on "Resep Juada Bay Tat Makanan Khas Bengkulu"
  1. Wah kalau selama ini fira ketemunya sama baytat kotak aja, kalau bulat yang berukir-ukir belum pernah makan.. sayang dong ya kan cantik hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ukir n kotak-kotak biasanya lebih enak Fir. lebih lembut dan terasa banget enaknya.

      Delete
  2. Kue kesukaan ini mah mbak. Nyaris di tiap lebaran pasti nyuguhin bay tat di meja tamu. Dan bikin sendiri loh, gak beli. *So proud padahal cuma bantu nyubitin pinggiran kuenya doang, sisanya gawean ibu hehe

    ReplyDelete
  3. Iya mbak. Kalo baca historinya, ini dulu makanan khusus raja-raja. Kalo sekarang sih siapa aja bisa makan bay tat, gampang pun ditemukan di gerai oleh-oleh. Enyaak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali,s ekarang bay tat sudah merakyat.

      Delete
  4. makanan kesukaanku dari kecil hingga sekarang, enak makan sambil minum teh hangat nih

    ReplyDelete
  5. Buat baybtat ni gampang2 susah kak. Kalau lebaraam kue ini sering di buat karna jdi salah satu kue favorit lebaran..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kadang kalo adonan agak kekerasan, kue nya malah jadi keras. mesti punya teknis juga.

      Delete
  6. Aku taunya beli dan makan aja ahahaha sedappp

    ReplyDelete
  7. Ini juadah favourite emak,tiap lebaran pasti emak masak juadah ini..tapi kalo di talo kami menyebutnya juadah gendum ( terigu )

    ReplyDelete
  8. Yang petak kami sering beli, makan rame-rame di kantor, rasanya camkoha mbak.

    ReplyDelete
  9. terima kaasih mbak resepnya, kebetulan udah mau lebaran. Mau coba bikin ini untuk lebaran nanti...

    ReplyDelete
  10. Kalo sekarang enak ya. Masak ga pake kayu. Repot bgt euy

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Auto Post Signature