Top Social

MERENCANAKAN LIBURAN KE JOGJA PASCA LEBARAN

Sunday, May 6, 2018


Sebagai seorang yang belum diberi keturuan setelah beberapa tahun menikah, banyak sekali rekomendasi dari teman-teman untuk kami pergi liburan beberapa waktu untuk menghilangkan semua kepenatan yang menghampiri.

Maklumlah, dengan banyaknya aktivitas kerja, belum lagi ada beberapa tanggung jawab yang harus di emban dan dijalani, sampai saat ini kami belum sempat menikmati liburan dalam artian sebenarnya.

Waktu itu memang pernah beberapa bulan tinggal di padang, namun bukanlah agenda liburan. melainkan agenda menemani suami menyelesaikan studi magisternya. Pernah juga ke Palembang, tapi sama juga  bukan agenda liburan, tapi agenda menemani suami dinas luar.

Sudah beberapa kali agenda liburan ini di rencanakan, namun sampai saat ini belum juga kesampaian. terkadang ada waktu, tapi belum ada dana. Ada dana, tapi belum ada waktu serta ada-ada saja alasan yang membuat agenda liburan ini tertunda. hee

Pada akhirnya, saya bilang ke suami. Pokoknya pasca lebaran ini kita harus jadi pergi liburannya.  Akhirnya, Alhamdulillah suami saya menyetujui tekad saya itu. Sebenarnya ada beberapa daerah yang menjadi tujuan kami untuk berlibur, namun sepertinya Jogja sangat menarik untuk dijadikan tempat refresing. 

4 Hal yang Harus di Persiapkan Sebelum Pergi Berlibur

1. Pendanaan

Pendanaan adalah hal yang sangat penting di siapkan sebelum kita memutuskan untuk melakukan liburan. catat semua calon pengeluaran kita, mulai dari ongkos pulang pergi, makan dari pagi sampai pagi lagi, penginapan, uang tak terduga, sampai dengan uang akomodasi selama liburan.

Jika kita sudah mempersiapkan semua pendanaan secara matang, maka liburan kita pasti menyenangkan. jangan sampai, liburan kita hancur karena uang liburan kita dapat dari meminjam. So, usahakan jangan meminjam uang jika kita akan liburan. Maka, mulailah menabung dari sekarang untuk liburan yang kita impikan.

2. Kondisikan keluarga yang akan ditinggalkan

Jika kita memang baru tinggal berdua saja dengan suami/istri, maka perihal ini bukan menjadi masalah. Namun jika kita masih sendiri ataupun dirumah kita ada orang tua kita, maka sebaiknya dari jauh hari kita sudah membicarakan untuk rencana liburan kita ini. Karena biasa jika kita memberitahu informasi secara dadakan kepada keluarga, tidak jarang keluarga kita sedikit kurang setuju dengan agenda liburan yang akan mengorek kantong kita itu.

Jadi, agar liburan yang kita jalani menjadi tambah menyenangkan, kita pergi bahagia dan orang yang di tinggalkan dirumah juga bahagia, mulailah komunikasikan sejak jauh hari. 

3. Jaga kesehatan

Kesehatan juga merupakan faktor pendukung berlangsungnya agenda liburan, jika tiket Sudah dibeli dan tiba-tba kita mendadak sakit, maka dapat dipastikan liburan kita akan gagal total. So, mulailah jaga kesehatan sebaik mungkin, minimal setiap hari mengkonsumsi segelas madu untuk menjaga stamina kita atau bisa juga lakukan hal lain yang bisa membuat kita tetap sehat.

4. List Semua Kebutuhan dan Perlengkapan yang akan dibawa

Agar tidak melenceng dari bajet kantong kita, hal ini perlu untuk kita catat dan buat daftar list apa saja yang kita butuhkan dan apa saja yang perlu kita bawa. Sehingga tidak melebihi biaya yang ada. Tidak perlu membeli semua yang kita inginkan, tapi belilah semua yang kita butuhkan saja.

5. Persiapkan Transortasi selama Liburan

Nah, hal ini juga sangat penting kita perhatikan. Jangan sampai, liburan yang sudah kita konsep itu malah gagal karena kesulitan untuk mencari transportasi yang bersahabat dengan kantong kita. Kita harus mulai menentukan dan mencari Rental Mobil Jogja atau Sewa Mobil Jogja selama kita berlibur. Dengan demikian, liburan kita pasti berjalan dengan sangat baik. 

Berikut Ada beberapa tempat yang sudah masuk dalam daftar List tempat yang akan dikunjungi pada saat liburan pasca lebaran nanti. 

1. Candi Prambanan  

http://anekatempatwisata.com
Candi Prambanan merupakan salah satu destanasi wisata sejarah yang harus kita tahu dan juga kita jaga. Meskipun kita tidak tahu sejarahnya, Minimal kita tahu bentuk dan letaknya dimana. saya pun sebenarnya belum begitu mengenal candi prambanan ini, namun menurut referensi yang pernah saya baca bahwa Candi Prambanan ini dulunya adalah persembahan Dewa Siwa yang dalam ajaran Hindu sebagai Dewa penghancur. Nama Asli komplek candi ini adalah Siwaghra yang berasal dari Bahasa Sansakerta yang berarti Ruma Siwa.

2. Candi Borobudur 

https://www.hipwee.com
Wisata sejarah lainnya yang menarik juga untuk dikunjungi ialah Candi Borobudur, candi ini sangat familiar di tengah masyarakat domestic ataupun wisatawan asing. Biasanya setiap orang yang berkunjung ke Yogyakarta, selalu menyempatkan diri  untuk berwisata ke Candi Borobudur. Begitu juga dengan saya yang masih sangat penasaran dengan bentuk dan letak candi yang satu ini, jika dilihat secara nyata. 

Menariknya Lokasi Candi Borobudur ini kurang lebih berada di 40 km di sebelah barat laut kota Jogja. Jarak tempuhnya sekitar 1 jam, dari kota Jogja. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 750-800-an Masehi pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra.

3. Bukit Pangilon

https://www.gunungkidulku.com
Wisata perbukitan, perairan, pegunungan sebenarnya adalah tempat wisata favorit suami saya. Bukit pangilon adalah salah satu tempat rekomendasi yang akan saya ajukan kepada suami saya. Yang menarik dari bukit Pengilon ialah suasana di kaki dari gunung api purba Batur dengan angin khas laut selatan dengan hamparan rumput yang hijau dan cocok sekali untuk berkemah atau camping di sini. Perpaduan nuansa alam dan laut di sini sangat begitu mempesona bagi setiap pengunjungnya.

4. Rumah Hobbit 

http://bantul.sorot.co
Pertama kali saya melihat Rumah Hobbit adalah ketika saya menonton Film Lord of The Ring beberapa tahun lagi. Sejak itu saya berpikir kapan ya bisa kesana. Soalnya tempatnya asri sekali. Ternyata di Indonesia pun ada Replika Rumah Hobbit, tempatnya di Jogya. jadi, tempat ini so pasti sangat menarik perhatian saya.

Rumah Hobbit merupakan Kawasan yang dibuat menyerupai perkampungan kurcaci layaknya cerita di negeri dongeng. Perkampungan ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk bermain anak-anak sehingga cocok untuk tujuan wisata keluarga.





18 comments on "MERENCANAKAN LIBURAN KE JOGJA PASCA LEBARAN"
  1. kangen mainke pantai yogya semoga bisa ajak bocah ke sana aamiin

    ReplyDelete
  2. Semoga kelak bisa ke Yogya lagi bareng keluarga, masa kuliah sudah pernah ke sana bareng teman-teman usai Praktek Umum

    ReplyDelete
  3. Pengen ke rumah hobbit alamatnya di mana mba? Belum pernah ke sana nih. Mobil rental 1 harian penuh sewanya berapaan mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi tanya-tanya juga nih mbk sama saudara..

      Delete
  4. Rumah hobbit dan bukit pangilooon aku belum pernaaaah! Dulu rajin ke Yogya awal 2000-an pas SD hehe. Sekarang tinggal di Bogor jadi kangen suasana di sana. huhuhu. Di sini macet cet cet cet..! Pengen pindah jogja ajaaaaaaa T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku emang belum pernah sama sekali mbk sekar. hhi

      Delete
  5. Wah.. aku jadi pingin balik lagi ke Jogja nih. Enak juga ya kalo merental mobil, bisa puas keliling jogjanya ^^

    ReplyDelete
  6. Yogja udah bbpa kalo tapi ama.keluarga komplit belum . Someday ya. Moga Nawra sekolahnya di UGM. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. semoga cita-cita Naura tercapai..

      Delete
  7. Cakeeeep suka banget sm info ini soale habis gagal ngetrip ke jogja thn lalu gara2 miskom kocakbwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang sekali ya mbk gagal karena miscom. hee

      Delete
  8. Moga sukses kak travellingnya...jangan lupa wisata kulinernya.

    ReplyDelete
  9. waaah Jogjaa lagi... jadi kangeen dan pengen ke sanaa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Auto Post Signature