Top Social

Lakukan 9 Cara Ini Agar Shalat Kita Khusyu’

Thursday, May 17, 2018

http://www.voa-islam.com

Agar shalat kita khusyu’ maka harus ada usaha untuk menghindari dari perbagai penghalang yang dapat menodainya, yaitu:

1. Menyingkirkan hal yang dapat mengganggu orang shalat

Dari anas ra berkata: “Dulu ada kain bergambar milik Aisyah yang digunakannya untuk menutupi samping rumahnya, maka nabi SAW berkata: 

“Singkirkan dariku, karena gambar-gambarnya terus terbayang dalam shalatku.”

Makna seperti ini juga ditunjukkan oleh riwayat yang mengatakan bahwa ketika memasuki ka’bah untuk shalat didalamnya, Nabi Saw melihat dua tanduk kambing domba. Setelah shalat beliau mengatakan kepada utsman Al-Jumahi.

“Aku tadi lupa menyuruhmu menutupi dua tanduk itu, karena tidak pantas dirumah ini ada sesuatu yang menyibukkan orang yang shalat.”

Termasuk dalam hal ini adalah menghindari shalat ditempat-tempat  berlalu lalang orang, tempat-tempat gaduh, suara-suara bising, disamping orang yang sedang bercakap-cakap, ditempat-tempat permainan, dan berbagai hal  yang mengganggu konsentrasi pandangan.

2. Jangan Shalat menggunakan pakaian yang bergambar atau lukisan yang mengganggu konsentrasi orang yang shalat

Dari Aisyah ra berkata: “Nabi saw berdiri shalat mengenakan baju bergambar dan beliau sempat memandang gambar itu, setelah shalat beliau berkata: “Bawahlah baju ini ke Abu Jahm bin Hudzaifah, dan berikan aku anbijaniyah (polos). Karena tadi menggangguku dalam shalat.

3. Tidak Shalat ketika makanan yang mengundang selerah sudah tersaji

Rasuullah bersabda, “Tidak boleh shalat saat makanan sudah siap.”

Apabila makanan telah diletakkan dan disajikan dihadapannya atau dihidangkan kepadanya, hendaklah ia mulai makan karena ia tidak akan khusyu’ apabila meninggalkannya. Ia akan bangun shalat sementara hatinya masih terkait dengannya. Bahkan juga tidak perlu tergesa-gesa hingga selesai makannya.

4. Tidak Shalat Saat menahan Sesuatu

Tidak diragukan bahwa diantara hal-hal yang bertentangan dengan ke khusyu’ an adalah, bila seseorang shalat sedangkan ia ingin kencing buang air besar. karena itu rasulullah melarang orang shalat ketika ia menahan hajat.

“Apabila salah seorang kalian hendak pergi ke WC sedang iqamat shalat berkumandang, hendaklah ia mulai dengan pergi ke WC itu.”

5. Tidak Shalat Ketika ia terserang Kantuk

Dari Aisyah ra, “Bahwa Rasulullah SAW bersabda, Apabila salah seorang dari kalian mengantuk ketika sedang shalat maka hendaklah ia tidur, hingga kantuknya hilang darinya, karena seseorang di antara kalian apabila shalat sedang ia mengantuk, ia tidak tahu barangkali maksudnaya istighfar tapi malah mencaci dirinya.”

6. Tidak shalat di belakang orang yang berbicara/tidur

Karena Nabi Saw melarang hal itu. Beliau mengatakan, “Janganlah kalian shalat di belakang orang tidur maupun orang yang berbicara.”

Karena dengan pembicaraannya, orang yang berbicara itu akan melalaikan, orang yang tidur kadang menampakkan hal-hal yang melalaikan.


7. Tidak mengganggu orang lain dengan bacaan

Rasulullah bersabda,

“Ketahuilah  bahwa setiap kalian sedang bermunajat kepada Tuhannya, karena itu jangan sebagian kalian mengganggu sebagian yang lain, janganlah sebagian kalian meninggikan suaranya saat membaca.” Atau mengatakan, “dalam shalat” dalam riwayat lain, “Janganlah sebagian kalian menjaharkan suaranya kepada sebagian yang lain.” 


8. Tidak menengok saat shalat

Berdasarkan hadist Abu Dzar ra berkata, “Rasulullah saw bersabda, 

“Allah akan tetap menghadapkan ke arah Hamba-Nya dalam shalatnya selama ia tidak menoleh, apabila ia menoleh Ia-pun akan meninggalkannya.”

Menoleh dalam shalat ada dua macam:

a. Menolehnya hati kepada selain Allah swt
b. Menoleh matanya

9. Mengendalikan menguap dalam shalat

Rasulullah Saw, bersabda: 

“Bila salah seorang kalian menguap dalam shalatnya maka hendaklah sedapat mungkin ia menahan, karena setan akan masuk.”

Jika masuk, maka setan akan lebih leluasa lagi dalam mengganggu kekhusyu’an orang yang shalat, lebih dari itu ia bahkan menertawakan orang yang menguap dalam shalatnya itu.


Sumber :
Buku Agenda Muslimah, Meraih kemuliaan Diri. Media Insani 2004

1 comment on "Lakukan 9 Cara Ini Agar Shalat Kita Khusyu’ "
  1. sholat yang khusu' harus itu mbak, jazaakillah khoir untuk tipsnya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Auto Post Signature