Top Social

DIY Eyeliner Murah dan Mudah Dibuat

Tuesday, May 8, 2018


Selamat pagi sobat amiraja, kali ini saya akan berbagi mengenai cara membuat Eyeliner yang mudah dan murah. Tentunya sangat aman untuk kita gunakan jikalau kita kehabisan eyeliner dirumah.  Sebagai wanita tentunya kita semua pengen cantic dong, salah satu kosmetik pendukung untuk kita tampil cantic adalah eyeliner, nah apakah kamu termasuk pengguna eyeliner? Jika ya, pernah tidak kamu mengalami situasi dimana kamu kehabisan eyeliner sementara aktivitas harianmu membuatmu tidak punya waktu untuk membeli eyeliner baru. Sementara, kamu sangat membutuhkan peran eyeliner untuk membuat tampilanmu menjadi lebih hidup. Jika mengalami hal tersebut, jangan khawatir! Berikut ini cara membuat eyeliner sendiri alias tutorial do it yourself (DIY) eyeliner.

YANG HARUS KITA PERSIAPAKAN

Pertama-tama, kamu harus menyiapkan terlebih dahulu bahan serta alat yang dibutuhkan. Alat yang dibutuhkan berupa:
  • Wadah bening kecil atau jar untuk tempat eyeliner yang sudah jadi nanti. 
  • Kemudian, kamu membutuhkan wadah lain untuk meracik serta pengaduk. 
  • Sementara bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 1/2 sendok teh gel lidah buaya yang berfungsi sebagai basenya. 
  • Bahan berikutnya adalah 3 kapsul arang aktif. Kamu bisa mendapatkan arang aktif di apotek terdekat. Fungsi arang aktif ini adalah sebagai zat pewarna hitam pekat. Kamu bisa bereksperimen dengan mengganti arang aktif ini dengan bahan pewarna lain seperti bubuk kakao hingga buah bit.
  • Dan yang terakhir adalah vitamin E untuk menutrisi kulit di sekitar area mata. 

CARA MEMBUAT EYELINER SECARA ALAMI

Cara membuatnya cukup mudah, kamu tinggal mencampurkan semua bahan dan mengaduknya hingga rata. Simpan dalam jar, kemudian aplikasikan ke bagian mata layaknya eyeliner kemasan. 

DIY eyeliner ini memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut :

1. Hemat

Untuk satu jar eyeliner yang dapat digunakan hingga satu bulan, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya yang lebih sedikit tentunya dibanding membeli eyeliner dalam kemasan. Akan lebih baik jika kamu memanfaatkan bahan-bahan yang ada. Gel lidah buaya bisa diganti oleh petroleum jelly atau beeswax untuk tekstur yang lebih padat. Manfaatkan bahan-bahan pewarna alami yang mudah didapatkan agar kamu bisa lebih hemat. 

2. Higienis

Higienitas DIY eyeliner ini jelas terjamin sebab dibuat sendiri. Pastikan alat yang kamu gunakan dan tangan kamu steril ya. Tutup rapat-rapat jar eyeliner apabila tidak digunakan untuk mencegah terkontaminasi oleh unsur asing seperti bakteri atau kuman. Kontaminasi bakteri atau kuman ini bisa menimbulkan iritasi pada kulit wajah. 

3. Kandungannya terjamin

Maraknya kosmetik palsu dengan kandungan berbahaya yang beredar luas di pasaran tentu membuat kita was-was saat membeli produk kosmetik termasuk eyeliner. Dengan membuat DIY eyeliner, kita bisa terbebas dari rasa was-was sebab mengetahui persis kandungan yang ada di dalam eyeliner tersebut. 

Sementara untuk kekurangan dari DIY eyeliner ini adalah :

1. Ribet

Cara membuatnya yang harus mencampur-campurkan berbagai bahan tentu sedikit ribet dan menyita waktu dibanding membeli eyeliner dalam kemasan. DIY eyeliner ini tidak cocok bagi mereka yang akitivtasnya padat sehingga tidak ada waktu untuk membuat eyeliner sendiri. 

2. Tidak tahan lama dan waterproof

Karena terbuat dari bahan-bahan alami, tentu saja DIY eyeliner ini tidak tahan lama layaknya eyeliner kemasan. Jika eyeliner biasa mampu bertahan hingga 8 jam, maka jangan harap DIY eyeliner ini mampu bertahan selama itu. Selain tidak tahan lama, eyeliner buatan sendiri ini juga tidak waterproof. Solusinya, kamu harus me-reapply eyeliner ini agar tampak seperti bar

12 comments on "DIY Eyeliner Murah dan Mudah Dibuat "
  1. Mantap ini Mira biar kayak semut berjejer, hahaha

    ReplyDelete
  2. Eye liner memang menjadi bagian penting dari per-make up-an ya Mbak.... tapi aku ga bisa makenya.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak bisa itu karena nggak biasa aja, hee

      Delete
  3. Kirain tadi bisa tahan lama mba. Kayaknya kalau tanpa lidah buaya bisa tahan lama mba. Karena arang aktif itu tahan 1tahun mba. Cuma malas banget dah saga eksperimen. Nunggu eksperimen Mba Mira selanjutnya ya. ��

    #BloggerFLP

    ReplyDelete
    Replies
    1. heee.... iya mbk nggak tahan lama. ntr kita cba juga deh buat yang tahan lama.

      Delete
  4. Yang macem ini sama Annasya cocok nian dijadikan mainan

    ReplyDelete
  5. Wah ilmu baru ini. Keren. Baru tahu saya. Btw beli kapsul arangnya ini yang bingung. Takut orang apotik nggak tahu.

    ReplyDelete
  6. asyik dan seru nih kalau dipraktikkan ya bisa makin cantik haha

    ReplyDelete
  7. eyeliner iniii sudah seperti benda ajaaibku hahaha.. aku kemana2 bawa bedak, lipstik, pelembab dan eyeliner...

    ReplyDelete
  8. Wah bisa bikin eyeliner pakai arang ya ternyata. Aku masih newbie banget nih dalam soal eyeliner. Masih suka bleber-bleber makainya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Auto Post Signature