Top Social

Merencanakan Beli Mobil

Tuesday, April 3, 2018
https://www.autoexpose.org

Saat ini saya dan suami masih setia dengan motor jadul yang kami beli di awal nikah. yah, motor sederhana ini menjadi sejarah perjuangan kami dalam menghadapi perjuangan diawal membangun rumah tangga yang sakinah. Tentu saja saya dan suami sudah sangat ingin sekali memiliki kendaraan roda empat, baik baru ataupun  beli mobil bekas.

Saya sangat bangga sekali dengan suami saya, dia bukan tipekal orang yang suka berhutang sana-sini untuk memenuhi tingginya identitas sosial saat ini. Dia adalah sosok laki-laki sederhana dan apa adanya. 

Dia bilang ke saya, tidak mengapa membeli mobil bekas asalkan mobilnya masih bisa digunakan dan masih berfungsi layaknya sebuah mobil. Terkadang banyak sekali orang sangat menginginkan pengakuan dari masyarakat, sehingga ia bermodal nekat membeli mobil baru dengan harga mahal dan akhirnya mempunyai banyak hutang.  (loh, kok saya jadi curhat ya. hihi)

Tips Beli Mobil Bekas

1. Pastikan Kita Mempunyai Dana

Hal ini adalah factor yang sangat penting untuk kita memulai membeli kendaraan roda empat, kita harus mulai membuat butget berapa dana yang harus kita keluarkan.

2. Sesuaikan Dengan Kemampuan Keuangan Kita Untuk Perawatan

Mempunyai mobil tidak hanya serta merta modal diawal saja, namun tentu biaya perawatan akan jau lebih besar dibanding kendaraan roda dua. Bensin yang akan diisipun tidak cukup hanya satu liter atau dua liter. Hal ini yang juga harus diperhatikan, karena jika terjadi kerusakan pasca pembelian, biaya perawatannya juga akan lebih besar. Semuanya harus kita persiapkan dan juga pikirkan sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas.

3. Survei Lapangan Untuk Mengetahui Harga Pasaran Mobil

Sebelum kita menentukan mobil jenis apa yang akan kita beli, sebaiknya kita datangi terlebih dahulu beberapa tempat untuk dijadikan referensi mobil apa yang akan kita beli dan berapa dana yang akan kita butuhkan.

4. Ajak Teman atau Saudara Yang Mengerti Tentang Mobil

Jika kita adalah orang yang awam tentang mobil, janganlah kita bermodal nekat untuk membeli mobil bekas ini secara sendiri. Karena tidak semua penjual itu bersifat jujur dan mau menolong kita menemukan yang masih berkualitas. Maka ajaklah teman atau saudara yang mengerti perihal mobil, mesin-mesin mobil dan juga perangkat mobil lainnya. hal ini akan sangat membantu kita dalam memberikan gambaran mobil yang akan kita beli.

5. Harus  Siap Dengan Resiko

Namanya mobil bekas tentu tidak sebagus mobil baru, ada saja kendala-kendala mobil yang akan kita hadapi setelah dibeli. Kita harus berani dan siap ambil resiko perihal ini, karena Sudah bisa dipastikan kualitas mobil yang bukan ditangan pertama, pasti sudah mengalami kemunduran. Dalam artian, kita harus siap terhadap apa yang akan terjadi ketika kita memutuskan membeli mobil bekas

6. Hindari Banyak Hutang

Perihal hutang ini sangat mejerat hidup kita, ketika kita punya hutang maka otomatis semua pemasukan yang ada pada kita tidak menjadi sepenuhnya milik kita. Ada hutang yang harus kita bayarkan. Bayangkan saja jika mobil kita mendadak rusak, sementara hutang harus dibayarkan, tentu ini menjadi masalah baru. Maka, hindari berhutang terlalu banyak cabangnya. Sehingga ketika mobil kita bermasalah, minimal kita siap untuk memperbiakinya dengan dana yang ada.

7.  Periksa Kelengkapan Surat

Dalam pembelian barang berharga, kelengkapan surat menyurat menjadi syarat utama. Tanpa adanya surat sebagai identitas legal ini, suatu barang tidak akan menjadi berharga. Kita harus periksa benar apakah surat-menyurat mobil yang akan kita beli tersebut masih lengkap.

8. Cek Fisik

Cek fisik juga menjadi factor penting, sebaiknya memang kita sendiri yang langsung cek fisik ke lokasi. Jika kita mengutus orang untuk cek kondisi mobil, tak jarang orang yang kecewa. Bagus menurut dia belum tentu bagus menurut kita.

Selain itu, dengan adanya cek fisik secara langsung, kita bisa mengetahui bagian mana saja yang bermasalah ataupun yang bagus. Hal ini juga menjadi faktor pendukung untuk kita memutuskan jadi membeli atau tidak.

Demikian hal yang perlu diperhatikan dalam membeli mobil bekas versi saya. semoga kita bisa memiliki dan menemukan mobil yang kebih murah dan kualitas bersahabat.
14 comments on "Merencanakan Beli Mobil"
  1. Setuju mbak... Hindari banyak hutang. Apalagi kalau sampai harus kredit. Bayarnya bisa jadi lebih mahal ��

    ReplyDelete
  2. Terima kasih tipsnya mbak. Tahun ini mulai kepikiran nabung buat beli alat transportasi pribadi, motor atau mobil. Tapi kalau mobil impiannya masih kejauhan ya, hehe

    ReplyDelete
  3. point no satu tuh yang paling penting bin banget, kalau ga ada yang satu itu ga jadi deh rencana mobilnya :D

    ReplyDelete
  4. Wah bener banget nih. Jangan sampai karena mau beli mobil sampe ngutang sana sini ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, hanya karena ingin keren. akhirnya hutang pada numpuk

      Delete
  5. Nabung dulu kak.. Buat beli mobil baru. Hehee

    ReplyDelete
  6. Iya banget mbak. Aku kenal beberapa orang yang rela punya hutang banyaaaak banget, demi beli mobil bagus. Ujung-ujungnya ya buat makan aja susah, karena gaji sudah dipakai buat beli mobil. Padahal beli mobil ya gak beli mobil aja, ada perawatan, bahan bakar, dll yang menyertai setelahnya. Tapi ya bebas deh, setiap orang punya prioritasnya masing-masing ya mbak :D

    ReplyDelete
  7. Wah... beli mobil bekas juga gak ada salahnya ya kalo budget buat beli mobil baru belum cukup.. hehe, tapi harus diperhatikan juga ya bahwa mobil bekas yab akan dibeli masih bagus ya kak

    ReplyDelete
  8. Berhutang untuk membeli mobil memang terlihat menggiurkan. Tapi kalau ga bisa bayarnya, wassalam.

    ReplyDelete
  9. Cek fisiknya itu bener banget ya mbak. Jangan sampai salah beli.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Auto Post Signature