Top Social

Sering Bingung Kenapa Lampu Mobil Tidak Terang? Inilah Alasannya!

Sunday, February 4, 2018

Memiliki kendaraan pastinya menuntut Anda untuk sering merawatnya agar tidak terjadi kerusakan dalam bagian mana pun dan selalu bisa tampil prima ketika digunakan. Namun, nyatanya kendaraan pastilah memiliki masalah-masalah yang sepele mau pun berat meski Anda sudah memperhatikan dan merawat benda tersebut. Salah satu kendaraan yang paling sering membuat pemiliknya ekstra hati-hati dan ekstra peka adalah Mobil . Sering kali, bagian-bagian yang tidak terlalu diperhatikan memang mudah rusak. Salah satu dari bagian tersebut adalah lampu mobil. Mungkin ada yang menyepelekan bagian ini dan berfokus pada bagian lainnya, namun lampu sangatlah penting bagi Anda, karena jika tidak ada lampu, Anda pun tidak akan bisa mengendarainya saat siang mau pun malam hari. Masalah yang sering terjadi pada lampu adalah tidak bisa bercahaya terang. Inilah alasannya mengapa hal tersebut bisa terjadi:

1. Relay Rusak

Kemungkinan pertama yang dapat membuat lampu tidak bercahaya dengan terang adalah relay lampu yang rusak. Relay adalah sebuah jembatan yang menghubungkan arus listrik dari baterai dan lampu mobil. Sedangkan dalam relay itu sendiri memiliki dua bagian, yaitu arus kecil dan utama. Masalah yang dapat terjadi pada relay adalah kontak relay yang longgar dan membuat salurannya renggang dan listrik yang masuk pun akan lebih sedikit. Hal ini bisa diketahui dengan cara memegang bagian atas relay, jika panas, maka ada sesuatu yang salah terjadi.


2. Soket Karatan

Kemungkinan yang selanjutnya yang dapat membuat lampu Anda redup adalah soketnya yang sudah karatan. Karatan tersebut akan menghambat listrik yang dihantarkan dan membuat jumlah listrik yang masuk menjadi lebih kecil. Hal ini tentunya akan membuat terang lampu Anda menjadi berkurang. Hal ini pun sering sekali terjadi pada mobil seseorang. Untuk itu, cek selalu bagian soketnya ketika merasa lampu kurang bercahaya terang.

3. Soket Meleleh

Yang menyebabkan lampu mobil Anda bersinar redup salah satunya adalah soketnya yang meleleh. Hal ini bisa diawali dari adanya soket yang pemasangannya kurang pas atau tidak terlalu masuk pada bagian terminal lampu mobil. Tentu saja hal tersebut dapat membuat soket menjadi meleleh karena adanya elektron yang melompat dari konduktor yang memiliki celah. Itulah yang menyebabkan mengapa benda di sekitarnya, termasuk soket dapat meleleh.

4. Aki Lemah

Alasan terakhir yang sering membuat lampu menjadi redup adalah akinya yang lemah. Sumber tenaga mesin pada mobil memang adalah aki. Jika sumbernya lemah, tentu yang lainnya akan bekerja dengan tidak maksimal. Masalah ini biasanya terjadi ketika mesin mobil sedang mati, dan jika mesin dapat dinyalakan, maka aka nada alternator yang mampu memberikan arus listrik yang digunakan oleh seluruh mesin. Ada baiknya jika mengisi tenaga aki terlebih dahulu, jika sudah tidak bagus lagi, Anda bisa membeli yang baru.


2 comments on "Sering Bingung Kenapa Lampu Mobil Tidak Terang? Inilah Alasannya!"
  1. Biasanya kalau lampunya redup ya taunya cuma karena akinya udah mau abis atau lemah XD haduh, maklum cewek ya ga tau seluk beluk mesin :D

    ReplyDelete
  2. Ternyata ada alasannya ya, biasanya urusan mobil suami saya yang urus hahahha

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Auto Post Signature