Top Social

RESEP ABON IKAN TUNA SUPER ENAK DAN GURIH

Friday, January 19, 2018
 
https://www.sipendik.com

Udah lama aja nih nggak berbagi pengalaman memasak, Kali ini saya akan berbagi mengenai Resep Abon Ikan Tuna. Sebenarnya saya sudah beberapa kali mengikuti pelatihan membuat Abon Ikan Tuna, jujur ya resep yang akan saya bagikan ini adalah resep yang menurut saya paling enak di lidah saya. Pas banget jika teman-teman semua mau memulai berbisnis Abon Ikan Tuna. hihi. Resep ini saya dapatkan ketika saya pelatihan masak yang diselenggarakan oleh Dispora Bengkulu beberapa tahun lalu.

Sebelum kita membuat Abon Ikan tuna, kita intip Dulu yuk bagaimana bentuk Ikan tuna dan apa sih Manfaat Abon Ikan Tuna?

http://www.inilahbanten.co.id
http://www.pertanianku.com

Ciri Ikan Tuna yang masih segar:
  • Daging kenyal dan padat
  • Tidak empuk
  • Badan kaku
  • Sisik rapi dan rapat
  • Bau segar pada bagian luar insang
  • Sedikit lendir pada kulit
  • Insang berwarna merah
  • Ikan tenggelam bila dimasukkan dalam air
  • Mata ikan jernih, bersih, mengkilap, dan kemerah-merahan

Berikut Manfaat Penting Ikan Tuna
  1. Dapat menurunkan kadar trigliserida dan menjaganya tetap normal.
  2. Ikan Tuna meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menjaga rasio yang baik antara HDL dan kolesterol berbahaya LDL.
  3. Ikan Tuna dapat mencegah penggumpalan darah di dalam arteri, menjaga irama jantung
  4. Ikan Tuna mengurangi kemungkinan stroke dan serangan jantung.
  5. Kalium dan lemak esensial pada ikan ini sangat membantu dalam mengontrol tekanan darah.
  6. Omega-3 dan selenium dalam tuna membantu untuk detoksifikasi tubuh dan baik untuk hati.
  7. Asam lemak Omega-3 dalam ikan tuna dapat membantu mencegah rheumatoid arthritis.
  8. Omega-3 yang sangat banyak pada Ikan Tuna sangat baik untuk wanita pascamenopause dengan diabetes dan mengurangi aterosklerosis.
  9. Omega-3 pada ikan tuna dapat mencegah obesitas.
  10. Ikan tuna juga bermanfaat bagi penderita asma.
  11. Ikan tuna juga bermanfaa bagi penderita Diabetes Mellitus Tipe 2.
  12. Omega-3 pada ikan tuna juga dapat melawan penyakit age-related macular degeneration (AMD).
  13. Tuna yang bermanfaat melawan penyakit Alzheimer.
  14. Ikan tuna juga baik untuk kesehatan kulit.Omega-3 pada ikan tuna memberikan perlindungan pada saluran pencernaan dan melawan kanker ovarium.
  15. Begitu banyak manfaat yang bisa kita dapat dari mengkonsumsi Ikan Tuna, terserah bagaimana cara anda mengkonsumsinya.




Nah, sudah tahukan mengapa banyak sekali masyarakat yang menyukai Ikan Tuna dan Abon Ikan Tuna ini. Oleh sebabitulah mengapa harga Abon Ikan Tuna ini relatif lebih mahal. Karena, Abon sendiri bisa dinikmati dengan berbagai macam cara dan berbagai macam pendamping.


Baiklah, kita mulai aja yuk siapkan bahan-bahan membuat Abonnya.

RESEP SEDAP ABON IKAN TUNA


BAHAN :
DAGING IKAN TUNA 100% (5 kg)

Tambahan Bahan dan Bahan Pembantu
  • Bawang Merah 5% ; 250 gr
  • Bawang Putih 3%; 120 gr
  • Laos 2%; 80 gr
  • Serei 0,8 % ; 32 gr
  • Ketumbar 2% 80 gr
  • Garam 3%; 120 gr
  • Gula 20%; 800 gr
  • Minyak Goreng 1 : 1 (1 kg bahan baku : 1 Liter minyak)
  • Daun salam secukupnya
  • Bawang Goreng secukupnya

Peralatan :
  • pisau
  • Talenan
  • Timbangan
  • Wadah (baskom)
  • Alat perebus
  • KOmpor
  • Alat Penggorengan
  • Peniris
  • Alat Pengemas
Cara Pengolahan :
  1. Siangi ikan, cuci bersih, kemudian potong-potong
    Rebus/kukus ikan dalam larutan 3% garam dan sereh, lama perebusan 20-30 menit
  2. Lakukan pengepresan agar kadar air dalam daging berkurang (daging ikan disuir-suir)
  3. Haluskan bumbu (bawang merah, putih, ketumbar dan laos) kemudian campurkan bersama hancuran daging ikan dan tambahkan salam, gula, santan dan aduk rata, diamkan sebentar agar bumbu meresap sampai ke dalam daging ikan
  4. Panaskan minyak goreng kemudian masukkan daging ikan dan goreng sampai masak
  5. Setelah penggorengan dilakukan, pengadukan secara terus-menerus sehingga abon ikan tuna nya tidak hangus
  6. Penggorengan selesai apabila benar-benar kering dan dipegang terasa kemersik
  7. Setelah abon ikan masak lalu di press kembali agar minyak yang terkandung dalam abon berkurang
  8. Campurkan abon dengan bawang yang telah di goreng agar terasa harum
    kemas abon menggunakan plastik. 
Itu dia resep yang pernah saya coba, bagi teman-teman yang mempunyai resep yang berbeda, yuk kita saling share berbagi pengalaman memasak Abon Ikan Tuna. 

Referensi:
https://diabonikantuna.wordpress.com/
https://www.pertanianku.com/

10 comments on "RESEP ABON IKAN TUNA SUPER ENAK DAN GURIH"
  1. Makanan enak dan bergizi ya, aku suka banget dengan abon tuna, nasi putih hangat ditabur abon tuna, laparrrrrrrr..........

    ReplyDelete
  2. Wah enak tuh, blm pernah buat ikan dijadiin abon. Boleh nih resepnya dicobain

    ReplyDelete
  3. Widiiih tuna dibikin sashimi aja ensk banget apalagi ditambah rempah begini Mba uuu jadi pengin nyoba

    ReplyDelete
  4. Top markotop ikan tongkol di bikin abon sangat bergizi untuk kecerdasan otak anak

    ReplyDelete
  5. widih... Mbak Mira Share resep terus ya, aku catat resepnya tapi suka lupa bikinnya.. hehehhe, resep abon ikan tuna harus aku coba minggu ini juga biar gal lupa terus

    ReplyDelete
  6. mau coba juga ah Mira resepnya.. kalo baca tulisannya kelihatan mudah.. ga tau kalo praktek bisa apa enggak :D

    ReplyDelete
  7. Cknyo much bikinnya y mir, hahaha. Tapi kapan

    ReplyDelete
  8. Athifah suka makan abon, kapan lah bikin dewek

    ReplyDelete
  9. Boleh juga ni dicoba buat lauk biasanya aku buat tuna goreng aja

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Auto Post Signature