Top Social

3 FAKTA INI MEMBUAT LKMS UKHUWAH SANGAT DIMINATI

Tuesday, January 9, 2018

Assalamu’alaikum teman-teman, udah lama nih nggak nulis. Pasalnya lagi sok sibuk banget. hihi.  Oh iya, udah pada tahu apa belum apa peda Koperasi, LKM dan  LKMS? Belum ya…
Oke deh, sebelumnya saya kasih tahu ya. Jadi Koperasi adalah salah satu bentuk usaha berbadan hukum yang berdiri di Indonesia. Menurut undang-undang no 25 tahun 1992 pasal 1 ayat 1 tentang perkoperasian, koperasi Indonesia adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang, seseorang, atau badan hokum koperas idengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi, sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

Lembaga keuangan mikro[LKM] yaitu lembaga keuangan yang khusus didirikan untuk memberikan jasa pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat baik melalui pembiayaan dalam usaha skala mikro kepada anggota dan masyarakat. Pengolahan simpanan dari lembaga keuangan mikro ini tidak semata-mata mencari keuntungan saja akan tetapi  juga bertujuan untuk membantu masyarakat. Lembaga keuangan mikro [LKM] ini berupaya untuk mendorong pemberdayaan masyarakat khususnya masyarakat berpenghasilan menengah kebawah dan juga usaha mikro, kecil dan usaha menengah diperlukan dukungan yang komprehensif dari lembaga keuangan.

Pendirian Koperasi LKM Syariah Ukhuwah Bintang Ihsani ini tidak lepas dari cerita panjang Yayasan Al Fida. Yayasan Al Fida Bengkulu adalah yayasan yang bergerak dibidang pendidikan, agama dan social ini berawal didirikan pada tanggal 13 september tahun 1991 dengan       SK No 11 Tanggal 13 September 1991 dengan unit kerja dari TKIT Auladuna, SDIT Iqro 1, SDIT Iqro 2, SMPIT Iqro dan SMUIT Iqro.

Dengan jumlah ± 3.000 murid dari SDIT sampai SMAIT ditambah dengan jumlah pengajar dan staff sebanyak ± 360 orang, maka dibutuhkan sebuah lembaga pengelolaan keuangan syariah guna menampung seluruh transaksi keuangan.

Namun untuk saat ini, tidak hanya ruang lingkup Yayasan Al Fida saja yang bisa bertransaksi di LKMS Ukhuwah melainkan sudah terbuka untuk umum. Baik itu perorangan ataupun kelembagaan.

3 FAKTA INI MEMBUAT LKMS UKHUWAH SANGAT DIMINATI


FAKTA PERTAMA

Ada 3 produk Unggulan di LKMS Ukhuwah

1. TABUNGAN GEMESS

Tabungan GEMESS yang merupakan singkatan dari GErakan MEnabung Seribu Sehari adalah tabungan dengan akad Mudharabah khusus untuk siswa/i yang memberikan berbagai fasilitas serta kemudahan dalam mata uang Rupiah.

Fasilitas:
•    Buku Tabungan
•    Mobile Banking
•    Virtual Account
•    Produk Bundling perlindungan asuransi untuk nasabah Tabungan GEMESS

Fitur, Tarif dan layanan Produk :


2. TABUNGAN UKHUWAH 

Tabungan Ukhuwah adalah produk tabungan dengan menggunakan akad wadiah atau mudharabah yang memberikan berbagai fasilitas serta kemudahan dalam mata uang Rupiah.

Fasilitas :
•    Buku Tabungan
•    Mobile Banking
•    Virtual Account
•    Produk Bundling perlindungan asuransi untuk nasabah Tabungan Ukhuwah

Fitur, Tarif dan layanan Produk


3. Bundling Produk Tabungan

FASILITAS EXTRA

FREE INSURANCE CARD.
Free Insurance Card yang juga dapat difungsikan sebagai Student Card

KEMUDAHAN

1. PILIHAN RUMAH SAKIT
Perwatan/pengobatan bebas dilakukan di RS/Klinik/PuskesmasRawat Inap di seluruh Indonesia
2. KWITANSI BIAYA PENGOBATAN
Dapat berupa foto kopi berlegalisir dari RS

KEUNGGULAN LAIN

1. 24 HOURS COVERAGE ALL OVER THE WORLD
Pertanggungan ini berlaku selama 24 jam di seluruh dunia
2. SHARIA COMPLIANCE
Pengelolaan asuransi dengan mengindahkan sharia compliance
3. SURPLUS ALOCATION
Tersedia alokasi surplus pengelolaan dana asuransi (alokasi surplus tabarru/bagi hasil) di akhir periode asuransi apabila :
  • Terdapat Surplus Pengelolaan Dana Tabarru
  • Selama masa pertanggungan (minimum 365 hari) tidak terdapat peserta yang mengajukan klaim,
  • Pertanggungan tidak dibatalkan di tengah periode asuransi .
Bundling Produk Tabungan Ukhuwah
  • Produk Mu’awanah Kebajikan Kumpulan – Tabungan adalah produk asuransi jiwa tabungan  syariah dari ASYKI, para nasabah penabung,  bila nasabah tersebut meninggal dunia dalam masa perjanjian.
  • Kontribusi per Tahun per Peserta untuk usia 20 tahun sd. 56 tahun adalah sebesar Rp. 12.000,
  • Kontribusi per Tahun per Peserta untuk usia 56 tahun sd. 80 tahun adalah sebesar Rp. 18.000,-
  • Apabila Peserta Yang Diasuransikan meninggal dunia bukan karena kecelakaan, maka ahliwaris akan mendapatkan Manfaat Asuransi sebesar Rp. 2.000.000,-
  • Apabila Peserta Yang Diasuransikan meninggal dunia karena kecelakaan, maka ahliwaris akan mendapatkan Manfaat Asuransi sebesar Rp. 3.000.000,-

FAKTA KEDUA


ADA 5 FASILITAS YANG AKAN KAMU TEMUKAN DI LKMS UKHUWAH

1. Pelayanan Yang Ramah 


LKMS ini bukan instansi yang menawarkan produk berupa barang, melainkan berupa jasa. Jadi pelayanan yang baik tentu merupakan daya jual yang sangat potensial.  LKMS Ukhuah selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik bagi  masyarakat ataupun nasabah yang bersilaturahmi  ke LKMS.

2. Ruangan yang Nyaman


Selain palayanan yang baik, ruangan yang nyaman juga menjadi factor kenyamanan seseorang untuk terus bertransaksi.  Di LKMS Ukhuwah sudah tersedia ruangan yang ber AC, Teller dan Costumer Service, kursi tunggu, meja setoran dan penarikan serta tak ketinggalan ada beberapa tumbuhan hijau yang ikut menyejukkan di LKMS ini.

3. Spot Foto yang Menarik


Saat ini, Spot foto menjadi hal yang paling menarik. Karena perkembangan teknologi yang begitu cepat, segala hal sebisa mungkin dijadikan kenangan berupa gambar. Nah, LKMS Ukhuwah memfasilitasi untuk teman-teman berbagi info ataupun mengekspresikan kegiatan di LKMS. Kabar baiknya, Insya Allah dalam waktu dekat setiap minggu/setiap bulan akan diadakan lomba foto kreatif di LKMS khuah ini yang nantinya pemenang akan diberikan Hadiah. Perihal ini masih dalam proses perencanaan yang akan segera diterapkan.

4. Nuansa dan Suasana Seperti Perbankan Syariah lainnya


Meskipus berlabel Koperasi, namun situasi dan suasana yang ada di LKMS Ukhuwah ini sudah seperti perbankan-perbankan Syariah lainnya.  Baik itu pelayanan, system ataupun produk.

5. Full Murotal

Untuk menambah kenyamanan Nasabah, iringan murotal Al-Qur'an akan ikut menenangkan. Pemutaran murotal ini bertujuan agar semua karyawan LKMS dan juga Nasabah sama-sama hatinya terpaut kepada Allah SWT. LKMS juga berharap timbulnya nilai-nilai Islami di lingkungan LKMS Ukhuwah BIntang Ihsani.

FAKTA KETIGA



INI DIA 4 AKTIVITAS YANG DITERAPKAN DI LKMS


1. Doa Pagi

Sebelum melakukan aktivitas dimanapun, memang doa adalah hal yang paling menentukan kesuksesan seseorang. Begitu juga dengan kesuksesan suatu lembaga, dengan dilakukankannya Doa rutin setiap pagi ini semoga LKMS Ukhuwah dijauhkannya dari sifat yang tidak amanah dan tindakan-tindakan yang tidak terpuji yang mengakibatkan LKMS Ukhuwah, Nasabah dan pihak lain menderita kerugian.

2. Lintasan Ayat/Hadist
 
Setiap pagi juga di LKMS selalu berusaha untuk menerapkan minimal satu pembacaan atau penyampaian Ayat atau hadist yang di bacakan secara bergiliran. hal ini bertujuan agar semua pegawai yang berada dalam naungan LKMS Ukhuwah bisa semakin dekat dengan Islam dan juga bisa menerapkan nilai-nilai Islami dalam beraktivitas di LKMS Ukhuwah dan terlebih juga diluar LKMS. 

3. Lingkaran Taujih/sharing/Game

Pada agenda ketiga ini, setiap Pegawai LKMS Ukhuwah secara bergiliran menyampaikan secara bebas apakah mau berupa taujih/sharing/game. Hal ini bertujuan untuk melatih semua pegawai LKMS Ukhuwah agar mahir dalam menyampaikan kebaikan. 

4. Takbir

Tentunya hal ini yang sangat  penting untuk dilakukan, yaitu selalu mengagungkan Allah SWT. Usai semua rangkaian rutinitas pagi, LKMS Ukhuwah selalu menerapkan untuk bersama-sama Takbir dengan penuh semangat.

Tidak banyak harapan di LKMS Ukhuwah ini, yaitu hanya berharap Allah Ridho saja dengan semua yang dikerjakan di LKMS Ukhuwah.

Jadi, teman-teman tidak usah khawatir untuk menabung/investasi di LKMS Ukhwah. Insya Allah semua keuangan Anda akan terkelolah secara Syariah dan Islami.

Alamat Kantor:
JL. MT HARYONO Kampung Bali Kota Bengkulu

9 comments on "3 FAKTA INI MEMBUAT LKMS UKHUWAH SANGAT DIMINATI"
  1. Kakak Nawra ada tuh tabungan gemes

    ReplyDelete
  2. Dekat dengan rumah nenek Athifah ini

    ReplyDelete
  3. Musti banyakin lembaga islam yang kaya gini. Keren abis mbak

    ReplyDelete
  4. mantab nih MIr, baru tahu kalau sudah ada yang beginian di Bengkulu

    ReplyDelete
  5. wah.. keren nih, biaya membuka tabungannya murah.. jadi tertarik nih buat nabung di LKMS Ukhuwah... sukses terus ya kak ^^

    ReplyDelete
  6. keren kak, jadi pengen menabung di LKMS Ukhuwah juga, sukses selalu kak..

    ReplyDelete
  7. Semoga semakin banyak koperasi yg menggunakan sistem syariah ya

    ReplyDelete
  8. Menjauhi riba, di sini nih tempatnya, makasih kak, jadi tahu ada LKMS Ukhuwah di Bengkulu.

    ReplyDelete
  9. Back to syariah..ulasannya beken full..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Auto Post Signature