Monday, November 20, 2017

Tips Belanja Online dengan Aman Agar Tak Jadi Korban Penipuan

Zaman dahulu orang belanja masih menggunakan sistem barter dan itupun harus jelas orangnya dapat diketahui dengan cara bertatap muka. kemudian zaman berkembang lagi, orang-orang belanja sudah menggunakan alat pembayaran yang biasa kita sebut uang, namun tetap dengan cara bertemu secara langsung. Tapi lama-kelamaan perkembangan teknologi yang begitu pesat, banyak merubah cara, sistem, pola hidup, gaya dan lainnya dalam kehidupan masyarakat. Jaman Now, jika kita sedang membutuhkan sesuatu, kita bisa untuk tidak usah perbayah-payah lagi pergi kesana-kesini, berpanas-panas untuk mendapatkannya. dengan kemajuan teknologi saat ini, berbelanja tidak harus di pasar ataupun berbarter, namun belanja online sangat membantu sebagain orang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Belanja online sendiri merupakan berbelanja dengan menggunakan media komunikasi berupa internet, bisa itu melalui media sosial atau situs-situs jualan/toko yang ada di internet. Uniknya, sistem belanja secara online ini kita bahkan tidak mengetahui bagaimana bentuk si penjual bahkan kadang juga kita tidak tahu juga di dana letak jelas toko mereka, serta terkadang juga si penjualpun tidak mempunyui toko.

Hanya mengklik mouse atau menyentuh layar, Anda bisa membeli berbagai macam kebutuhan secara online, mulai dari rumah tangga sampai mobil.Dunia elektronik sudah memungkinkan konsumen berbelanja di banyak toko tanpa harus meninggalkan rumah.Namun dibalik hal tersebut, Anda harus berhati-hati karena ada banyak toko online yang sebenarnya menipu.Jangan sampai Anda malah “menyumbangkan” sejumlah uang pada orang yang tidak bertanggung jawab. Berikut beberapa tips belanja online  yang bisa anda ikuti.

Ini dia 4 Tips Aman Belanja Online

1. Hati-hati menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit adalah jenis pembayaran yang begitu banyak digunakan saat melakukan kegiatan belanja online. Dalam hal ini, Anda harus ingat bila kartu kredit memiliki sifat statis sehingga nomor yang berada di kartu tidak akan berubah kecuali Anda menutupnya. Inilah yang harus diperhatikan karena saat informasi nomor tersebar secara online, nomor kartu kredit bisa digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi potensi kebocoran informasi ini seperti memastikan situs jual beli tersebut adalah laman yang aman, dan Anda dapat mengamati dengan mencari icon gembok kecil di pojok kanan URL bar.

2. Teliti kembali laman sebelum melakukan pembelian

Ingat untuk melakukan transaksi dengan perusahaan yang sudah Anda kenali. Jika akan melakukan pembelian di situs yang belum terkenal, pastikan Anda sudah melakukan penelitian kecil-kecilan tentang latar belakang dari toko tersebut. Sebuah toko yang terpercaya biasanya memberi alamat fisik atau nomor telepon yang dapat dihubungi.Anda bisa menghubungi nomor tersebut untuk memastikan apakah nomor yang dicantumkan asli atau palsu.

3. Jangan memberikan informasi pada sembarangan orang 

Saat melakukan transaksi pembelian, biasanya kita harus mengisi berbagai macam data yang dibutuhkan seperti alamat dan nama. Seringkali sebuah toko online juga ingin mencari informasi lain, biasanya mereka menggunakan alasan untuk memberi promo diskon. Jika informasi yang mereka cari masih dalam status umum, Anda bisa menjawabnya dengan baik, namun jika informasinya mencurigakan, lebih baik Anda mencari toko yang lainnya.

4. Simpan salinan pesanan

Jika Anda sudah menemukan toko online yang pas dan terpercaya, bahkan sudah melakukan pemesanan, usahakan melakukan screenshot gambar laman pemesanan.Hal tersebut sebagai bukti jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.Sayangnya, banyak orang yang melupakannya sehingga langsung melakukan pemesanan dan membuang bukti pesanan.Melakukan pembelian atau belanja secara online sebenarnya adalah hal yang begitu menyenangkan. Bila kita melakukannya dengan cermat dan mengikuti tips belanja online di atas. Seperti berbelanja pada umumnya, toko online juga memiliki persaingan harga yang cukup besar, sehingga jangan pernah lupa membandingkan harga antara satu tempat dengan tempat yang lain agar mendapatkan penawaran harga paling baik.

3 comments:

  1. Belanja semakin mudah dengan adanya sistem online, tapi mudah juga untuk kena tipu ya mba, jadi harus ekstra hati2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya benar sekali itu mbak. kita memang kudu hati-hari

      Delete
  2. tips yang menarik dan tertarik buat belanja, hahaha

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Blogger Bengkulu

b
>

Kumpulan Emak Blogger