Sunday, November 26, 2017

10 Cara Kreatif Mewujudkan Rumah Minimalis


Memiliki hunian minimalis dengan jumlah barang-barang yang minim memang terdengar sangat menarik. Terdapat banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh pemilik rumah minimalis. Diantaranya seperti mudah dibersihkan, tidak membutuhkan banyak biaya perawatan, serta mudah ditata. Karena biaya perawatannya tidak mahal, tentu saja pemilik rumah minimalis tidak terlalu terbebani. Mereka dapat menghemat uang, waktu, serta tenaga lebih banyak.

Akan tetapi, ketika sudah siap menata rumah menjadi minimalis, terkadang kita merasa bingung bagaimana cara untuk memulainya. Pada akhirnya, banyak dari kita yang merasa pesimis dan tidak mampu untuk mewujudkan rumah minimalis. Padahal, mewujudkan rumah minimalis tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Sebaliknya, kita dapat mewujudkannya dengan 10 cara kreatif berikut ini.

1. Meluangkan Waktu 5 Menit Setiap Hari

Tidak semua orang dapat mengubah tampilan rumah menjadi minimalis dengan mudah. Apalagi, kita juga memiliki kesibukan masing-masing. Jadi, cobalah untuk meluangkan waktu 5 menit setiap harinya untuk menata rumah menjadi minimalis. Meskipun membutuhkan waktu, lama-kelamaan tampilan rumah minimalis kita akan memuaskan.

2. Menyingkirkan Satu Barang Setiap Hari

Menyingkirkan satu barang setiap harinya dapat membuat rumah minimalis kita Nampak nyaman. Meskipun terlihat sederhana, kebiasaan ini dapat membuat perubahan signifikan pada rumah minimalis kita. Jadi, ucapkan selamat tinggal pada tumpukan barang-barang tidak terpakai.

3. Menyediakan Satu Tempat Sampah

Untuk memilah barang-barang di rumah, cobalah untuk menyediakan satu tempat sampah khusus. Cara kreatif ini dapat membantu kita menyingkirkan barang-barang kecil. Misalnya seperti kumpulan kertas, majalah, serta koran.

4. Mencoba Eksperimen Gantungan Ala Oprah Winfrey


Tips kreatif berikut ini sebenarnya tidak murni diciptakan oleh Oprah. Namun, Oprahlah yang membuat tips ini menjadi populer. Untuk menyortir barang, cobalah untuk menggantungkan semua pakaian kita pada arah yang terbalik. Setelah kita mengenakan satu pakaian, letakkan kembali dan gantungkanlah pada arah yang benar. Setelah enam bulan, kita akan menyadari pakaian mana saja yang sudah tidak kita butuhkan lagi. Selain pakaian, eksperimen ini juga bisa diterapkan pada barang-barang koleksi lainnya.

5. Membuat Daftar

Cara kreatif lainnya yang juga membuat rumah terlihat minimalis ialah dengan membuat urutan ruangan yang akan kita tata. Mulailah dari ruangan yang paling mudah untuk ditata.

6. Menggunakan Tantangan 12-12-12

Tips kreatif berikutnya yang dapat kita lakukan ialah menggunakan tantangan 12-12-12. Maksud tantangan ini ialah menyingkirkan 12 barang, mendonasikan 12 barang, serta menyimpan 12 barang. Secara tidak langsung, tantangan ini akan mempercepat proses penataan rumah. Dalam satu kali tantangan, kita sudah bisa mengurus 36 tantangan.

7. Mengubah Perspektif

Untuk menyingkirkan barang-barang yang tidak dibutuhkan, kita juga harus mengubah perspektif kita. Dengan begitu, kita bisa meninggalkan kebiasaan kita menumpuk barang-barang. Oleh karena itu, cobalah untuk meminta pendapat dari orang-orang di sekitar kita. Tunjukkan foto rumah kita kepada mereka dan lihatlah bagaimana mereka berkomentar. Cara ini akan menambah perspektif baru pada diri kita.

8. Bereksperimen dengan Angka

Untuk mendapatkan rumah minimalis, cobalah untuk memberikan tantangan-tantangan baru pada diri kita. Salah satunya ialah menggunakan eksperimen angka. Misalnya dengan hanya menggunakan 33 jenis pakaian selama tiga bulan. Lihatlah hasilnya, apakah kita dapat hidup dengan jumlah barang yang minim?

9. Menggunakan Imajinasi Sendiri

Ahli psikologi masa kini merekomendasikan kita untuk menggunakan imajinasi ketika menata rumah minimalis. Hal ini dapat kita gunakan pada bagian-bagian yang terlihat sulit ditata. Cobalah untuk mengajukan pertanyaan unik ke diri kita. Misalnya seperti “bila saya membeli barang ini, berapa biaya yang akan saya habiskan?” Pertanyaan kreatif ini dapat membantu kita untuk memilah barang-barang yang tidak kita butuhkan.

10. Menggunakan Metode Empat Kotak

Cara kreatif terakhir untuk mewujudkan rumah minimalis ialah menyiapkan empat kotak khusus. Keempat kotak tersebut dapat digunakan untuk membuang, mendonasikan, menyimpan, serta memindahkan barang-barang di rumah. Setiap barang di setiap ruangan harus masuk ke dalam salah satu kotak tersebut. Jangan sampai ada barang yang terlewatkan. Cara ini akan membutuhkan waktu berhari-hari. Namun, pada akhirnya, kita akan merasa puas karena telah berhasil menata rumah minimalis.


Sumber: https://www.becomingminimalist.com/creative-ways-to-declutter/

15 comments:

  1. Kreatif bgt nih mbak caranya. Bolehlah dipraktekkan ini hehe

    ReplyDelete
  2. Kamarku selalu berantakan dan bingung cara menata kamar yang kecil seperti apa. Dan untuk menyusun barang seperti baju, makeup, jilbab, dsb harus benar - benar tersusun dengan rapi. Ngomong - ngomong tips nya boleh dicoba nih

    ReplyDelete
  3. Minimalis berkaitan dengan keterbatasan..seperti yang tertuang dalam tips ini kita membatasi kondisi di rumah demi terwujud kenyamanan si pemilik rumah.

    ReplyDelete
  4. Minimalis berkaitan dengan keterbatasan..seperti yang tertuang dalam tips ini kita membatasi kondisi di rumah demi terwujud kenyamanan si pemilik rumah.

    ReplyDelete
  5. suer deh mir, jadi kepengn pindah ke rumah baru, hu um

    ReplyDelete
  6. dirumah banayk banget barang yang tak terpakai, mau buang sayang namun mau dikasih takut orang yang dikasih tersinggung ujungnya malah lapuk dengan sendirinya hehe

    ReplyDelete
  7. Anin nih mbak, penimbun barang. Kadang sampe ga sabar kalo udah beli banyak barang sampe menumpuk di kamar. Duh. Mesti banget dipraktekkan tips-tips dari mbak Mira nih..

    ReplyDelete
  8. setuju bgt nih, apalagi sm yg nmr 2.. kadang barang gak perlu juga mentereng di rumah.. alias menuh-menuhin ...

    ReplyDelete
  9. Pengen coba metode 12 - 12 - 12 nihh.. Barang apa yang mau di simpan yaa.. hahaa

    ReplyDelete
  10. Waa boleh juga dicoba ni
    Rumah saya berantakan ama barang1

    ReplyDelete
  11. Nomor 4 harus aku coba pertama kali... caranya unik, mudah-mudahan setelah mencoba tips kakak... rumahku menjadi rapi ^^

    ReplyDelete
  12. hahaha, lima menit dirapihkan llau diberantakan lagi, lumayan buat olahraga

    ReplyDelete
  13. menyiapkan empat kotak khusus. Keempat kotak tersebut dapat digunakan untuk membuang, mendonasikan, menyimpan, serta memindahkan barang-barang di rumah.

    tips ini boleh dicobain ya

    ReplyDelete
  14. Rumah saya rapi, pas masuk kamar saya baru berantakan, hehehe..
    Tipsnya bisa nih diterapin, semoga bisa lbh rapi dan jd kebiasaan baik

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Blogger Bengkulu

b
>

Kumpulan Emak Blogger