Thursday, October 5, 2017

MEMBUAT KUE ULTAH DENGAN BROWNIS KUKUS


Assamu’alaikum Sobat  Amiraja,

Kali ini saya akan berbagi resep bagaimana membuat kue ulang tahun yang simple dan murah dengan Bronis Kukus.  Resep ini saya dapatkan ketika saya pelatihan Pengolahan Hasil Pertanian bersama emak-emak Ketce di BLK Bengkulu. Ngomong-ngomong emak-emak ketce, jadi rindu mereka deh. Hihihi

Sebenarnya sebelum belajar membuat Bronis Kukus di BLK Bengkulu, saya juga sudah sering buat sih. Tapi rasanya masih biasa-biasa aja. Hee. Pas udah pelatihan ternyata emang ada metode-metode yang berbeda sehingga menghasilkan rasa dan tekstur yang berbeda pula. Yah, begitulah jika benar-benar ada yang mendampingi dalam belajar memasak. Kalo ada pendamping masak, semua masalah pada masakan pasti beres. Hihi…

Btw, kehadiran kue ulang tahun sangat menarik  untuk memberikan hadiah atau kejutan kepada orang yang kita sayangi. Namun permasalahannya, harga kue ulang tahun yang begitu tinggi membuat kita terkadang merasa keberatan untuk mendapatkannya. Bayangkan, untuk mendapatkan kue ulang tahun yang kecil saja, kita harus siap mengekuarkan bajet  seratus ribuan. Kalo kita buat sendiri, dah dapat berapa buah kue ulang tahun yang lebih besar nih.

Faktanya juga, terkhusus saya sendiri. Saya itu biasanya jika mencari kue ulang tahun, tidak pernah bertanya  kuenya rasa apa atau kuenya enak apa tidak. Tapi saya lebih sering membeli kue berdasarkan gambarnya menarik atau tidak. Jadi sebenarnya tidak ada masalah dengan kuenya. Sekarang tinggal kita memadukan rasa kue yang akan kita buat dengan lukisan yang akan kita tampilkan.

Tapi masalahnya, sebagian dari kita mau membuat kue ulang tahun itu rempong, tidak punya alat masak bahkan ada juga yang bilang tidak mengerti resep dan cara masaknya. Nah, tenang saja sobat Amiraja, kali ini saya akan berbagi resep membuat kue ulang tahun yang sederhana namun tak kalah dengan kue ualng tahun yang ada di toko-toko. Yuk, kita siapkan bahan-bahannya.

Eits, tunggu dulu. Sebelum kita mengukus ada hal yang perlu kita perhatikan. Mengukus atau menggunakan uap air panas sebaiknya dilakukan pada saat air mendidih, baru adonan dimasukkan. Untuk kue tertentu seperli bolu kukus atau kue mangkuk, sebaiknya cetakan harus dikukus terlebih dahulu, lalu adonan dimasukkan agar kue mengembang sempurna. Biasanya kue yang memerlukan pengembangan tidak diperbolehkan membuaka kukusan sebelum kue mengembang  dan teksturnya kokoh karena adonan akan turun dan kue akan menjadi bantat. Sebaliknya untuk kue putu mayang dan kue ku, tutup kukusan harus dibuka tutup agar bentuk kue tidak melebar dan tetap bagus. Selalu membungkus dengan serbet guna menghindari uap air yang menetes ke permukaan adonan dan kue menjadi lembab, berair, dan tidak cantik lagi penampilannya. 



RESEP BRONIS KUKUS


BAHAN
  • Telur 8 butir
  • Gula 800 gr
  • SP 1 sdt
  • Terigu 1 ½ Gekas + cokelat 80 gr (ayak)
  • Minyak ½ gelas
  • Air ½ gelas
  • SKM 1 Bks
  • Garam secukupnya
  • Vanili 1 sdt
  • Bisa juga ditambahkan pasta cokelat untuk menambahkan warna
  • Cokelat parut

CARA MEMBUAT
  • Mixer gula, telur sampai mengembang
  • Masukkan vanili dan SP, kemudian mixer
  • Masukkan terigu dan cokelat, aduk sampai rata
  • Gabungkan air, minyak, skm dan garam. Kemedian masukkan kedalam adonan, aduk
  • Siapkan Loyang yang agak besar, beri plastic dibawahnya dan lapisi dengan margarine
  • Setengah adonan masukkan kedalam Loyang, kemudian kukus sampai matang
  • Setengah adonan lagi bisa juga diberi coklat yang agak pekat, bisa juga tidak. Sesuai selera
  • Adonan yang sudah dikukus beberapa menit diberikan diatasnya cokelat parut sebagai pelapis dengan adonan  selanjutnya
  • Setelah coklat parut diletakkan diataskukusan pertama, masukkan adonan kedua diatasnya, kukus kembali hingga matang
  • Setelah matang, hias

CARA MENGHIAS
  • Siapkan butter cream untuk menghias
  • Butter cream bisa kita buat dari campuran mentega putih dan gula halus, mixer hingga mengembang,
  • Siapkan beberapa pewarna makanan, sesuaikan dengan gambar apa yang akan kita lukis di kue ulang tahunnya. Sebagai contoh, saya membuat gambar doraemon dan teman-teman saya membuat gambar spongebob dan Hello Kitty.
  • Oleskan tipis butter cream putih di kue yang sudah di angkat tadi. Lukis manual dengan menggunakan lidi bersih atau pipet akua gelas sebagai .
  • Setelah dilukis, ikuti dengan menggunakan butter cream sesui dengan gambar dan warna yang kita inginkan.
  • Insya Allah kue Ulang Tahun anda akan jauh lebih murah.


Selamat Mencoba Bunda...

1 comment:

  1. telurnya lumayan banyak jg ya mba :D btw kalau ngga dikukus bisa di oven ngga? Soalnya ngga punya kukusan gede :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Blogger Bengkulu

b
>

Kumpulan Emak Blogger