Thursday, October 26, 2017

CARA SIMPEL BUAT NASTAR TERASA RENYAH


Hai Mom, pasti udah tau Nastar dong. biasanya para emak-emak udah familiar banget ya dengan jenis kue kering yang satu ini. Nastar  termasuk salah satu jenis kue kering yang banyak diminati, nastar sendiri ialah kue kering yang berisikan selai nanas. Harga nastarpun tergolong relative mahal, apalagi jika mendekati hari raya. Saya aja biasanya beli setengah kilogram itu lima puluh ribuan.  Jika kita bandingkan dengan harga beli, sebenarnya membuat sendiri akan jauh lebih hemat. Nah, untuk lebaran tahun depan kue nastarnya kita buat aja yuk mom. Mudah kok, enak dan gurih lagi.
Sebelum kita membuat nastar, sebaiknya kita mesti tahu terlebih dahulu bagaimana kunci dasar dalam membuat kue kering.

Kunci Sukses Membuat Kue Kering
  • Selalu gunakan terigu berprotein sedang, bisa menggunakan tepung segitiga
  • Tambahkan 20% tepung meizena (dari total tepung dalam resep)
  • Tambahkan 1 sdm susu bubuk (tiap 500 gram terigu)
  • Sebaiknya tambahkan butter untuk penambah aroma
  • Jangan mengocok mentega terlalu lama
  • Selalu gunakan telur yang segar
Sebenarnya memasak itu tidak hanya bisa mengandalkan resep yang bagus atau resep yang enak, tapi selain  kita punya resep yang bagus kita juga perlu memperhatikan teknik-teknik sederhana yang terkadang kita lupakan. Sekarang kita sudah tahu apa yang harus kita siapkan dan perhatikan dalam memasak kue kering.

TIPS Membuat Kue Kering Terasa Renyah
  • Pencampuaran dan pengadukan margarin dan gula kurang lebih 2 menit, tapi jika mentega disarankan jangan sampai lebih dari 1 menit karena mentega mudah cair ketika dikocok
  • Gunakan tepung terigu protein rendah jika ingin kue kering terasa renyah, gunakan protein sedang jika ingin kue kering empuk.
  • Mengaduk kue kering terlalu lama akan membuat bantat, jadi aduklah bahan kue kering sekaligus akan pada saat mengaduknya tidak terlalu lama. Karena jika terlalu lama, kue kering akan mengaret dan menjadi liat.
  • Jika adonan kue kering masih terasa lebek, jangan menambahkan bahan apapun lagi untuk mengatasinya. Namun bungkuslah dengan plastic kemudian masukkan ke dalam lemari es. Karena jika kita tambah tepung tidak sesuai takaran di resep, maka akan membuat kue kering berbau tepung. Biasakan membuat kue kering berdasarkan takaran yang sudah ada.
  • Jika menggunakan tepung lain selain tepung terigu, seperti tepung tapioca ataupun tepung ketan atau sagu sebaiknya disangrai terlebih dahulu agar terasa renyah.
  • Usahakan menggunakan cetakan sekaligus banyak, syukur-syukur jika sekali adon langsung dipanggang. Hal ini memudahkan dan mempercepat proses pembuatan, dan tidak membiarkan adonan terlalu lama menunggu.
  • Untuk adonan yang dianggap akan mengembang, maka beri jarak ketika meletakkan kedalam cetakan.
  • Jangan terlalu panas dalam pengaturan suhu didalam oven agar masaknya kue kering lebi menyeluruh dan sempurna.
  • Jika ingin mengemas ataupun menyimpan, tunggulah kue kering benar-benar dingin agar tidak mudah lempam.

Bahan  Selai:
  • nanas 400 gr (parut)
  • gula 150 gr
  • kayu manis 2 cm
  • air lemon 1sdt
  • bisa juga pakai gula merah dan cengkeh

Olesan :
  • 2 btr kuning telur
  • 1 sdm margarine

Bahan kulit :
  • Gula halus 70 gr
  • Tepung segitiga 300 gr
  • Meizena 1 sdm
  • Susu bubuk 1 adm
  • Margarine 250 gr
  • Telur 1 btr
  • Pengembang

Cara membuat:
  • Kocok margarine, kuning telur dan gula halus
  • Diwadah yang lain, gabungkan tepung, meizena, susu bubuk kemudian diayak agar  menyatu
  • Aduk hingga kalis dan sampai bisa dibulatkan
  • Bulatkan adonan, kemudian isi dengan selai
  • Siapkan Loyang yang sudah diberi margarine
  • Letakkan diloyang dengan memberikan jarak
  • Oleskan dengan kuning telur pada nastar yang siap dipanggang
  • Panggang
   
Nah, itu resep kue nastarku. Mana resepmu? Sharing yuk…


NARSIS LAGI BERSAMA EMAK-EMAK PHP BENGKULU
CEKREK...!



1 comment:

  1. Hallo, Mba Mira.. Aku walaupun pake terigu biasanya tetep disangrai dulu. Kuenya jadi renyah dan lumer di lidah. Duh jadi pengin ngulik resep lagi euy :9

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Blogger Bengkulu

b
>

Kumpulan Emak Blogger