Monday, October 30, 2017

4 PRODUK UNGGULAN BENGKULU INI AKAN MEMBUATMU KETAGIHAN

https://commons.wikimedia.org
Berbicara soal Kota Bengkulu yang merupakan tanah kelahiranku sendiri memang sangat menyenangkan. Rasanya tidak ada celah dalam menikmati sumber daya alam yang ada. Jika bukan kita sebagai pribumi Bengkulu, siapa lagi yang akan bangga dengan Daerah kita sendiri. Apalagi sekarang Bengkulu selalu memberikan kemajuan yang signifikan, baik bidang infrastruktur, sosial budaya ataupun industri kreatif. tentunya dalam proses pembangunan tersebut tak lepas dari visi n misi yang jelas pula.

Pada kegiatan Bimbingan Teknik Pembuatan Blog yang diadakan oleh Dinas Kominfo Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan Blogger Bengkulu pada tanggal 30-31 Oktober 2017 berlangsung dengan sangat antusias dan menyenangkan. kegiatan ini juga langsung di sponsori oleh Telkom Bengkulu, Media Center Bengkulu dan Modechom Bengkulu. Hal yang paling menyenangkan lagi adalah banyaknya hadiah-hadiah yang menarik untuk peserta bimbingan, semua peserta diberikan tantangan menyelesaikan sebuah artikel mengenai Produk Unggulan Bengkulu. Tentulah juga tersedia produk-produk Bengkulu yang sudah di kemas dengan begitu menarik menjadi sasaran para Blogger pada saat pelatihan.

Provinsi Bengkulu termasuk salah satu Provinsi yang tergolong luas, terbentang dari Mukomuko sampai Kaur. Dengan kondisi Bengkulu yang Topografinya lengkap, gunung, lembah, hutan, dan lainnya. Dengan kehadiran  46% adalah hutan, tentulah produk unggulan Provinsi Bengkulu berasal dari alam.

Dalam mengatasi permasalahan yang ada dan untuk pengelolahan potensi yang ada di Bengkulu secara maksimal, pemerintah Provinsi Bengkulu merumuskannya dalam 5 program unggulan provinsi Bengkulu. Program-program tersebut antara lain:

  1. Pengentasan kemiskinan dan perentasan ketertinggalan
  2. Penguatan komoditas unggulan agromaritim dan hiliralisasi
  3. Pengembangan infrastruktur strategis dan industralisasi
  4. Transformasi birokrasi dan tata kelola pemerintah berbasis ternologi dan informasi
  5. Mensukseskan agenda pariwisata daerah visit 2020 Wonderful Bengkulu.


4 Produk Unggulan Provinsi Bengkulu


1. Jeruk Gerga Lebong



http://balitjestro.litbang.pertanian.go.id
Saat ini pengembangan jeruk gerga lebong terus digalakkan di Bengkulu sebagai salah satu hortikultural unggul. Di Kabupaten Lebong luas penanam saat ini mencapai 153 hektar, serta di kabupaten lain seperti Kabupaten Kepahiang 82 hektar. Rata-rata jarak tanam 7m x 5m dengan populasi per hektar 250 tanaman. Jeruk gerga lebong memang istimewa. 


Jeruk Gerja merupakan jeruk khas Kabupaten Lebong, jeruk gerga hanya mampu menghasilkan di daerah dataran tinggi dengan daging buahnya yang tebal, dan tahan lama. Bahkan akan tahan manis jika kita setelah memetik, tapi didiamkan beberapa hari. Informasi dari petani, idealnya 1 minggu setelah dipetik akan terasa manisnya maksimal. jeruk gerga ini sudha terseftifikasi dan tidak mengandung zat-zat berbahaya.

Jeruk Kalamansi
http://burntlumpia.typepad.com
Jeruk Kalamansi ini sebenarnya berasal dari Amerika latin, tapi setelah diadakan uji praktik ternyata daerah Bengkulu sangat cocok dijadikan untuk penghasil jeruk ini,” Jeruk kalamansi merupakan jeruk yang memiliki banyak manfaatnya, misalnya untuk  memasak ikan, sambal dan untuk sari buah minuman segar jeruk ini sangat kaya akan mineral dan vitamin C yang cukup tinggi. Budidaya jeruk kalamansi sebenarnya tidak terlalu susah, sama seperti budidaya jeruk lainnya. Bahan tanam jeruk kalamansi dapat diperoleh dari cangkok, okulasi dan ada juga yang menerapkannya dengan cara stek. Namun, cara perbanyakan tanaman secara vegetatif (okulasi) merupakan cara yang paling banyak diterapkan.
https://azzamaviero.com/

Jeruk kalamansi merupakan produk unggulan di Provinsi Bengkulu, di daerah Padang Serai sudah dicanangkan sebagai Desa Jeruk Kalamansi. Jeruk Kalamansi berbeda dengan jeruk Gerga. Bentuknya lebih kecil dan mengandung banyak kandungan air. saat ini sudah banyak dikembangkan oleh masyarakat menjadi sirup kalamansi. Jeruk Kalamansi ini berbeda dengan rasa jeruk lainnya, yaitu terasa asam. Sehingga enak dijadikan sirup sebagai minuman segar. Penyebaran sirup kalamansi ini juga sudah meluas bahkan judah ada yang ekspor, sementara pusat penjualannya sudah ada disepanjang rumah Bung Karno sampai simpang lima sebagai central oleh-oleh dari Bengkulu.

Jika teman-teman dirumah ada tanaman jeruk seperti ini dan lagi selera-seleranya minum sirup, sementara sirup kalamansi belum bisa di dapatkan secara cepat. Buat sendiripun juga tidak juga akan terasa segar.


Baiklah teman-teman, berhubung saya sudah pernah mengolah jeruk kalamansi. saya akan berbagi mengenai cara membuat Sirup Kalamansi.

Resep Membuat Sirup kalamansi

Bahan:

  • Jeruk Kalamansi 1 kg 
  • Gula 1-1/2 kg

Cara Membuat:

  • Jeruk dicuci, dipotong, diperas kemudian di saring
  • Tambahkan Gula Pasir
  • Air Jeruk dan Gula di Kukus
  • Sirup Siap di konsumsi
Foto milik pribadi
Foto milik pribadi



Foto milik pribadi
Foto milik pribadi


Untuk kita ketahui bersama, Jeruk kalamansi ini mempunyai banyak manfaat  yaitu sangat kaya akan mineral dan berguna untuk sebagai berikut :

1. Kaya akan kandungan vitamin C
2. Menjaga stamina tubuh
3. Anti oksidan
4. Meningkatkan sirkulasi darah
5. Memperkuat tulang
6. Menstimulasi pertumbuhan, terutama pada anak-anak


3. Pisang Curup




Kelebihan pisang Curup, meskipun mirip dengan Pisang Ambon, namun berbeda dengan pisang Ambon. Kandungan air nya lebih sedikit dari pisang ambon, ini merupakan pohon pisang yang dihasilkan dari perkebunan pisang yang ada di curup. Bahkan jika ditanam ditempat lain, maka buah yang dihasilkan akan berbeda. Karena unsur hara di tanah suatu daerah akan berbeda dengan daerah lain. Jenis pisang ini juga sudah tersertifikasi sehingga tidak mengandung zat yang berbahaya. Oleh karena itu Pisang Ambon dari Kota Curup, Kabupaten Rejang lebong, Provinsi Bengkulu, banyak diminati para pendatang dan kerap dijadikan oleh-oleh sehabis berkunjung ke daerah itu.

Pisang yang dijual para pedagang, kebanyakan berasal dari Kecamatan Curup Tengah, Curup Timur, Curup Selatan dan kecamatan lainnya, kemudian buahnya dibeli pedagang pengumpul yang selanjutnya memasok kebutuhan pedagang di daerah itu. Mereka tidak bisa menanam pisang, karena di kawasan tersebut letak tanahnya berbentuk perbukitan dengan tanah gembur dan hembusan anginnya cukup kencang sehingga tanaman pisang mudah roboh.

4. Udang Vaname





Provinsi Bengkulu memiliki wilayah kelautan dan perikanan yang potensial. Termasuk potensi budidaya udang vaname yang terletak di Bengkulu Tengah dan sebagian daerah lainnya.

Meski pengembangan produk unggulan Udang Vaname belum tergarap dengan baik. Namun hal tersebut memiliki potensi yang sangat besar.

Udang Vaname sebagai salah satu produk unggulan sektor maritim/perikanan Provinsi Bengkulu dari sisi kualitas tidak kalah dengan daerah-daerah lainnya.

Hanya saja persoalan distribusi dan perluasan pasar masih terbilang lemah. Termasuk pembangunan sentra-sentra produk Agro-Maritim serta terminal agribisnis.

Jika kegiatan tambak udang diberdayakan dengan baik, maka industri pengolahan udang segar siap ekspor akan tumbuh di Bengkulu.



Buat teman-teman yang menjadi semakin penasaran dengan produk-produk unggulan Provinsi Bengkulu, pastikan jika pulang dari berwisata di Bengkulu segera datangi Central Oleh-Oleh yang terdapat di sepanjang kawasan Rumah Bung Karno Anggut Kota Bengkulu. Disana tersedia berbagai macam makanan khas Bengkulu yang siap menggoyang lidah teman-teman semua.

Ditunggu kehadirannya ya, jika sudah sampai di Bengkulu tapi kesulitan mencari alamatnya, bisa kontak saya langsung. saya pastikan akan saya antar sampai tujuan. hehehe




Tulisan ini dibuat dalam Bimbingan Teknis Pembuatan Blog untuk memenuhi tantangan dari #BimtekBlogDiskominfotikBKL

Sumber:

http://pagemenu.blogspot.co.id/2013/05/budidaya-jeruk-kalamansi.html





3 comments:

  1. untung ikutan hari ini Mir, kalau idak tu dak tau kalau ternyata udang vaname itu salah satu produk unggulan Bengkulu *maafkanlah

    ReplyDelete
  2. haha, iyo nian say. baru tahu klo namo udang itu namanya Vaname..hehe

    ReplyDelete
  3. Udang Vaname, penampakannya sama kayak Udang Ompol mb. Kalau di Medan, Udang Ompol ini biasanya rebusannya dikasih ke anak-anak biar gak ngompol lagi. Entah bener apa gak


    Makanan dari Bengkulu yang aku pernah coba Pempek Saskia. Rasanya enyaaak. Aku suka Mb

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Blogger Bengkulu

b
>

Kumpulan Emak Blogger