Monday, October 9, 2017

4 Fakta Perantau Wajib Punya Teman Serumah


Memutuskan untuk merantau merupakan keputusan yang sudah sangat matang dan sangat penting diperhatikan. Yang pertama kali terpikirkan oleh kita yaitu kemana kita akan pergi dan dimana kita akan tinggal. Tentunya hal tersebut berhubungan dengan bajet yang kita miliki. Sebagai orang daerah seperti saya yang tidak memiliki pengalaman ataupun banyak link untuk mencari tempat tinggal tentunya akan sangat menimbulkan ekspektasi yang mengerikan. Karena kita akan tinggal di Kota besar dengan beragam jenis karakter dan kepadatan. Kadang kala kita baru akan mencari pekerjaan yang belum jelas, sementara pengeluaran perbulan untuk sewa kosan sudah pasti.

Selain itu, Mahasiswa perantau juga akan mengalami hal yang sama. Disatu sisi harus membayar uang kuliah, buku dan ditambah lagi harus membayar uang sewa yang rutinan. Jika semua ini kita pikirkan sendiri tentu akan ngos-ngosan kita menjalani hari-hari yang berstatus perantau. Hal ini juga terjadi pada suami saya setika menyelesaikan studi Magisternya di salah satu Kota besar, waktu itu saya belum tahu mengenai teman sekamar itu seperti apa. Setiap bulan selalu berasa tanggal tua,  hihihi. 

Kehadiran teman serumah dalam perantauan sangatlah menguntungkan, namun terkadang yang menjadi masalah adalah bagaimana cara menemukan teman sekamar dan dimana tempat yang akan menyediakan fasilitas ini. Beranjak dari semua permasalahan anak rantau, ada solusi yang sangat efektif sebagai referensi. Berbahagialah kita, saat ini sudah ada situs Serumah.com.

Inilah 4 Fakta Perantau Wajib Punya Teman Serumah



1.    Lebih Hemat Biaya

Situs serumah.com merupakan jawaban mudah bagi mahasiswa dan profesional muda yang merantau dari kota asal yang mencari tempat tinggal dan teman sekamar berdasarkan preferensi mereka. Namun, tidak semua orang terpikir untuk menyewa bareng. Hampir sebagian besar menyewa kost/apartemen untuk diri sendiri.

Serumah.com adalah platform yang menghubungkan pengguna untuk mencari teman sekamar dan berbagi kamar. Mereka yang ingin berbagi kamar sewa (sharing room rent) bisa mengiklankan kamar mereka di Serumah dan mencari roommate. Target utama pengiklan kamar di Serumah adalah mereka yang menyewa kamar sewa dan membutuhkan teman untuk sharing biaya sewa bukan pemilik kost/properti lainnya.

Dalam situs ini tersedia juga roomsharing dan juga roommate agar kita memahami bahwa sharing kamar sewa bisa menjadi alternatif penghematan pengeluaran biaya hidup. Dan lagi, mayoritas masyarakat di Indonesia adalah pengguna mobile phone sehingga bisa dipastikan bahwa serumah sangat mobile-friendly tanpa mengharuskan pengguna mengunduh aplikasi. Kami tidak menutup kemungkinan untuk membuat aplikasi tetapi lebih mudah jika pengguna tidak perlu download aplikasi.

Fitur website serumah berupa pencarian teman sekamar (roommate). Pencari Roommate, yaitu mereka yang ingin mencari teman untuk tinggal bersama dan berbagi biaya tempat tinggal bersama dengan orang lain (baik itu housemate, roommate, teman kost atau flatmate). Pencari teman sekamar ada tiga tipe:
  • Mereka yang sudah memiliki kamar sewa/kost dan hendak mencari teman untuk diajak sewa bareng
  • Mereka yang belum memiliki kamar sewa dan juga teman sekamar.
  • Mereka yang fleksibel bisa berpindah selama mendapatkan teman kost. Namun kita harus terlebih dahulu mendaftarkan diri anda terlebih dahulu sebagai pengguna di: https://serumah.com/id/register/Saat ini khususnya di kota besar seperti Jakarta, trend berbagi kamar (room sharing) semakin digandrungi.

2.    Punya Teman Diskusi

Untuk kita yang tidak terbiasa hidup seorang diri, mencari teman serumah adalah pilihan yang sangat tepat. Apalagi jika kita tipikal orang yang senang berdiskusi dan bercerita. Dengan kehadiran teman serumah tentunya akan menjadikan dunia perantauan kita lebih bahagia dan tidak merasa sendiri di kota yang ramai.

3.    Properti Lebih Ekonomis

Selain itu, manfaat lainnya juga sangat banyak sekali untuk perantau. Dengan adanya teman serumah tentu sebagai orang pendatang kita tidak mau berboros-boros ria, hal lain yang sangat membantu kita adalah dengan berbagi alias menggunakan simbiosis mutualisme. Yah, saling menguntungkan gitu. Misal, jika kita harus membeli kompor di tempat sewa maka jika kita punya teman serumah bisa patungan atau sumbangan sama rata untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan secara bersama.
 
4.    Dapat Mempelajari Berbagai Karakter


Manusia adalah makhluk sosial, tidak terlepas dari bantuan orang lain. Hidup ditengah karakter yang berbeda membuat kita terbiasa dalam menyikapi prilaku seseorang. Dengan seperti itu kita bisa belajar dari teman terdekat kita didalam rumah.




5 comments:

  1. wih, saya sendiri neh dikosan, kalau mau dengan kawan kadang ada gak enaknya, apalagi yg satu rajin yg satu cma lihat doank, hehehe

    ReplyDelete
  2. Keren ya sudah ada serumah.com mantap nih buat yg mau kost2an

    ReplyDelete
  3. Terkadang nyari teman serumah yang cocok itu susah. Tapi ini solusi banget buat orang yang ga suka sendirian, jadi ada teman. Lebih hemat lagi

    ReplyDelete
  4. iya Sih kak. Cuma itu nyari teman yang benar2 bisa sejudul yang kyaknya agak susah deh kak

    ReplyDelete
  5. perantau enggak punya banyak teman apes dah. apalagi kalo lagi enggak punya uang.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Blogger Bengkulu

b
>

Kumpulan Emak Blogger