Sunday, September 24, 2017

INILAH 7 ILMUWAN WANITA INDONESIA YANG MENGINSPIRASI



“Wanita itu adalah Tiang suatu Negara, apabila wanitanya baik
maka Negara akan baik dan apabila wanitanya rusak
maka Negarapun akan rusak” . (Pepatah)

Dari pepatah diatas, Wanita merupakan tonggak sebuah peradaban. Wanita mempunyai banyak peran dalam kehidupan. Wanita adalah seorang Istri yang harus patuh terhadap suami, seorang Ibu yang bertanggung jawab penuh terhadap anaknya dari dalam kandungan sampai dewasa, seorang anak yang juga harus menghormati orang tuanya. Untuk menyukseskan semua fungsi seorang wanita, diperlukan wanita yang hebat agar tercipta generasi dan lingkungan keluarga serta masyarakat yang hebat pula.

Peran wanita hebat sangat dibutuhkan, karena anak-anak merupakan bibit-bibit penerus bangsa Indonesia. Sebagaimana yang dikatakan seorang tokoh yang bernama Syauqi “Ibu Ibarat madrasah (sekolah), jika kau persiapkan maka sesungguhnya kau sedang menyiapkan bangsa (besar) yang wangi keringatnya”. Dari kalimat tersebut menggambarkan bahwa wanita mempunyai peranan penting dalam membangun dan menanamkan nilai-nilai positif terhadap generasi penerusnya.  Didalam keluarga, wanita merupakan benteng utama dalam keluarga. Menjadi Madrasah pertama bagi anak-anak guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Dengan jumlah wanita lebih banyak dibandingkan dengan laki-laki, membuat wanita harus mempunyai talenta dalam berbagai bidang pendidikan, lingkungan, politik, ekonomi, keluarga, agama dan lainnya. Setiap wanita sebenarnya terlahir hebat, karena mempunyai peran yang sama dalam kehidupan ini. Namun, jika seorang wanita dapat membangun atau menciptakan estapet yang banyak sebagai penerus, maka ia akan menjadi wanita yang menginspirasi. Karena sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat untuk orang lain.

Pada zaman yang sudah super teknologi seperti sekarang ini, semestinya kita sebagai wanita harus banyak-banyak bersyukur. Kita sudah dapat menikmati fasilitas yang ada, tidak perlu lagi berjalan kaki berkilo-kilo hanya untuk mendapatkan satu batang tempe atau tidak perlu memasak air sampai berjam-jam lamanya. Serkarang dunia sudah semakin canggih, jika lapar sudah bisa pesan dan delivery. Beli baju tidak usah jauh-jauh buang keringat untuk kepasar. Cukup punya uang dan bermodal android  tinggal klik saja, barang langsung diantar sampai kerumah.

Dengan dunia yang sudah seperti sekarang ini, sangat sayang sekali jika kita tidak memanfaatkan peran keahlian wanita yang begitu potensial. Namun, hanya beberapa wanita yang mampu berpikir untuk menciptakan bukan hanya sekedar menikmati. Kita bisa belajar dari Raden Ajeng Kartini menulis mimpi, seandainya para perempuan bisa bersekolah. Kini, bukan hanya bersekolah di lokal saja, sebagian perempuan Indonesia ikut berlaga dalam kancah dunia.  Lewat pendidikan, daerah yang dulu padam bisa kembali terang. Bahkan, sebagian mereka tak hanya bisa mengenyam pendidikan, tapi juga berprestasi, berperan, ikut menentukan arah sejarah.

Wanita-wanita hebat ini tentu juga akan melahirkan generasi-genarasi yang hebat pula, bayangkan jika yang hebat itu salah satunya adalah kita. Betapa berharganya sebuah janin yang hadir di Rahim kita, tentu jika di arahkan kejalan yang benar akan tercipta genarasi yang jauh lebih baik. Insya Allah..

Berikut kartini-kartini Indonesia saat ini yang ikut handil dalam memberikan manfaat untuk masyarakat Indonesia maupun dunia.

1.    Evvy Kartini
http://www.ngehits.net
Evvy Kartini adalah Fisikawan Indonesia yang ahli dalam teknologi tenaga nuklir dan salah satu dari sepuluh ahli sejenis yang ada di dunia. Ia dikenal sebagai ilmuwan penemu penghantar listrik berbahan gelas dengan teknik hamburan netron yang berdaya hantar sepuluh ribu kali lipat dari bahan sebelumnya.

Evvy, lulusan ITB 1998 ini mulai menjajaki material kaca saat magang di Hahn Meitner Institute (HMI) di Berlin, Jerman, 1990. Ia berhasil menemukan model baru difusi dalam material gelas. Penemuan itu dipresentasikan pada Konferensi Internasional Hamburan Netron (ICNS) Jepang. Maka namanya mulai tercatat dalam jurnal penelitian internasional bergengsi seperti Physica B (1994).

Saat itu pula ia mulai berkolaborasi dengan para profesor peneliti netron dari Jepang dan Inggris, negara-negara terkemuka dalam penelitian netron. Kolaborasi menghasilkan fenomena dinamika ion dalam bahan -bahan gelas. Penemuan besar yang dicari para ilmuwan dari berbagai belahan dunia. Ia masih tekun dengan banyak penelitian di tingkat dunia tentang material dan energi.

2.    Is Helianti
http://ptb.bppt.go.id

Is Helianti merupakan peneliti di Pusat Teknologi Bioindustri, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.  Ia memimpin timnya untuk melakukan rekayasa genetika enzim. Belum lama ini mereka menemukan bakteri yang potensial sebagai penghasil xilanase jenis baru, enzim yang digunakan sebagai pemutih kertas. “Untuk memutihkan kertas, biasanya menggunakan bahan kimia, klorin, dan memang lebih murah. Tapi efeknya membahayakan manusia dan mengancam lingkungan. Belum banyak industri berbasis bioteknologi di Indonesia, ia yakin penemuan di bidang ini sangat bermanfaat.

Teknologi telah meringankan hidup manusia dan tak jarang memberi solusi di tengah ketegangan antara rasionalisme dan keimanan. Dulu insulin diambil dari babi. Tapi sebagian orang muslim tidak bisa menerima. Teknologi rekayasa genetika ternyata sangat membantu.

3.    Herawati Sudoyo
http://www.thelancet.com
Herawati Sudoyo adalah sosok dibalik terungkapnya pelaku bom bunuh diri di Bali pada 2004 lalu.  Dia bersama Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri melakukan teknik analisa DNA, yakni mengumpulkan dan memeriksa serpihan tubuh dari ledakan tubuh dan posisi pelaku. Herawati dan tim pun berhasil menemukan pelaku bom kurang dari dua minggu.

Dia menerima penghargaan Habibie Award, Australian Alumni Award of Scientific and Research Innovation, serta Wing Kehormatan Kedokteran Kepolisian atas jasanya tersebut.

4.    Sri Mulyani
http://ekonomi.metrotvnews.com
Namanya berkali-kali masuk dalam daftar perempuan paling berpengaruh. Majalah Globe Asia, sembilan tahun lalu menempatkannya menjadi Perempuan paling berpengaruh ke-2 di Indonesia.

Sri Mulyani adalah orang Indonesia pertama yang memegang kendali World Bank. Jabatannya sebagai Chief Operating Officer sekaligus sebagai Direktur Pelaksana di Wolrd Bank sejak 2010 menentukan seluruh operasi bank itu di seluruh dunia.

Sebelum masuk ke World Bank, Sri menduduki sejumlah pos penting di Indonesia. Bappenas, Menteri Keuangan, bahkan Menteri Koordinator Keuangan pernah ia singgahi.

5.    Rini Sugiarto
https://www.otonomi.co.id
Situs film dunia IMDB, mencatat peran Rini pada banyak film Hollywood. Film macam, Avengers: Age of Ultron, Teenage Mutant Ninja Turtles, The Hunger Games: Catching Fire, hingga The Adventures of Tintin tak lepas dari karya animasinya.

Lulus kuliah tahun 2005, Rini pun mulai bekerja sebagai character animator, di antaranya untuk Weta Studio di Selandia Baru, milik sutradara terkenal Peter Jackson. Di sana ia juga ikut menggarap film "The Avengers," "Iron Man 3," dan "Hunger Games: Catching Fire”. Peran sebagai animator dan visual effect lekat pada lulusan jurusan Animasi Academy of Art University, San Fransisco, Amerika Serikat ini.

6.    Tri Mumpuni Wiyatno
http://blog.tuneeca.com
Tri Mumpuni Wiyatno, lewat proyek listrik mikro hidronya, berhasil menerangi tak kurang 60 pelosok dengan listrik mandiri. Tak hanya di Indonesia, satu desa di Filipina juga ikut menikmati listrik gagasannya. Listrik gagasannya juga bukan listrik dengan tenaga bahan bakar fosil, tapi aliran sungai yang ramah lingkungan.

Tak hanya membangun pembangkit listrik, Tri lewat Yayasan Ibeka (Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan) juga membangun manusia di sekitar pembangkit. Ia membimbing masyarakat setempat membuat organisasi yang akan mengurus turbin. Tim yang terbentuk tersebut juga dilatih menghitung biaya pelanggan dan biaya pemeliharaan.

Masyarakat juga diajak menjaga lingkungan. Jika sebuah turbin bisa dibangun, maka mereka bersepakat tak akan ada penebangan pohon dan vegetasi di daerah tangkapan air di hulu harus dipertahankan seluas 30 kilometer persegi, agar pembangkit listrik tenaga air itu dapat menjalankan fungsinya terus-menerus

7.    Sri Fatmawati
https://siapbelajar.com/
Sri Fatmawati SSi M.Sc Ph.D asal kampung Pandiyan, Sampang, Madura berhasil meraih penghargaan internasional yang digelar atas kerja sama raksasa kosmetika Prancis.

Sri Farmawati menemukan potensi senyawa kimia dalam spons laut yang berguna sebagai mengobati penyakit malaria, infeksi, alzheimer, dan kanker.

Ke tujuh wanita hebat diatas merupakan salah satu harta berharga yang dimiliki Indonesia, karena ilmu atau talenta seseorang tidak bisa tercipta hanya dari uang yang banyak. Namun tercipta dari kemauan akan perubahan yang bersifat membangun sebuah kemajuan peradaban dan masa depan. Semoga kita semua dapat menjadi salah satu ilmuan hebat yang menginspirasi di kemudian hari.


Sumber :
http://www.dewimagazine.com/news-art/inilah-dunia-jasad-renik-seorang-is-helianti
https://blogpenemu.blogspot.co.id/2015/08/evvy-kartini-penemu-penghantar-listrik.html
https://beritagar.id/artikel/berita/perempuan-indonesia-di-panggung-dunia
http://cewekbanget.grid.id/Love-Life-And-Sex-Education/Inspiratif-7-Ilmuwan-Wanita-Indonesia-Ini-Berhasil-Melakukan-Penemuan-Yang-Mengubah-Dunia

3 comments:

  1. Wowwww semoga kita juga bisa beekarya san berjasa bagi negeri ini ya Mba

    ReplyDelete
  2. subhanallah semoga kita yaa mb selanjutnya sebgai penerusnya

    ReplyDelete
  3. Seharusnya artikel semacam ini lebih viral didumay...bukan artikel intrik sosial yang selama ini ramai dimedsos,senang bisa membaca para wanita tangguh yang Indonesia miliki ini.Terima kasih mbak...saya jadi tambah tahu bahwasanya Indonesia itu hebat.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Blogger Bengkulu

b
>

Kumpulan Emak Blogger