Monday, August 21, 2017

CARA MUDAH MEMBUAT BOLU GULUNG TEPUNG KETAN


Berawal dari hobiku setelah menikah, yaitu masak. Maklumlah sudah ketagihan dengan pujian suami. Hehe
Aku paling nggak tahu kapan masakanku nggak enak kalo testernya suamiku, soalnya ia selalu bilang masakanku paling enak, kata “Kelas Internasional”. uwaaawww....Wkwkw

Padahal tak jarang loh masakanku terasa dekat dengan laut, gosong ataupun salah masuk bumbu. Xixixi.. tetap aja ia bilang masakanku enak.  Tak terhitung  juga hanya dia sendiri yang mau makan masakanku dan orang-orang dirumahku terkadang nggak suka masakanku. Tahu sendiri dong kalo orang nggak suka masakan kita karena apa…..haha. Siapa tahu setelah aku tambah mahir masaknya, si DOI jadi tambah sayang. Xixi. Lumayan kan bisa menghemat jajan diluar. hwehwe

Dengan kejadian seperti ini, berarti aku nggak bisa hanya mengandalkan ilmu awwamku dan juru kritik yang tidak pernah mengritik masakanku itu. Akhirnya aku coba untuk Pelatihan masak di BLK Bengkulu, biasa disebut dengan Pengolahan Hasil Pertanian (PHP) dengan satu orang mentor utama Ibu Tionar Silalahi dan mentor pendamping mbk Dewi. (makasih ya bu Tior dan Mbk Dewi).  



Tujuan PHP sendiri tak lain untuk memperpanjang masa simpan, misalnya pengawetan (dengan sinar matahari, penambahan zat kimia, penambahan gula, asam dan garam serta harus memperhatikan kebersihan misalnya jika alat-alat kotor maka makanan akan cepat basi, dalam artian kuliatas yang dihasilkan tidak akan bagus) dan lain sebagainya. Untuk penganekaragaman hasil olahan dan juga untuk menambah pendapatan.

Resep pertama yang akan saya bagi disini kita akan membuat kue Bolu Gulung, ngomong-ngomong sebelum kita membuat makanan yang berjenis cake ini mari kita simak tips menentukan bahan yang akan kita gunakan.

TIPS MENENTUKAN TEPUNG PADA KUE

Kebayakan kue  menggunakan berbagai jenis tepung sebagai bahan dasar adonan, baik itu tepung terigu, te[ung kanji, tepung beras, tepung mwizena, tepung kwetan, dan tepun hunkwe. Umumnya tepun gyang dipilih harus baru, tidak berkutu/ulat atau tidak apek. Perhatikan tanggal kadaluarsa dan keutuhan kemasan saat membeli tepung dalam kemasan.  Masing-masing tepung mempunyai sifat yang berbeda di dalam adonan.
  • Tepung terigu protein tinggi mengandung gluten tinggi sehingga cocok untuk adona donat, panada atau bakpao yang perlu pengembangan/fermentasi.
  • Tepung terigu protein sedang atau rendah cocok untuk membuat kue tanpa pengembang seperti bolu kukus, bapel, kue lumpur, atau kulit pastel.
  • Tepung terigu yang mengandung protein rendah cocok untuk membuat kue kering, gorengan dan kue yang tidak perlu fermentasi.
  • Tepung kanji dan te[un gsagu cocok  untuk kue lapis, pepe atau talam.
  • Tepung beras banyak digunakan untuk adonan kue seperti kue mangkiuk atau kue cucur
  • Tepung ketan cocok untuk kue bika ambon, klepon atau dodol
  • Tepung meizena atau hunkwe jarang digunakan sebagai bahan utama. Tepung ini ditambahkan pada adonan agar hasil kue lebih lembut dan legit.
Baiklah, kita sudah tahu ya bagaimana menentukan tepung yang akan kita gunakan dalam mebuat kue. Sekarang mari kita ikuti langkah-langkah membuat  bolu gulung tepung ketan.

RESEP BOLU GULUNG TEPUNG KETAN

Bahan:
-    Kuning telur 10 btr
-    Telur utuh 2 btr
-    Tepung ketan 60 gr
-    SP ½ sdm
-    Meizena 25 gr
-    Susu bubuk 15 gr
-    Gula 120 gr
-    Pewarna (merah, cokelat, hijau, dll)
-    Selai strawberry secukupnya, bisa juga menggunakan selai jenis lain
-    Mentega cair 125 gr + Wisman 1 sdm





Cara membuat:
  1. Kocok gula, telur, SP sampai mengembang
  2. Masukkan tepung, meizena dan susu yang telah diayak. Aduk hingga merata
  3. Masukkan mentega cair, cukup diaduk dengan menggunakan sendok/spatula
  4. Ambil 3 wadah dan masing-masing beri sedikit adonan, berikan warna yang berbeda dalam setiap adonan
  5. Sisa adonan dimasukkan kedalam Loyang
  6. Adonan yang sudah diberikan pewarna kue, masukkan kedalam Loyang yang sudah diberikan adonan induk. Bentuk warna menjadi sesuai selera.
  7. Panggang di dalam open sampai matang,
  8. Setelah matang dan dingin, beri slai di belakang bolu agar bagian luar terlihat lebih indah.
  9. Gulung bolu sampai terasa padat.
 


Buat teman-teman pecinta bolu gulung, selamat mencoba mempraktekkan dirumah ya. semoga hasilnya memuaskan. Aamiin..

GALLERY PHP: BIAR NARSIS YANG PENTING EKSIS










 
Suber :
Kumpulan resep BLK Bengkulu oleh Tionar  Silalahi
Koleksi resep jajanan pasar karya R. Adie Wibowo dan Noorkhairani

8 comments:

  1. Wah banyak ilmu di sini. Terimakasih sudah berbagi :��

    ReplyDelete
  2. aku mau jadi tim pencicip aja mir heheheee.......sini-sini dicicip, pasti enak :D

    ReplyDelete
  3. waw, enak tuh mbak, boleh kapan-kapan di bawa pas acara kopdar untuk di icip2

    ReplyDelete
  4. Waii bulilah ni mir
    Btw dirimu jual ini kagak..
    Skalian aja dijadiin bisnis mir

    ReplyDelete
  5. di tunggu di acara kopdar mbak. Hhehee

    ReplyDelete
  6. Paling gak bisa masak beginian. Hehe.

    ReplyDelete
  7. Wah lihat bolunya pertama kali aja rasanya udah ngiler, apalagi kalau pas makan. Bisa habis tuh bolu kalau didepan saya. Btw salam kenal ya mb 😊

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Blogger Bengkulu

b
>

Kumpulan Emak Blogger