Monday, August 28, 2017

10 Attitude Membalas Tawaran JOB Review Ala Kelas Blogger Bengkulu

Gambar diambil dari Galleri Blogger Bengkulu







Assalamu’alaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh

Apa kabar  teman-teman dan para Blogger semua? Semoga sehat dan rejekinya selalu lancar jaya ya. Hee. Aamiin.
Pada kesempatan  kali ini saya akan berbagi mengenai materi pada Kelas Blogger Pertama Blogger Bengkulu.

So, tetap stay di layar PC or Mobile mu ya Sob…

Untuk pertama kalinya Blogger Bengkulu (Bobe) mengadakan belajar seputar blog di lingkungan Bobe yang disebut dengan Kelas Blogger. Kelas Blogger ini  diadakan dalam minggu ke tiga setiap bulan. Biasanya pada minggu ketiga sebelum-sebelumnya, Bobe juga selalu berkesempatan untuk ngumpul bareng yang dinamakan dengan Kopdar alias Kopi Darat.  Kopi darat ala Blogger Bengkulu saat ini sudah berjalan sampai dengan Kopdar ke-12 hingga Miladnya Blogger Bengkulu akhir Juli lalu. Tahun kedua kejayaan Bobe, Alhamdulillah sudah  terlaksana dan tersedia media belajar Blog pada Kelas Blogger. 


Gambar diambil dari Galleri Blogger Bengkulu
Pertemuan Kelas Blogger yang pertama langsung dibuka oleh ketua Blogger Bengkulu yaitu Mbak Mildaini, beliau adalah salah satu Founder berdirinya Blogger Bengkulu sejak satu tahun yang lalu. Pada kesempatan ini sebenarnya menyambung dari Kopdar-kopdar yang sudah dilakukan sebelumnya, jadi kelas Blogger pertama tidak lagi membahas bagaimana membuat blog dan memposting tulisan. Namun, sudah masuk pada materi bagaimana Attitude dalam menyikapi tawaran JOB yang masuk pada akun pribadi kita.

Informasi kelas Blogger 1

Tentu materi tentang JOB merupakan materi yang amat sangat ditunggu oleh para Blogger Bengkulu, tak heran jika para Blogger Aktif di Bengkulu tidak menyia-nyiakan kesempatan istimewa ini dengan cara hadir tepat waktu sehingga acara dapat dimulai dengan tepat waktu pula. Acaranya dimulai dari pukul 13.30 sampai dengan pukul 15.30 di Central Elektro Bengkulu. Baiklah, berikut ringkasan materi yang saya tangkap dan pahami berdasarkan penyampaian materi dari Mbak Mildaini pada Kelas Blogger pertama. 

Gambar diambil dari Galleri Blogger Bengkulu

10 Attitute Membalas Tawaran JOB Ala Kelas Blogger Bengkulu

  1. 1. Balas pesan dengan salam yang ramah dan bersahabat serta perkenalkan diri secara sopan
  2. 2. Tampilkan alamat Blog beserta DA/PA, sertakan juga sosial media dan Follower kita, banyakin caption twitter dan instagram
  3. 3. Akun sosial media jangan private
  4. 4. Jika yang ditawarkan berbentuk Review, bisa diawal tulisan kita ceritakan Latar Belakang, kasih tips sedikit, tawarkan solusinya dengan produk yang di review, ceritakan kelebihan, kemudian diakhiri dengan mengajak memakai produknya. Namun jika kita yang menawarkan diri, bisa juga kita tawarkan kepada yang punya produk dengan cara memperkenalkan diri terlebih dahulu, kemudian tawarkan kalau kita mau mengendor produknya. Selanjutnya tanyakan juga bagaimana tekniknya dan kasih contoh review kita sebelumnya.
  5. 5. Jangan sungkan untuk membicarakan syarat dan ketentuan artikel, berikan penawaran yang menarik atau spesial dan logis yang bisa kita lakukan.
  6. 6. Jika ada tawaran JOB yang tidak bisa kita lakukan komunikasikan dengan baik, jangan langsung terang-terangan menolak dengan sinis. Atau jika kita sudah terlanjur menolak, namun suatu saat kita tertarik lagi dengan tema JOB yang diberikan, jangan takut untuk menawarkan diri dengan bahasa yang santun dan ramah. Intinya segala sesuatu di dunia Blogger mesti disampaikan dan dikomunikasikan dengan baik.
  7. 7. Jarak JOB biasanya 3 bulan, jika pihak pemberi JOB tidak menghubungi kita lagi untuk bermitra maka setelah itu kita boleh melamar JOB lagi dengan cara memberikan penawaran beserta identitas kita.
  8. 8. Jangan suka baperan di blogger, karena aktivitas di Blogger bisa dikatakan sudah menjadi dunia kerja. So kita juga mesti kuat fisik dan mental., lahir dan batin.
  9. 9. Tanyakan sejujurnya mengenai pembayaran, misalnya pembayarannya berapa lama, ada potongan atau tidak.  Biasanya pembayaran paling lama 30 hari jika lewat komunikasikan dengan baik.
  10. 10. Setelah di transfer pembayaran ucapkan terima kasih, jangan lupa katakan jika ada JOB lagi bisa hubungi saya kembali.

Demikian Tips yang sangat perlu kita perhatikan dalam merespon tawaran JOB, Insya Allah jika 10 Attitude tersebut kita terapkan, JOB akan terus mengalir untuk kita asalkan kita mampu memberikan pelayanan dan produk berupa tulisan dengan maksimal pula.

Nah Sob, Ngomong-ngomong soal JOB, jika lagi ada JOB boleh banget dong mampir ke Blog saya. Hihihi.

Semoga Bermanfaat,…
Wassalamu’alaiku Warrahmatullahi Wabarokatuh
Tulisan ini dibuat untuk memenuhi tantangan #nulisserempak dari Blogger Bengkulu tentang Kelas Blogger 1 Job Review.

Ikuti juga WORKSHOP Belajar Membuat Blog Bagi Pemula bersama Blogger Bengkulu;




10 comments:

  1. Woa Thankies mba tipsnya, semoga kita makin banyak job berkualitas aamiin ya robbal alamiin

    ReplyDelete
  2. Terima Kasih atas Tipsnya Mbak...bermanfaat bangettt

    ReplyDelete
  3. poin terakhir yang harus dan wajib,,hehe

    ReplyDelete
  4. Semangat mengejar job y mb.. Hehehe

    ReplyDelete
  5. Sippppp, cuma aku kepengen kerjasama gitu dengan beberapa brand, cuma butuh tips-tipsnya juga sih

    ReplyDelete
  6. Aku kdg suka ga enakan menolak email2 tawaran job. Krn sbnrnya sampe skr aku belum mau trima job review ato apapun bentuknya mba. Makanya banyak email masuk, tp dgn ga enak hati aku tolak semua. Krn memang aku pgnnya nulis krn pengalamanku sendiri. Pernah sekali aja aku trima 1 job review, tp memang ga sreg. Sekali doang, dan aku ga pernah mau lagi. Kyknya memang kerjaan kantor yg skr msh lbh cocok utk cari uang :D

    ReplyDelete
  7. Diingatkan kembali soal kelas blogger pertama nih mbak.. ^^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Blogger Bengkulu

b
>

Kumpulan Emak Blogger