Monday, May 22, 2017

MENGENAL MASJID RAYA BAITUL IZZAH BENGKULU LEBIH DEKAT







Masjid Raya Bengkulu dibangun tahun 1976 pada masa pemerintahan Gubernur Provinsi Bengkulu Drs. A. Chalik. Diatas lahan seluas 18.000 m2. Pembangunan masjid baru selesai pada tahun 1979 dan diresmikan oleh Wakil Presiden H. Adam Malik. Pada tahun 1995 dilakukan pemugaran oleh gubernur Bengkulu Drs. Aziz Ahmad dengan memperluas area masjid menjadi 1600m2, sekaligus merubah nama dari masjid raya Bengkulu menjadi Masjid Baitul Izzah Bengkulu. Awalnya pengurus mengusulkan tiga nama penambahan di belakang nama masjid raya yaitu nama Nur Hasanah, Baitul Izzah dan Baitul Hamdi, namun akhirnya disepakati ditambah Baitul Izzah sehingga menjadi Masjid Raya Baitul Izzah.

Masjid terbesar kedua setelah Masjid Agung At-Taqwa di Kelurahan Anggut Atas ini  juga sudah pernah direnovasi pada 1997 dengan menambah luas bangunan dari 25 x 25 meter menjadi 40 X 40 meter dengan kapasitas 2.500 jamaah.

Mantan Wagub Iskandar Ramis juga memberikan masukan bahwa telah terjadi renovasi yang besar-besaran di bangunan Masjid raya dimana pada gempa tahun 2000, Masjid Raya mengalami rusak total sehingga dilakukan perbaikan pada zaman almarhum Gubernur Adjis Ahmad. Saat itu pembangunan masjid raya Baitul izzah  mendapat bantuan dana dari negara luar, dan bantuan material dari Jepang untuk menyuntik bagian bangunan yang rusak, termasuk menata halaman masjid raya agar sejuk dan indah. 

 Masjid Raya di Siang hari

 Masjid Raya di Malam hari


Masjid Raya di Siang hari

 Masjid Raya di Malam hari

Gedung Islamic Center terlihat dari depan

Gedung Islamic Center terlihat dari samping


Saat renovasi yang kedua, kubah masjid diganti dari kubah biasa menjadi kubah yang megah tanpa menggunakan tiang tengah. Dinding dalam bagian atas dilukis ornamen yang bertuliskan Asmaul Husna atau 99 nama Allah SWT. Arsitektur mempunyai tiang bulat dan persegi empat serta pagar setinggi 1 M dari kaca dengan corak perpaduan timur tengah dan Indonesia. Dinding masjid sengaja terbuka, agar terasa sejuk karena Kota Bengkulu cuacanya cukup panas. 

Fasilitas yang ada di masjid Raya Baitul Izzah berupa  Parkir, Taman, Gudang, Tempat Penitipan Sepatu/Sandal,  Paud IT Baitul Izzah, Ruang Belajar (TPA/Madrasah), Aula Serba Guna, Perlengkapan Pengurusan Jenazah, Mobil Ambulance, Koperasi, Perpustakaan, Kantor Sekretariat, Sound System dan Multimedia, Pembangkit Listrik/Genset, Kamar Mandi/WC, Tempat Wudhu, Sarana Ibadah, Islamic Center.
PAUD IT BAITUL IZZAH

 
 Kantor

 
 
 Tempat Wudhu




 Kantor Kas


Taman bagian depan
 
 Taman terlihat dari samping

Wedding di Islamic Center 
Lahan parkir

Sementara kegiatan yang ada di masjid ini berupa Pemberdayaan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf, Menyelenggarakan kegiatan pendidikan (PAUD IT, TPA, Madrasah, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat), Menyelenggarakan kegiatan sosial ekonomi (koperasi masjid), Menyelenggarakan Pengajian Rutin, Menyelenggarakan Dakwah Islam/Tabliq Akbar, Menyelenggarakan Kegiatan Hari Besar Islam, Menyelenggarakan Sholat Jumat, Menyelenggarakan Ibadah Sholat Fardhu, memfasilitasi tempat untuk penyelenggaraan pernikahan secara Syar’i.




Masjid Raya Baitul Izzah juga dilengkapi dengan Gedung Islamic Center yang selesai dibangun Sabtu 6 Agustus 2011. Gedung Islamic Center berlantai dua dan mampu menampung 2000 jemaah. Bangunan Islamic Center yang baru tersebut dapat digunakan sebagai tempat pertemuan, pengajian, seminar dan lain lain sebagaimana dijelaskan oleh Imam Masjid Raya Baitul Izzah, Rusli M Daud.  Lantai satu bangunan yang menyatu dengan Masjid Baitul Izzah digunakan sebagai gedung serba guna, termasuk untuk acara pernikahan. Lantai dua untuk seminar agama, pengajian dan lain sebagainya. keberadaan Islamic Center pertama di Kota Bengkulu tersebut bisa dimanfaatkan untuk mempertebal keimanan dan ilmu tentang Islam. Dengan adanya Islamic Center, kegiatan diluar ibadah bisa dilakukan di gedung dua lantai ini.


Peta Masjid Raya Baitul Izzah


Masjid yang berdiri di simpang empat Padang Harapan Kota Bengkulu ini merupakan salah satu masjid yang selalu dipadati jamaah. Selain tempat beribadah umat Islam di Kota Bengkulu, masjid tersebut juga sekaligus tempat kegiatan keagaaman Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu.


Sholat berjamaan Hari Raya Idul Fitri

Tulisan ini dibuat untuk menjawab tantangan #nulisserempak dari Blogger Bengkulu tentang #masjiddibengkulu.


Referensi :
singgahkemasjid.blogspot.co.id: masjid-raya-baitul-izzah-kota-bengkulu  

32 comments:

  1. salah satu masjid terbesar di Bengkulu dan sering di gunakan untuk pengajian, Semoga masjidnya terus di jaga dari segi kebersihan dan arsitekturnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin,,,insya Allah masjid ini akan selalu berkembang..

      Delete
  2. Mesjid ini jadi saksi sejarah dari banyak peristiwa penting, Misalnya takbir akbar juga pernikahan☺️

    ReplyDelete
  3. Betul banget mbk, mira aj dari SMP sampai saat ini masih sering banget ikut kajian di Masjid Baitul Izzah. apalagi pas 10 malam terakhir di bulan Ramadhan, nyaman banget ikut I'tikafnya.

    ReplyDelete
  4. Masjid raya emng multi fungsi. Kegiatan kajian ny juga bnyk.. :D

    ReplyDelete
  5. Salah satu masjid tenar di bengkulu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Waijb banget Sholat disini bagi yang mau ke Bengkulu atau yang lagi di Bengkulu...

      Delete
  6. Alhamdulillah sudah pernah sholat disini..masjidnya keren dan bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat yang jomblo bagus banget lo sholat disini, apalagi I'tikaf. bisa khusyu banget...pas pulang ketemu jodoh. hahaha

      Delete
  7. Saya sama suami juga kalolagi bulan ramadhan, biasanya sholat tarawih disana, selain itu juga suka pindah pindah hehehe muter muter selama bulan puasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, seru juga tuh mbak. mau ajak suami untuk coba muter-muter juga ah ...

      Delete
  8. Masjid keren ini harus dilestarikan dan harus kita jaga dan gunakan untuk syiar agama

    ReplyDelete
  9. Masjidnya megah dan bagus ya, jadi pengen nyobain sholat disana

    ReplyDelete
  10. Masjid Raya Baitul Izzah adalah Ciri Khas Masjid yang dimiliki oleh Masyarakat Bengkulu. Masjid Kebanggaan Masyarakat Se-Provinsi Bengkulu...

    ReplyDelete
  11. wuih gede juga mesjidnya..
    salam dari Malang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk, salam juga dari Bengkulu...

      Delete
  12. Saya pernah sekali menginjakkan kaki di bengkulu, tapi belum sempat ke mesjid agungnya..

    InshaAllah kalo ada kesempatan ke Bengkulu lagi pengen banget kesana..
    Makasih infonya Mbak Mira :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditunggu ya mbk Firda kedatangannya di Bengkulu..

      Delete
  13. luas ya Mbak Masjidnya hampir 20km gitu, ini Masjid kedua terbesar, gmana yg Masjid pertama terbesar yah? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy Luas banget kalo untuk ukuran Bengkulu. masjid terluas pertamanya masjit Agung At-Taqwa namanya..

      Delete
  14. Megah banget masjidnya. Yang gedung Islamic Centre itu juga keren, lihat atapnya jadi ingat Masjid Apung di Malacca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy, ditunggu kunjungannya ke Bengkulu ya mbk nita..

      Delete
  15. kapan2 wisata main ke semarang, ada masjid kapal

    ReplyDelete
  16. Salah satu masjid terbesar di Bengkulu ini . .

    ReplyDelete
  17. Ini masuk list ramah anak ��

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Blogger Bengkulu

b
>

Kumpulan Emak Blogger