Rabu, 31 Mei 2017

MUSTAJABNYA BERDOA SEBELUM BERBUKA PUASA




Berdoa  kepada Allah bukan lagi suatu kewajiban untuk Muslim, melainkan sudah menjadi kebutuhan. Hal ini berarti setiap muslim butuh doa untuk menyeimbangkan dan memenuhi kebutuhannya baik di dunia maupun di akhirat.

Pernah suatu ketika, ketika selesai sholat aku langsung membereskan pakaian sholatku. Lantas suamiku langsung menegurku “Sayang, Sesuangguhnya orang yang tidak berdoa setelah Sholat adalah orang yang sombong”. 

Dari kejadian tersebut, membuatku berpikir kembali. Alangkah banyaknya orang sombong di dunia ini, mereka merasa bisa melakukan sesua hal tanpa melibatkan Allah. Setelah sholat saja terkadang kita masih sulit sekali untuk berdoa, bagimana jika bedoa sebelum berbuka puasa?. Perut sedang lapar-laparnya, kerongkongan lagi haus-hausnya, makanan bermacam selera sudah terhiang, minuman yang segar sangat menggugah. Secara reflek kebanyakan dari kita LUPA akan mustajabnya doa sebelum berbuka. Mengapa doa sebelum berbuka itu mustajab? Tak lain adalah setiap orang yang berdoa sebelum berbuka berarti ia lebih mendahulukan pertolongan Allah dari pada Nafsu perutnya. Jika kita berjalan mendekati Allah, maka Allah akan berlari mendekati kita.

Keunggulan puasa sunnah dan puasa di bulan Ramadhan adalah waktu yang mustajab untuk berdoa, dimana doa tersebut tidak akan ditolak oleh Allah SWT, yaitu berdoa saat "menjelang berbuka puasa" dan "menjelang makan sahur", namun sayang banyak kaum muslimin tidak mengetahuinya. Yang dimaksud berdoa sebelum berbuka bukanlah sekedar membaca Allahumma la kasumtu, wabika amantu,……… melainkan doa-doa yang kita harapkan. Doa-doa yang memang kita pinta kepada Allah SWT. Berdo'alah untuk diri kita, keluarga kita, orangtua kita, sahabat kita, negeri kita. Seperti hadist berikut : 

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ لَا تُرَدّ، دَعْوَةُ الْوَالِدِ، وَدَعْوَةُ الصّـَائِمِ، وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ
 
“Dari Anas bin Malik Radhyiallahu’ anhu dia berkata, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Doa orang tua kepada anaknya, (2) Orang yang berpuasa ketika berbuka, (3) Do’a orang yang sedang safar (musafir).” Hadits Shohih [HR. al-Baihaqi 3/345 dan yang lainnya]. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani di dalam kitab Silsilah Ahaadits as-Shahihah no. 1797).

Berkebalikan dari hal diatas, banyak sekali diantara kita malah memanfaatkan yang disebut anak muda zaman sekarang “NGABUBURIT”, yakni diisi dengan kegiatan-kagiatan selain berdoa untuk menunggu saat berbuka. Padahal jika kita memahami lagi makna puasa dan keajaiban doa yang kita panjatkan, alangkah ruginya kita yang hanya memanfaatkan puasa sebagai lepas suatu kewajiban sebagai muslim saja.

Berkaca dari  Mekkah dan Madinah, satu jam sebelum adzan maghrib orang-orang sudah menengadahkan tangan ke langit berdoa untuk kemudahan dari segala hajat, baik hajat dunia maupun akhirat, mereka berdoa dengan syahdu sepenuh keyakinan, sampai-sampai air mata mereka mengalir deras.

Setelah kita memahaminya, hendaknya minimal 10 ~ 15 menit sebelum adzan maghrib (sudah dalam keadaan berwudhu) kemudian berdoa meminta apa saja (adabnya dengan didahului puji-pujian kepada Allah dan bershalawat atas Nabi Muhammad SAW, karena Allah SWT menggaransi bahwa do'a-do'a tersebut akan dikabulkan..." Allah sesuai prasangka hamba kepada-Nya".

Sumber :
Ustadz Alwi bin Ali Alhabsyi

17 komentar:

  1. gak ada sumber hadisnya mbak,, yang rojih Di antara waktu-waktu tersebut adalah:
    1. Malam (lailatul) Qadar
    2. Di sepertiga malam yang akhir dan di waktu sahur
    3. Di akhir shalat fardhu
    4. Antara adzan dan iqamah
    5. Satu waktu di malam hari
    6. Ketika terbangun di waktu malam
    7. Ketika dikumandangkannya adzan dan dirapatkannya barisan, berhadapan dengan barisan musuh di medan tempur
    8. Suatu waktu pada hari Jum’at
    9. Ketika sujud
    10. Doa pada hari Arafah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Materi tentang doa sebelum berbuka itu dapat pada waktu Holaqoh, trus pernah juga dengar ceramah, tp lupa ustad siapa.

      Waktu itu hadistnya juga disampaikan, saya cm dapet refens yg diatas. hihi

      Hapus
  2. Inspiratif mbak infonya..setidaknya mengingatkan kita agar rajin berdo'a kepada sang maha pencipta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iy, intinya jangan lupa berdoa. apalgi disaat ada rezeki, kebanyakan dari kita lupa berdoa...

      Hapus
  3. saya juga tahu bahwa salah satu doa yang maqbul adalah doanya orang yang berpuasa. terimakasih sudah mengingatkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, emang kadang sering lupa doa klo sudah mau berbuka. padahal sudah di niatin mw doa dlu, eh pas bedug malah langsung doa Allahumma lakasumtu..hihi
      membiasakan yang baik-baik itu emang rasa susah susah gampang..

      Salam kenal y mbk

      Hapus
  4. Bener bgt tulisannya.
    Sebelum berbuka puasa, Aku jg selalu berdoa dulu. Moga2 harapan tahun ini dikabulkan Allah, aamiin.

    BalasHapus
  5. aku pun pernah denger soal ini. makasih ya mba artikelnya, jadi inget lagi..

    BalasHapus
  6. Self reminderya mba, pas hamil aku bener2 berdoa dengan sering dan detail karena Allah maha kaya jadi jangan ragu meminta pada sang pencipta kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanallah,,,, luar biasa banget mbak. semoga anaknya menjadi Sholeh/Sholeha

      Hapus
  7. Betul, Mbak. Harusnya gitu ya 10-15 menit udah dalam keadaan berwudhu, menutup aurat, dan duduk berdoa. Saya sering rempong nyiapin buka di jam2 segitu -_-
    Btw mbak., salam kenal juga. Saya follow blognya tapi kena error mulu. Nanti saya coba lagi ya ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya sekarang juga sedang membiasakan banyak2 berdoa di sela-sela doa yang mustajab.
      Salam kenal juga mbak, kurang tau juga mbk kenapa jadi error. selamat mencoba lagi ya mbk..he

      Hapus
  8. Berdoa pas mau berbuka itu rada gampang-gampang susah, kadang 15 menit sebelum buka inget mau doa. tapi pas udah duduk dekat bukaan. lupa lagi mbak. maklumlah belum terbiasa untuk berdoa sebelum berbuka..

    Salam kenal mbk

    BalasHapus
  9. Jd bahan refleksi banget mbaak. . Semoga senantiasa jd insan yg bersyukur dgn selalu berdoa pada Allah. Tanpa doa pun kita gabisa hidup :') makasih sharingnyaaa mbaak. . Salam kenaaall ya mbak, udah aku folback jugaa hehehe. .blognyaa keceee. . 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk, mkash sebelumnya mbk....salam kenal...

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di Blog saya, jangan lupa kembali kesini lagi ya.

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Blogger Bengkulu

b
>

Kumpulan Emak Blogger