Top Social

TAKLUKKAN HATI SUAMI DENGAN 4 HAL INI

Thursday, April 19, 2018


Menjadi istri yang disayang suami adalah impian setiap istri di dunia. Apalagi jika kita sudah memiliki suami yang sholeh, bahagia dunia akhirat kita. hihi. Namun, untuk orang yang  tergolong baru menikah seperti saya, terkadang ego mengalahkan status suami yang menjadi orang yang harus kita hormati di hidup kita.
Sebenarnya 4 hal yang akan saya tuliskan ini adalah hal-hal yang agak sulit saya lakukan. Mungkin karena baru beradaptasi menjadi istri. xixixi, (curhat ni ye.) Mudah-mudahan tulisan ini minimal bisa memotivasi diri sendiri untuk menjadi istri  sebagai rival para bidadari.


1. Munculkan Kebiasaan “Memuji”
Sering kali karena adanya cara pandang dan cara pikir yang berbeda membuat kita juga berbeda dalam menilai sesuatu. Kebiasaan wanita adalah berbicara apa adanya berdasarkan pandangan dia, padahal suami itu walaupun karyanya jelek bahkan menurut kita sangat jelek, tetap saja ia maunya di puji dibilang bagus. 
Terkadang juga niat istri mengomentari karya suami yang belum begitu memuaskan itu adalah agar si suami bisa menciptakan atau memperbaiki karyanya, sehingga semakin enak di pandang.
Misalnya saja suami kita sedang berusaha membuat desain poster, sementara kita adalah orang yang sangat suka dengan desain. Ketika suami dengan bangga memperlihatkan desain dia yang menurutnya sangat bagus, maka wajiblah kita memujinya. Meskipun menurut kita desainnya itu masih sangat sederhana banget. Begitu juga jika suami sudah berusaha membantu istri melakukan pekerjaan rumah tangga yang belum tuntas, bahkan menambah pekerjaan kita. Wajib juga kita berusaha memuji semua karyanya yang menurutnya sudah sangat berjuang itu. 

2. Mudahkan Hati Berkata “Ya”
Kehadiran suami dihidup kita, merubah semua pola kebiasaan kita. Suami adalah orang lain yang hadir di hidup kita, sementara setelah akad kita harus 100% taat kepada suami selagi lurus di dalam islam. Hal ini terkadang membuat kita sangat sulit untuk menuruti segala perintahnya dan nasihatnya, bahkan nasihat yang baik pun terkadang masih juga sulit untuk kita terima. Secara psikologi masih wajar, karena gejolak emosi wanita yang belum stabil terhadap kebiasaan yang baru hadir di hidupnya. 

Hebatnya lagi, suami itu sebenarnya ingin selalu istrinya bilang “Ya” di setiap apapun yang ia ucapkan walaupun itu salah. Susahnya kita sebagai wanita, jika perkataan suami benar dan menurut kita salah, kita tetap mau mempertahankan bahwa si suami itu salah. Nah, jikapun perkataan suami itu benar, dan kita salah, kita juga mencari pembelaan untuk membenarkan perkataan kita. 
Padahal, si suami hanya ingin istrinya bilang “ya” pada saat ia berkata saja, jikapun perkataan/perintahnya salah, silahkan si istri memberikan alasan di saat yang tepat. Misalnya disaat sebelum tidur sambil memegang tangannya. 

Merespon  “Ya” atas  perkatan suami ini juga merupakan hal yang sulit dilakukan oleh istri, kecuali istri yang sholeha. 

3. Biasakan Meminta “Maaf”
Terkadang ketika suami salah, jelas kita sangat ingin sekali suami mengakui kesalahannya dan meminta maaf kepada kita. Dan ketika kita salah, tetap juga kita maunya suami yang meminta maaf kepada kita. Karena banyak sekali wanita itu merasa gengsi untuk meminta maaf duluan. Padahal, istri yang baik itu adalah istri yang mudah meminta maaf kepada suami. Sekalipun suami yang salah. Hal tersebut akan membuat hati suami lebih merasa bersalah jika kita memulai untuk meminta maaf. Biasanya, jika suami sudah merasa bersalah dia kan berbuat apa saja untuk membuat hati si istri bahagia. Kata maaf ini juga merupakan cara yang sangat canggih dimanfaatkan oleh para istri dalam menaklukkan hati suami.

Tapi, implementasinya itu loh sulit banget rasanya. hihi. apalagi minta maaf duluan sementara yang salah itu adalah suami. Tapi, Hadiah yang Allah siapkan untuk para istri yang membahagian hati suami itu adalah Surga. 

4. Biasakan bilang “Terima Kasih”
Sekecil apapun bantuan yang sudah suami berikan terhadap kita, penghargaan yang paling mudah kita lakukan adalah ucapan terima kasih. Hal ini akan membuat ia merasa dihargai dalam setiap tindakannya. Contoh sederhana ucapan terima kasih kita adalah ketika sarapan pagi, kita bilang aja “Terima kasih ya yank sudah mau sarapan dirumah”. Padahal sebenarnya yang harus berterima kasih itu adalah suami yang sudah di buatkan sarapan. Tapi, mulailah untuk mengucapkan terima kasih dari hal-hal yang kecil. Coba kalau seandainya kita sudah susah-payah membuat sarapan, eh ternyata ia tidak mau sarapan ataupun makan dirumah. Padahal jelas, yang capek masak dan di dapur itu kita sebagai wanita. Tapi tetap kita harus berterima kasih karena ia sudah mau makan masakan kita. 

Hal terserbut sebenarnya hal yang sangat diinginkan oleh suami saya, tapi sepertinya juga sangat diinginkan oleh setiap suami yang ada. semoga kita sebagai istri bisa menaklukan hati suami, hingga bidadari pun cemburu. 

Romantisme Yang Tertunda

Tuesday, April 3, 2018


Bermula dari titik pada bidang
Garis memanjang itu kian melengkung
Imaji liar mencoba menggoreskan tinta
Hanya abstrak merangkai warna tak bermula

Susuri lagi Romantisme yang tertunda
Merah tapi ia bukan pujangga
hijaupun bukanlah tokoh utama
hanya putih temani setia merah muda

Sebab itu, bibir tak mampu bicara
Puisi juga tak bisa ungkapkan rasa
Kertas kosong menjadi saksi sejuta cerita
Sulit benar tuk mulai merayumu

Kuas inipun belum juga mampu merubah canvas menjadi mawar
warna nya begitu payah di goreskan
Tuhan saja yang tahu indahnya bunga yang berlabuh
Adinda,,,,
Aku hanya ingin membisikkan dalam sujud
Mampukah lukisan doa sebagai ungkapan cinta?

Bengkulu, April 2017

Merencanakan Beli Mobil

https://www.autoexpose.org

Saat ini saya dan suami masih setia dengan motor jadul yang kami beli di awal nikah. yah, motor sederhana ini menjadi sejarah perjuangan kami dalam menghadapi perjuangan diawal membangun rumah tangga yang sakinah. Tentu saja saya dan suami sudah sangat ingin sekali memiliki kendaraan roda empat, baik baru ataupun  beli mobil bekas.

Saya sangat bangga sekali dengan suami saya, dia bukan tipekal orang yang suka berhutang sana-sini untuk memenuhi tingginya identitas sosial saat ini. Dia adalah sosok laki-laki sederhana dan apa adanya. 

Dia bilang ke saya, tidak mengapa membeli mobil bekas asalkan mobilnya masih bisa digunakan dan masih berfungsi layaknya sebuah mobil. Terkadang banyak sekali orang sangat menginginkan pengakuan dari masyarakat, sehingga ia bermodal nekat membeli mobil baru dengan harga mahal dan akhirnya mempunyai banyak hutang.  (loh, kok saya jadi curhat ya. hihi)

Tips Beli Mobil Bekas

1. Pastikan Kita Mempunyai Dana

Hal ini adalah factor yang sangat penting untuk kita memulai membeli kendaraan roda empat, kita harus mulai membuat butget berapa dana yang harus kita keluarkan.

2. Sesuaikan Dengan Kemampuan Keuangan Kita Untuk Perawatan

Mempunyai mobil tidak hanya serta merta modal diawal saja, namun tentu biaya perawatan akan jau lebih besar dibanding kendaraan roda dua. Bensin yang akan diisipun tidak cukup hanya satu liter atau dua liter. Hal ini yang juga harus diperhatikan, karena jika terjadi kerusakan pasca pembelian, biaya perawatannya juga akan lebih besar. Semuanya harus kita persiapkan dan juga pikirkan sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas.

3. Survei Lapangan Untuk Mengetahui Harga Pasaran Mobil

Sebelum kita menentukan mobil jenis apa yang akan kita beli, sebaiknya kita datangi terlebih dahulu beberapa tempat untuk dijadikan referensi mobil apa yang akan kita beli dan berapa dana yang akan kita butuhkan.

4. Ajak Teman atau Saudara Yang Mengerti Tentang Mobil

Jika kita adalah orang yang awam tentang mobil, janganlah kita bermodal nekat untuk membeli mobil bekas ini secara sendiri. Karena tidak semua penjual itu bersifat jujur dan mau menolong kita menemukan yang masih berkualitas. Maka ajaklah teman atau saudara yang mengerti perihal mobil, mesin-mesin mobil dan juga perangkat mobil lainnya. hal ini akan sangat membantu kita dalam memberikan gambaran mobil yang akan kita beli.

5. Harus  Siap Dengan Resiko

Namanya mobil bekas tentu tidak sebagus mobil baru, ada saja kendala-kendala mobil yang akan kita hadapi setelah dibeli. Kita harus berani dan siap ambil resiko perihal ini, karena Sudah bisa dipastikan kualitas mobil yang bukan ditangan pertama, pasti sudah mengalami kemunduran. Dalam artian, kita harus siap terhadap apa yang akan terjadi ketika kita memutuskan membeli mobil bekas

6. Hindari Banyak Hutang

Perihal hutang ini sangat mejerat hidup kita, ketika kita punya hutang maka otomatis semua pemasukan yang ada pada kita tidak menjadi sepenuhnya milik kita. Ada hutang yang harus kita bayarkan. Bayangkan saja jika mobil kita mendadak rusak, sementara hutang harus dibayarkan, tentu ini menjadi masalah baru. Maka, hindari berhutang terlalu banyak cabangnya. Sehingga ketika mobil kita bermasalah, minimal kita siap untuk memperbiakinya dengan dana yang ada.

7.  Periksa Kelengkapan Surat

Dalam pembelian barang berharga, kelengkapan surat menyurat menjadi syarat utama. Tanpa adanya surat sebagai identitas legal ini, suatu barang tidak akan menjadi berharga. Kita harus periksa benar apakah surat-menyurat mobil yang akan kita beli tersebut masih lengkap.

8. Cek Fisik

Cek fisik juga menjadi factor penting, sebaiknya memang kita sendiri yang langsung cek fisik ke lokasi. Jika kita mengutus orang untuk cek kondisi mobil, tak jarang orang yang kecewa. Bagus menurut dia belum tentu bagus menurut kita.

Selain itu, dengan adanya cek fisik secara langsung, kita bisa mengetahui bagian mana saja yang bermasalah ataupun yang bagus. Hal ini juga menjadi faktor pendukung untuk kita memutuskan jadi membeli atau tidak.

Demikian hal yang perlu diperhatikan dalam membeli mobil bekas versi saya. semoga kita bisa memiliki dan menemukan mobil yang kebih murah dan kualitas bersahabat.

10 Cara Agar Kita Tidak Mengalami Krisis Keuangan

Wednesday, March 28, 2018

Selamat pagi Moms, gimana kabarnya? jika ngobrolin soal uang, biasanya identik sama buibu ya. Maklumlah bendahara keluarga, hihhihi. Sebagai perempuan yang notabene nya lambat laun akan menjadi istri dan ibu sebagai orang yang sangat penting dalam pengelolaan keuangan ini khususnya dalam rumah tangga. 
Sebenarnya bukan hanya di lembaga/instansi ataupun perbankan saja yang harus pandai-pandai dalam memanagement keuangan. Melainkan dalam rumah tangga itu juga sangat penting. Karena akan mempengaruhi kesejahteraan keluarga kecil kita. So, kita mulai untuk mengkondisikan dari hal yang kecil di keluarga terlebih dahulu ya sebelum kita mengelolah keuangan kantor tempat kita bekarja. 
Baik moms, apa sih yang harus kita lakukan agar kita tidak mengalami kerisis keuangan? simak yuk..

10 Cara Agar Kita Tidak Mengalami Krisis Keuangan
1. Membuat Anggaran Harian

Terkadang kita tidak memperhatikan apa saja yang kita beli setiap hari, sehingga kita tidak mengetahui berapa sebenarnya pengeluaran kita setiap harinya. dengan kelalaian kita, belum lagi akhir bulan dompet sudah terasa tipis sekali. hihi
Akhirnya kita mulai mengingat-ingat kembali apa saja yang sudah kita beli dan kemana saja uang kita belanjakan, kalau uang sudah habis di dompet barulah kita merasa kehilangan. Ternyata setelah dihitung-hitung dengan ingatan kita, sudah wajar uang kita habis dengan semua hal yang sudah kita keluarkan. Hal seperti ini terjadi karena kita tidak mempunyai perencanaan harian kita. ini berlaku untuk rumah tangga ataupun juga instansi. Jikalau dari keluangan saja sudah tidak termanagemen, untuk urusan yang lainnya bisa di pastikan juga tidak akan berjalan dengan lancar. 
Mulai sekarang, belajarlah untuk memperhatikan hal-hal yang kecil. hal-hal yang selama ini kita anggap tidak perlu dan akan membuat tambah repot.

2. Alokasikan anggaran bulanan Anda dan cobalah disiplin dengan aturan yang Anda buat

Baru-baru ini saya juga lagi belajar untuk mengalokasikan anggaran bulanan.Terasa banget efeknya setelah kita sistematis dalam membuat perencanaan dan menerapkannya. karena terkadang ketika kita tidak disiplin dengan anggaran yang sudah kita buat, sering sekali tiba-tiba kita kayak kehilangan uang. hal tersebut terjadi karena kita sudah tidak disiplin dengan perencanaan kita. 


3. Jangan sepelekan semua catatan pendapatan dan pengeluaran Anda

Kita sering kali menyepelekan hal-hal yang kecil, padahal hal yang kecil tersebut mampu mengecohkan kehidupan kita yang besar. Sebenarnya caranya tidak susah-susah amat, kita cukup catat semua jalan pendapatan kita setiap bulan (gaji pokok, gaji honor, hasil usaha, dll) , Kemudian kita juga catat apa aja pengeluaran tetap kita setiap bulan (beras, minyak, sabun, sayur, dll).  Setelah kita catat semua perincian ini, barulah kita bisa menyesuaikan antara pemasukan dan pengeluaran kita. malah terkadang setelah kita catat, ternyata pengeluaran tetap lebih besar dari pada pemasukan tetap. Jika hal ini terjadi, berarti ada pola hidup yang harus kita hemat dan perbaiki lagi.

4. Bandingkan harga, merek dan kualitas sebelum belanja (Jangan belanja berlebihan)

Perlu banget untuk kita searching-searching dengan mbah gugel untuk memperoleh banyak informasi yang bisa menjadi pilihan kita untuk berbelanja. Apalagi jaman now, kita cukup modal android aja serasa sudah keliling dunia (Jiah).  Wajib banget ya kita harus membandingkan berbagai macam harga, merek dan kulitas sebelum memutuskan untuk membeli. apalagi jika kita banyak tau mengenai bahan, jadi kita bisa memprediksi kualitasnya seperti apa dengan harga yang ditentukan.

5. Kurangi belanja makanan dan minuman


Saya pribadi paling susah untuk menahan nafsu makan, tapi hal ini tidak baik jika kita ingin berhemat. karena makan dan minum diluar itu akan mengeluarkan uang berkali-kali lipat dibanding jika kita masak sendiri dirumah. Misalnya kalau sarapan dirumah cukup dengan telur ceplok, maka jika sarapan diluar minimal kita sarapan lontong sepuluh ribu rupiah. Jika kita makan siang dan sore dirumah cukup dengan 15.000, maka jika kita makan diluar akan menghabiskan minimal 30.000. tentu hal tersebut akan mempercepat kantong kita yang tipis semakin menipis. Maka kurangilah makan dan minum diluar jika kita sedang mengalami krisis keuangan. Namun, jika kita memang sedang banyak pemasukan ya nggak papa sekali-sekali mau coba makan-makanan ala restoran gitu. hihii

6. Daur ulang (Perbanyak keterampilan)


Sebagai Moms jaman Now, ataupun masyarakat jaman Now (cik ile. hee). kita dituntut untuk mempunyai banyak keterampilan. Contoh kecilnya saja ketika baju kita robek, maka kita perlu bisa menjahit agar tidak memperbanyak pengeluaran untuk bayar penjahit. atau kita bisa buat maianan anak dengan memanfaatkan bahan perca atau barang-barang yang sudah tidak terpakai  lagi. Keterampilan ini bukan hanya mampu menghemat keuangan kita, melainkan juga bisa menambah pemasukan kita jika kita jadikan bisnis.

7. Invest pada tabungan yang terpercaya (mulailah menabung)


Memilih tabungan terpercaya ini juga sangat penting, jika kita kurang panda menabung dirumah maka boleh kita mencari-cari tempat yang pas dan tepat untuk kita menabung. saya pribadi lebih memilih lembaga syariah atau Bank syariah untuk dijadikan tempat menabung. karena di Bank syariah biasanya ada jenis akad tabungan murni dan juga tabungan bagi hasil, hal seperti ini tentu mempermudah kita dalam memilih mau seperti apa uang kita pada saat di tabungan karena di lembaga syariah tidak ada yang namanya sistem bunga. Insya Allah tabunganny aman dan juga berkah.

8. Jaga Kesehatan


Terkadang kita sering berada di titik nyaman, kita merasa nyaman dengan keuangan yang ada dengan badan yang masih sehat, sehingga melupakan olahraga dan juga kita lupa untuk menjaga kesehatan. karena memang menjaga itu lebih sulit untuk kita aplikasikan, kita baru ketar-ketir ketika penyakit menyenrang kita. padahal jika penyakit sudah bersabat dengan manusia, maka alamat mengeluarkan uang banyak itu sudah pasti. So, lebih baik kita menjaga kesehatan terlebih dahulu dari pada berusaha untuk mengobati kemudian.

9. Melunasi hutang Anda tepat waktu


Perihal hutang memang sangat sensitif, apalagi jikalau kita banyak hutang di sana-sini meskipun sedikit. Sifat negatif manusia itu, ketika berhutang ia akan begitu memohon dan kemudian ketika jadwal membayar malah si pemberi hutang yang memohon. Jangan sampai kita termasuk dalam orang-orang yang memiliki sifat seperti ini. Jika kita menginginkan keuangan yang berkah, maka jika berhutang menjadilah ornag yang Amanah. Jika perlu, cukuplah kita hidup sederhana namun tidak ada hutang dimana-mana.

10. Menyimpan sebagian dari penghasilan Anda setiap bulan (Sediakan dana tak terduga)


Dana tak terduga sering kali membuat kita memutar otak untuk mencarinya, tiba--tiba saja motor kita hilang sementara kantor jauh. Atau tiba-tiba anak sakit, sementara tabungan tidak ada. sudah berusaha pinjam sana-sini belum dapat. Tentu kita akan merasa menjadi manusia yang paling menyedihkan. Sebelum kejadian seperti ini terjadi, marilah kita mulai untuk menyisihkan dana tak terduga yang sewaktu-waktu kita butuhkan. 

Oke Moms, sebenarnya 10 Cara ini juga merupakan nasihat untuk diri saya secara pribadi agar bisa mulai belajar untuk memanagement keuangan dalam rumah tangga. Karena terkadang, meski pemasukan banyak, ketika tidak ditempatkan pada tempatnya, maka pada akhir bulan bisa terjadi Nol rupiah bahkan malah minus. hihi..Semoga bermanfaat...

Gubuk Rimis Sarjana

Thursday, March 22, 2018

Oleh Mira Kaizen

Dulu, rupamu menawan lagi bijaksana
Ragamu gagah siap siaga
Tenagamu  tangguh bertimbun talenta
Tangan menjadi palu sebagai bukti perkasamu
Dengan tumpukan kayu kau ciptakan surga

Dulu, bambu menjulang kau sulap bilah
Pohon mencakar lagi besar kau jadikan papan
Padang ilalang sekejap berubah peneduh
Diri yang kecil hanya gaduh penuh ricuh

Kau bangun semua impian dengan harapan
Kau hadiahkan mahligai yang menjadi surgaku dan ibu
Dinding  yang rapi, lantai yang tebal  lagi  terbentang pelindung 
Lelahmu cukuplah menjadi alasan cinta yang sempurna

Di pondok….
Ibu setia siapkan sepiring nasi dengan dua cabe
Cukup seikat bayam dan rebusan kacang
Bercucurlah keringat tanda terbayarnya perlawanan dengan rupiah
Payah benar kau hadapi putaran liku

Kini, puluhan tahun lalu menjadi kenangan
Istana nan indah laksana surga, runtuh bagai raga tengah melepuh
Pudar bak pesona di tengah  gulita
Dan tangguh tak lagi temani muda

Sementara…..
Sarjanaku belum mampu bangun gubuk rimis untukmu

Bengkulu, Maret 2018


Auto Post Signature